Bekas Kubur Setelah Digali Boleh Didirikan Masjid Atasnya
عَنْ
اَبِى التَّيَّاحِ اْلضُبَعِيِّ، حَدَّثَنَا اَنَسُ بْنُ مَالِكٍ، اَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ ص قَدِمَ اْلمَدِيْنَةَ. فَنَزَلَ فِى عُلْوِ اْلمَدِيْنَةِ
فِى حَيٍّ يُقَالُ لَهُمْ بَنُوْ عَمْرِو بْنِ عَوْفٍ. فَاَقَامَ فِيْهِمْ
اَرْبَعَ عَشْرَةَ لَيْلَةً. ثُمَّ اِنَّهُ اَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ بَنِى
النَّجَّارِ. فَجَاءُوا مُتَقَلِّدِيْنَ بِسُيُوْفِهِمْ. قَالَ فَكَاَنِّى
اَنْظُرُ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص عَلَى رَاحِلَتِهِ، وَ اَبُوْ بَكْرٍ
رِدْفُهُ، وَ مَـَلإِ بَنِى النَّجَّارِ حَوْلَهُ، حَتَّى اَلْقَى
بِفِنَاءِ اَبِى اَيُّوْبَ. قَالَ فَكَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلِّى
حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ. وَ يُصَلِّى فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ.
ثُمَّ اِنَّهُ اَمَرَ بِاْلمَسْجِدِ. قَالَ فَاَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ بَنِى
النَّجَّارِ فَجَاءُوْا. فَقَالَ: يَـا بَنِى النَّجَّارِ! ثَامِنُونِى
بِحَائِطِكُمْ هذَا. قَالُوْا: لاَ وَ اللهِ! لاَ نَطْلُبُ ثَمَنَهُ اِلاَّ
اِلَى اللهِ، قَالَ اَنَسٌ: فَكَانَ فِيْهِ مَا اَقُوْلُ: كَانَ فِيْهِ
نَخْلٌ وَ قُبُوْرُ اْلمُشْرِكِيْنَ وَ خَرَبٌ فَاَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص
بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ. وَ بِقُبُوْرِ اْلمُشْرِكِيْنَ فَنُبِشَتْ. وَ
بِاْلخَرَبِ فَسُوِّيَتْ. قَالَ: فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةً. وَ
جَعَلُوْا عِضَادَتَيْهِ حِجَارَةً. قَالَ
فَكَانُوْا يَرْتَجِزُوْنَ وَ رَسُوْلُ اللهِ ص مَعَهُمْ وَ هُمْ
يَقُوْلُوْنَ: اَللّهُمَّ اِنَّهُ لاَ خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُ
اْلآخِرَه، فَانْصُرِ اْلاَنْصَارَ وَ اْلمُهَاجِرَه. رواه مسلم
Dari Abu Tayyah Adl-Dluba'iy, ia berkata : Anas bin Malik telah menceritakan kepada kami bahwasanya Rasulullah SAW ketika tiba di Madinah,
beliau singgah di dataran tinggi Madinah di sebuah perkampungan yang
biasa disebut perkampungan Bani 'Amr bin 'Auf. Lalu beliau singgah di
tempat itu selama empat belas malam. Kemudian beliau mengutus
(seseorang) kepada ketua-ketua Bani Najjar, lalu ketua-ketua itu datang
dengan membawa pedang terhunus. Sepertinya aku melihat Rasulullah SAW
diatas kendaraan beliau dan Abu Bakar di belakangnya, sedang ketua-ketua
Bani Najjar berada di sekelilingnya, sehingga untanya Nabi SAW itu
berjalan sampai di serambi Abu Ayyub. (Anas) berkata : "Maka adalah
Rasulullah SAW shalat setiap waktu shalat itu tiba. Beliau shalat di
tempat mendekamnya kambing (kandang kambing)". Kemudian beliau menyuruh
untuk mendirikan masjid. (Anas) berkata : Lalu beliau menyuruh
(seseorang) kepada ketua-ketua Bani Najjar, maka mereka sama datang.
Rasulullah SAW bersabda : "Hai Banu Najjar, juallah kebun kalian ini
kepadaku". Mereka menjawab : "Tidak, demi Allah, kami tidak meminta
harganya kecuali kepada Allah". (Anas) berkata : "Di kebun itu ada
apa-apa yang saya katakan : ada pohon-pohon kurma, kuburan-kuburan
orang-orang musyrik dan reruntuhan. Lalu Rasulullah SAW memerintahkan
supaya pohon-pohon kurma itu ditebang. Mengenai kubur-kubur orang
musyrik itu supaya digali, dan tentang reruntuhan supaya diratakan".
(Anas) berkata : "Lalu mereka (para shahabat) menata pohon-pohon kurma
di arah qiblat, dan mereka menata batu-batu di kiri-kanan pintu. (Anas)
berkata : "Mereka sama melantunkan sajak, sedang Rasulullah SAW ikut
serta bersama mereka. Mereka mengucapkan Alloohumma innahu laa khoiro illaa khoirul aakhiroh, fanshuril anshooro wal muhaajiroh (Ya Allah, sesungguhnya tidak ada kebaikan kecuali kebaikanakhirat, maka tolonglah orang-orang Anshar dan orang-orang Muhajirin). [HR. Muslim juz I, hal 337-374]
41. Doa Masuk Kubur
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَتَى اْلمَقْبَرَةَ، فَقَالَ:
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ وَ اِنَّا اِنْ شَآءَ
اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ. احمد و مسلم و النسائى
Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi SAW datang ke kuburan, beliau mengucapkan Assalaamu 'alaikum daara qaumim mu'miniin, wa innaa insyaa-alloohu bikum laahiquun. (Semoga keselamatan atas kamu sekalian wahai kampung orang-orang mukmin, dan insya Allah kami pun akan menyusul kamu sekalian). [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Authar juz 4, hal. 126]
ولاحمد من حديث عائشة مثله و زاد اَللّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا اَجْرَهُمْ وَ لاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُمْ.
Dan bagi Ahmad, dari hadits 'Aisyah seperti itu, dengan tambahan "Alloohumma laa tahrimnaa ajrahum wa laa taftinnaa ba'da hum".
(Ya Allah, janganlah Engkau halangi kami terhadap pahala mereka, dan
janganlah Engkau jadikan fitnah kepada kami sesudah mereka).
عَنْ
بُرَيْدَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُعَلِّمُهُمْ اِذَا خَرَجُوْا
اِلَى اْلمَقَابِرِ اَنْ يَقُوْلَ قَائِلُهُمْ: اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
اَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ اْلمُؤْمِنَيْنَ وَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ اِنَّا اِنْ
شَآءَ اللهُ بِكُمْ لَلاَحِقَوْنَ. نَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ
اْلعَافِيَةَ. احمد و مسلم
Dari
Buraidah, ia berkata : Rasulullah SAW pernah mengajar mereka, apabila
mereka keluar untuk berziyarah kubur supaya mengucapkan : Assalaamu
'alaikum ahlad-diyaari minal mu'miniina wal muslimiina, wa innaa
insyaa-alloohu bikum lalaahiquun. Nas-alullooha lanaa wa lakumul
'aafiyah. (Semoga keselamatan atas kamu sekalian, wahai penghuni kampung ini, dari kaum
mukminin dan muslimin, dan sesungguhnya kami insya Allah sungguh akan
menyusul kamu sekalian. Kami memohon 'afiat kepada Allah untuk kami dan
untuk kamu sekalian). [HR Ahmad dan Muslim]
وَ ِلابْنِ مَاجَه بِنَحْوِهِ غَيْرَ اَنَّهُ لَفْظُهُ: وَ اِنَّا اِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ.
Dan bagi Ibnu Majah seperti itu juga, namun dengan lafadh : Wa innaa insyaa-alloohu bikum laahiquun. [Ibnu Majah juz I, hal 494]
Urusan Dalam Kubur
Menurut hadits-hadits, bahwa orang yang sudah mati itu akan mengalami hal-hal diantaranya sebagai berikut :
1. Himpitan kubur
2. Pertanyaan kubur
3. Siksa kubur atau nikmat kubur
4. Tempat ketetapan ruh
5. Diperlihatkan tempat duduknya (surga atau neraka)
6. Dibangkitkan (yaumul ba'ts).
1. Himpitan kubur
Rasulullah SAW bersabda :
اِنَّ لِلْقَبْرِ ضَغْطَةً لَوْ كَانَ اَحَدٌ مِنْهَا نَاجِيًا لَنَجَا مِنْهَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ. احمد و ابن جرير
Sesungguhnya
kubur itu mempunyai himpitan. Seandainya ada orang yang terlepas dari
padanya, niscaya terlepaslah Sa'ad bin Muadz dari padanya. [HR. Ahmad dan Ibnu Jarir]
لَوْ
نَجَا مِنْ ضَمَّةِ اْلقَبْرِ اَحَدٌ لَنَجَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ وَ
لَقَدْ ضُمَّ ضَمَّةً ثُمَّ اُرْخِيَ عَنْهُ. الترمذى و الطبرانى و البيهقى
Seandainya
ada seorang yang bisa terselamat dari pada himpitan kubur, niscaya
terselamatlah Sa'ad bin Muadz. Sesungguhnya ia telah dihimpit dengan
satu himpitan, kemudian dikendorkan dari padanya. [HR. Tirmidzi, Thabrani dan Baihaqi]
لَوْ اَفْلَتَ اَحَدٌ مِنْ ضَمَّةِ اْلقَبْرِ َلاَفْلَتَ هذَا الصَّبِيُّ. الطبرانى
Seandainya ada seseorang yang bisa terlepas dari pada himpitan kubur, niscaya terlepaslah anak (kecil) ini. [HR. Thabarani]
وَ
اِنَّ ضَغْطَةَ اْلقَبْرِ عَلَى اْلمُؤْمِنِ كَاْلاُمِّ الشَّفِيْقَةِ
يَشْكُوْ اِلَيْهَا ابْنُهَا الصُّدَاعَ فَتَغْمَزُ رَأْسَهُ غَمْزًا
رَفِيْقًا وَ لكِنْ يَـا عَائِشَةُ وَيْلٌ لِلشَّاكِّيْنَ فِى اللهِ كَيْفَ
يُضْغَطُوْنَ فِى قُبُوْرِهِمْ كَضَغْطَةِ الصَّخْرَةِ عَلَى اْلبَيْضَةِ.
البيهقى و الديلمى
Sesungguhnya
himpitan kubur atas mukmin itu, seperti ibu yang sayang, yang anaknya
mengadu sakit kepala kepadanya, lalu dipijit olehnya dengan pijitan yang
lembut, tetapi, ya 'Aisyah ! Celaka orang-orang yang syak tentang Allah
! Dengan amat dahsyat akan dihimpit mereka itu di kubur-kubur mereka,
sebagaimana himpitan batu gunung yang besar atas sebutir telor. [HR Baihaqi dan Dailami]
2. Pertanyaan kubur
Rasulullah SAW bersabda :
اِنَّ
اْلعَبْدَ اِذَا وُضِعَ فِى قَبْرِهِ وَ تَوَلَّى عَنْهُ اَصْحَابُهُ
اَنَّهُ لَيَسْمَعُ قَرْعَ نِعَالِهِمْ يَأْتِيْهِ اْلمَلَكَانِ
فَيُقْعِدَانِهِ فَيَقُوْلاَنِ لَهُ. مَا كُنْتَ تَقُوْلُ فِى هذَا
الرَّجُلِ الَّذِيْ يُقَالُ لَهُ مُحَمَّدٌ؟ فَاَمَّا اْلمُؤْمِنُ
فَيَقُوْلُ: اَشْهَدُ اَنَّهُ عَبْدُ اللهِ وَ رَسُوْلُهُ. فَيُقَالُ لَهُ:
اُنْظُرْ اِلَى مَقْعَدِكَ مِنَ النَّارِقَدْ اَبْدَلَكَ اللهُ بِهِ
مَقْعَدًا مِنَ اْلجَنَّةِ فَيَرَاهُمَا جَمِيْعًا. وَ اَمَّا اْلمُنَافِقُ
وَ اْلكَافِرُ فَيُقَالُ لَهُ: مَا كُنْتَ تَقُوْلُ فِى هذَا الرَّجُلِ؟
فَيَقُوْلُ: لاَ اَدْرِى كُنْتُ اَقُوْلُ مَا يَقُوْلُ النَّاسُ.
فَيُقَالُ: لاَ دَرَيْتَ وَ لاَ تَلَيْتَ، وَ يُضْرَبُ بِمَطَارِقَ مِنْ
حَدِيْدٍ ضَرْبَةً فَيَصِيْحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا مَنْ يَلِيْهِ اِلاَّ
الثَّقَلَيْنِ. البخارى و مسلم و غيرهما
Seorang
manusia apabila sudah dikubur, dan para pelayat pulang kembali (sedang
dia mendengar bunyi sandal mereka) akan datang kepadanya dua malaikat,
lalu mendudukkannya, kemudian bertanya kepadanya : "Apa katamu
(i'tiqadmu) tentang orang ini (yang disebut Muhammad) ?" Adapun orang
Mukmin akan menjawab : "Aku mengaku bahwasanya ia itu hamba Allah dan
Rasul-Nya. Maka (diwaktu itu) dikatakan kepadanya : "Lihatlah tempat
dudukmu yang di neraka telah ditukar oleh Allah dengan tempat duduk di
surga". Maka (pada waktu itu) ia melihat kedua tempat tersebut. Adapun
orang yang munafiq dan kafir, ketika ditanya kepadanya : "Apa katamu
(i'tiqadmu) tentang laki-laki (Muhammad) ini?" Maka ia menjawab : "Aku
tak tahu. Aku pernah berkata (mencela) sebagaimana orang-orang berkata
(mencela)". Maka (di waktu itu) Malaikat berkata : "Engkau tidak tahu
dan tidak membaca", lalu ia dipukul dengan pemukul dari besi satu
pukulan, hingga dia berteriak satu teriakan yang didengar oleh semua
yang berada di sekelilingnya kecuali manusia dan jin. [HR Bukhari, Muslim dan lainnya]
فَيَقُوْلُ
اللهُ تَعَالَى اُكْتُبُوْا كِتَابَهُ فِى عِلِّيِّيْنَ وَ اَعِيْدُوْهُ
اِلَى اْلاَرْضِ فَيُعَادُ رُوْحُهُ فِى جَسَدِهِ فَيَأْتِيْهِ مَلَكَانِ
فَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُوْلاَنِ لَهُ: مَنْ رَبُّكَ وَ مَا دِيْنُكَ؟
فَيَقُوْلُ: اَللهُ رَبِّى وَ اْلاِسْلاَمُ دِيْنِى. فَيَقُوْلاَنِ لَهُ:
مَا هذَا الرَّجُلُ الَّذِيْ بُعِثَ اِلَيْكُمْ وَ فِيْكُمْ، فَيَقُوْلُ:
هُوَ رَسُوْلُ اللهِ. فَيُنَادِى مُنَادٍ مِنَ السَّمَاءِ اَنْ صَدَقَ
عَبْدِى فَافْرُشُوْا لَهُ مِنَ اْلجَنَّةِ فَيَأْتِيْهِ مِنْ رِيْحِهَا وَ
طِيْبِهَا وَ يُفْسَحُ لَهُ فِى قَبْرِهِ مَدُّ بَصَرِهِ. احمد و ابو داود
و الحاكم و البيهقى
Lalu
Allah Ta'ala berfirman : "Masukkanlah nama (si-mati itu) di dalam
catatan orang-orang yang baik-baik, dan kembalikanlah dia ke bumi". Lalu
ruhnya dikembalikan ke badannya, kemudian datang dua Malaikat, lalu
mendudukkannya dan bertanya kepadanya : "Siapa Tuhanmu dan apa Agamamu
?" Maka ia menjawab : "Allah Tuhanku dan Islam itu Agamaku". Mereka
bertanya lagi : "Siapa dia laki-laki (Nabi Muhammad) yang diutus
kepadamu dan diantara kamu ?" Maka ia akan menjawab : "Ia itu utusan
Allah". Lalu ada satu seruan dari langit : "Benar hamba-Ku. Karena itu
bentangkanlah baginya hamparan dari surga". Maka ia mendapatkan bau
surga dan wanginya, dan kuburnyapun diluaskan sejauh matanya memandang. [HR Ahmad, Abu Dawud, Hakim dan Baihaqi].
ثُمَّ
يُدْعَى مِيِكَائِيْلُ فَيُقَالُ: اِجْعَلْ هذِهِ النَّسَمَةَ مَعَ
اَنْفُسِ اْلمُؤْمِنِيْنَ حَتَّى اَسْأَلَكَ عَنْهَا يَوْمَ اْلقِيَامَةِ.
فَيُؤْمَرُ بِقَبْرِهِ فَيَتَّسِعُ لَهُ طُوْلُهُ سَبْعِيْنَ ذِرَاعًا وَ
عَرْضُهُ مِثْلُ ذلِكَ... ثُمَّ يُفْتَحُ لَهُ بَابٌ اِلَى اْلجَنَّةِ
فَيَنْظُرُ اِلَى مَقْعَدِهِ فِى اْلجَنَّةِ بُكْرَةً وَ عَشِيًّا.
الطبرانى
Kemudian
Mikail dipanggil, lalu dikatakan kepadanya : "Taruhlah ruh ini bersama
ruh-ruh orang-orang Mukmin hingga Aku menanyakannya kepadamu nanti di
hari qiyamat. Lalu diperintahlah kubur itu sehingga luasnya menjadi
tujuhpuluh hasta panjangnya dan begitu pula lebarnya, kemudian dibukakan
baginya satu pintu ke surga, maka ia akan melihat tempat duduknya di
surga, pagi dan petang". [HR Thabrani]
ثُمَّ يُفْسَحُ لَهُ فِى قَبْرِهِ مَدُّ بَصَرِهِ وَ تُجْعَلُ رُوْحُهُ مَعَ اَرْوَاحِ اْلمُؤْمِنِيْنَ. البيهقى
Kemudian diluaskan kuburnya sejauh matanya memandang, dan ruhnya dikumpulkan bersama ruh orang-orang mukmin. [HR. Baihaqi]
وَ
يُفْسَحُ لَهُ فِى قَبْرِهِ مَدُّبَصَرِهِ .. وَ يُقَالَ افْـتَحُوْا لَهُ
بَابًا اِلَى اْلجَنَّةِ.. فَيُعَادُ اْلجَسَدُ اِلَى مَا بَدَا مِنْهُ
مِنَ التُّرَابِ وَ تُجْعَلُ رُوْحُهُ فِى النَّسِيْمِ الطَّيِّبِ. ابن
حبان و الطبرانى و الحاكم
Dan
akan diluaskan kuburnya sejauh matanya memandang, dan akan dikatakan :
"Bukakanlah baginya satu pintu ke surga", lalu dikembalikan badannya
kepada asal kejadiannya, yaitu tanah, dan ruhnya itu dikumpulkan dengan
ruh-ruh yang baik-baik. [HR Ibnu Hibban, Thabrani dan Hakim]
ثُمَّ
يَقُوْلاَنِ لَهُ نَمْ نَوْمَةَ اْلعَرُوْسِ فِى حَجَلَتِهَا لَمْ تَذُقْ
عَذَابَ اْلقَبْرِ.. فَيُبْعَثُ مِنْ قَبْرِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ
مِبْيَاضَ اْلوَجْهِ. احمد و الطبرانى
Kemudian
dua Malaikat itu akan berkata kepadanya : "Tidurlah sebagai tidurnya
pengantin diperaduan, engkau tidak akan merasakan adzab kubur", maka
akan dibangkitkan dia di hari qiyamat dengan wajah yang berseri-seri. [HR Juwaibir di dalam tafsirnya]
Diriwayatkan :
ذَكَرَ
رَسُوْلُ اللهِ ص فَتَّانَيِ الْقَبْرِ فَقَالَ عُمَرُ: اَتُرَدُّ
اِلَيْنَا عُقُوْلُنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
نَعَمْ، كَهَيْئَتِكُمُ اْليَوْمَ. فَقَالَ عُمَرُ: بِفِيْهِ اْلحَجَرُ.
احمد و الطبرانى
Rasulullah
SAW pernah menyebut dua malaikat pemeriksa kubur. Lalu Umar bertanya :
"Apakah akal kita akan dikembalikan kepada kita ya Rasulullah ?" Jawab
Rasulullah SAW : "Ya, seperti keadaan kamu sekarang ini". Maka Umar
berkata : "Batu di mulutnya. (Aku akan memberi jawaban yang tepat)". [HR Ahmad dan Thabrani]
يُبْعَثُ
كُلُّ عَبْدٍ فِى اْلقَبْرِ عَلَى مَامَاتَ: اَلْمُؤْمِنُ عَلَى
اِيْمَانِهِ وَ اْلمُنَافِقُ عَلَى نِفَاقِهِ. احمد و الطبرانى و البيهقى
Akan
dibangkitkan tiap-tiap seorang di kuburnya, atas keadaan waktu matinya :
si Mukmin dengan keimanannya, dan si Munafiq dengan nifaqnya. [HR. Ahmad, Thabrani dan Baihaqi]
فَاِذَا دَخَلَ قَبْرَهُ رُدَّ اِلَيْهِ الرُّوْحُ اِلَى جَسَدِهِ وَ جَاءَهُ مَلَكَانِ فَامْتَحَنَاهُ. ابن ابى الدنيا و ابو نعيم
Maka apabila dia masuk kubur, dikembalikanlah ruh kepada jasadnya dan datanglah dua Malaikat, lalu memeriksa dia. [HR Ibnu Abid Dunya dan Abu Nu'aim]
[Bersambung]
\
Tidak ada komentar:
Posting Komentar