Menjauhkan diri dari najis
عَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَجُلاً سَاَلَ النَّبِيَّ ص:
اُصَلّى فِى الثَّوْبِ الَّذِى آتِى فِيْهِ اَهْلِى؟ قَالَ: نَعَمْ، اِلاَّ
اَنْ تَرَى فِيْهِ شَيْئًا فَتَغْسِلُهُ. احمد و ابن ماجه
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata : Saya mendengar seorang laki-laki bertanya kepada Nabi SAW, “Apakah boleh saya shalat emmakai pakaian yang sudah saya pakai mengumpuli istri saya ?”. Nabi SAW menjawab, “Ya boleh, kecuali kalau kamu melihat padanya ada sesuatu (kotoran), maka cucilah ia. [HR. Ahmad dan Ibnu Majah]
عَنْ
مُعَاوِيَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاُمّ حَبِيْبَةَ، هَلْ كَانَ يُصَلّى
النَّبِيُّ ص فِى الثَّوْبِ الَّذِى يُجَامِعُ فِيْهِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ،
اِذَا لَمْ يَكُنْ فِيْهِ اَذًى. الخمسة الا الترمذى
Dari Mu’awiyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ummu Habibah, “Apakah Nabi SAW pernah shalat memakai pakaian yang beliau pakai untuk bersetubuh ?". Ummu Habibah menjawab, “Ya, apabila tidak ada sesuatu kotoran padanya”. [HR Khomsah, kecuali Tirmidzi].
Menggendong anak kecil ketika shalat.
عَنْ
اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى وَ هُوَ حَامِلٌ
اُمَامَةَ بِنْتِ زَيْنَبَ فَاِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا، وَ اِذَا قَامَ
حَمَلَهَا. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Abu Qatadah, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah shalat
dengan menggendong Umamah binti Zainab. Maka apabila ruku’, beliau meletakkannya, dan apabila berdiri, beliau menggendongnya lagi. [HR Ahmad, Bukhari dan Muslim]
Keterangan : Zainab adalah puteri Rasulullah SAW, jadi Umamah tersebut adalah cucu Rasulullah SAW.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كُنَّا نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص اْلعِشَاءَ،
فَاِذَا سَجَدَ وَثَبَ اْلحَسَنُ وَ اْلحُسَيْنُ عَلَى ظَهْرِهِ، فَاِذَا
رَفَعَ رَأْسَهُ اَخَذَهُمَا مِنْ خَلْفِهِ اَخْذًا رَفِيْقًا وَ
يَضَعُهُمَا عَلَى اْلاَرْضِ، فَاِذَا عَادَ عَادَ حَتَّى قَضَى صَلاَتَهُ،
ثُمَّ اقْعَدَ اَحَدُهُمَا عَلَى فَخِذِيْهِ، قَالَ: فَقُمْتُ اِلَيْهِ
فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ اَرُدَّهُمَا؟ فَبَرَقَتْ بَرْقَةٌ، فَقَالَ
لَهُمَا: اَلْحِقَا بِاُمّكُمَا. فَمَكَثَ ضَوْؤُهَا حَتَّى دَخَلاَ. احمد
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Dahulu kami pernah shalat 'isyak bersama Nabi
SAW, apabila beliau sujud Hasan dan Husain melompat pada punggung
beliau. Maka apabila beliau mengangkat kepalanya (dari sujud), beliau
ambil keduanya itu dari belakangnya dengan pelan-pelan, lalu beliau
letakkan keduanya di tanah. Dan apabila beliau kembali (seperti semula),
kedua anak itupun kembali lagi. Begitulah seterusnya hingga beliau
menyelesaikan shalatnya. Kemudian salah satu dari keduanya itu beliau
dudukkan di atas kedua
paha beliau". Abu Hurairah berkata, "Kemudian aku berdiri menghadap
beliau dan berkata, "Ya Rasulullah, apakah perlu kuantar kedua anak ini
?". Maka dengan spontan bagaikan kilat yang bercahaya beliau menyuruh
kedua anak itu, "Ikutlah kepada ibumu !". Maka cahaya kilat itu masih
ada sehingga kedua anak itu masuk". [HR. Ahmad ]
Keterangan : Hasan dan Husain adalah anak Fathimah, sedangkan Fathimah adalah putri beliau. Jadi keduanya adalah cucu beliau.
Shalat di atas kendaraan.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: رَاَيْتُ النَّبِيَّ ص يُصَلّى عَلَى حِمَارٍ وَ هُوَ مُتَوَجّهٌ اِلىَ خَيْبَرَ. احمد و مسلم و ابو داود
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata, "Aku pernah melihat nabi SAW shalat di atas keledai, sedang beliau menuju ke Khaibar". [HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Abu Dawud]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ ص يُصَلّى عَلَى حِمَارٍ وَ هُوَ رَاكِبٌ اِلىَ خَيْبَرَ وَ اْلقِبْلَةُ خَلْفَهُ. النسائى
Dari
Anas, sesungguhnya ia pernah melihat Nabi SAW shalat di atas keledai
ketika beliau pergi ke Khaibar, sedang qiblat berada di belakang beliau". [HR. Nasaiy ]
عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ قَالَ: رَاَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يُصَلّى عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ بِهِ. متفق عليه. و زاد البخارى: يَوْمِئَ بِرَأْسِهِ وَ لَمْ يَكُنْ يَصْنَعُهُ فِى اْلمَكْتُوْبَةِ.
Dari
'Amir bin Rabi'ah, ia berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW,
shalat di atas kendaraannya (menghadap) ke arah kendaraannya itu
membawanya". [HR. Muttafaq 'alaih] Dan Bukhari menambah, ".... beliau
SAW berisyarat dengan kepala beliau. Dan beliau tidak mengerjakan yang
demikian itu pada shalat fardlu".
Keteangan :
Di dalam
hadits tersebut 'Amir bin Rabi'ah ada berkata, bahwa Rasulullah SAW
tidak mengerjakan seperti yang tersebut di dalam shalat fardlu.
Perkataan ini tidak
menunjukkan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan shalat fardlu
di atas kendaraan dengan menghadap ke mana kendaraannya menghadap dan
dengan isyarat pada ruku' dan sujud, tetapi hanya menunjukkan bahwa
sepanjang pengetahuan 'Amir bin Rabi'ah, Rasulullah SAW tidak pernah
mengerjakan yang demikian pada shalat fardlu.
و لابى داود من حديث انس: وَ
كَانَ اِذَا سَافَرَ فَاَرَادَ اَنْ يَتَطَوَّعَ اسْتَقْبَلَ بِنَاقَتِهِ
اْلقِبْلَةَ، فَكََبَّرَ ثُمَّ صَلَّى حَيْثُ كَانَ وَجْهُ رِكَابِهِ. و اسناده حسن
Dan
bagi Abu Dawud dari haditsnya Anas, "Dan adalah beliau apabila
bepergian, lalu hendak shalat sunnah, beliau menghadap qiblat dengan
untanya, lalu takbir. Kemudian beliau shalat menghadap ke mana wajah
kendaraan itu menghadap". [HR. Abu Dawud, dan sanadnya hasan]
Tempat-tempat yang dilarang untuk shalat dan yang diperbolehkan
عَنْ
جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: جُعِلَتْ لِيَ اْلاَرْضَ طَهُوْرًا
وَ مَسْجِدًا. فَاَيُّمَا رَجُلٍ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ
حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Jabir, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Bumi ini
dijadikan untukku sebagai pensuci dan untuk tempat sujud. Maka dari itu
siapasaja yang menjumpai waktu shalat, maka shalatlah di tempat ia
menjumpainya". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: َاْلاَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ اِلاَّ اْلمَقْبَرَةَ وَ اْلحَمَّامَ. الخمسة الا النسائى
Dari Sa'id, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Bumi ini semuanya tempat bersujud, kecuali quburan dan kamar mandi". [HR. Khomsah, kecuali Nasaiy]
عَنْ اَبِى مَرْثَدِ اْلغَنَوِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تُصَلُّوْا اِلىَ اْلقُبُوْرِ، وَ لاَ تَجْلِسُوْا عَلَيْهَا. الجماعة الا البخارى و ابن ماجه
Dari
Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah
kalian shalat menghadap quburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya". [HR. Jama'ah, kecuali Bukhari dan Ibnu Majah]
عَنْ
جُنْدَبِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اْلبَجَلِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص
قَبْلَ اَنْ يَمُوْتَ بِخَمْسٍ وَ هُوَ يَقُوْلُ: اِنَّ مَنْ قَبْلَكُمْ
كَانُوْا يَتَّخِذُوْنَ قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ وَ صَالِحِيْهِمْ
مَسَاجِدَ. اَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا اْلقُبُوْرَ مَسَاجِدَ، اِنّى
اَنْهَاكُمْ عَنْ ذٰلِكَ. مسلم
Dari Jundab bin 'Abdullah Al-Bajaliy, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW sebelum beliau wafat kurang lima hari,
beliau bersaba, "Sesungguhnya orang-orang sebelum kamu biasa menjadikan
qubur Nabi-nabi mereka dan qubur orang-orang shalih mereka itu sebagai
tempat shalat. Maka dari itu, ingatlah ! janganlah sekali-kali kamu
menjadikan qubur-qubur sebagai tempat shalat. Sesungguhnya aku melarang
kalian dari berbuat demikian". [HR. Muslim]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: صَلُّوْا فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ وَ لاَ تُصَلّوْا فِى اَعْطَانِ اْلاِبِلِ. احمد و الترمذى و صححه
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Shalatlah kalian di
kandang kambing, dan janganlah shalat di tempat tambatan unta". [HR. Ahmad dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya]
Mendirikan masjid di bekas quburan orang kafir
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيّ ص كَانَ يُحِبُّ اَنْ يُصَلّي حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ
الصَّلاَةُ. وَ يُصَلّى فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ. وَ اَنَّهُ اَمَرَ
بِبِنَاءِ اْلمَسْجِدِ، فَاَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ مِنْ بَنِى النَّجَّارِ
فَقَالَ: يَا بَنِى النَّجَّارِ، ثَامِنُوْنِى بِحَائِطِكُمْ هٰذَا.
قَالُوْا: لاَ، وَ اللهِ مَا نَطْلُبُ ثَمَنَهُ اِلاَّ اِلىَ اللهِ.
فَقَالَ اَنَسٌ: وَ كَانَ فِيْهِ مَا اَقُوْلُ لَكُمْ. قُبُوْرُ
اْلمُشْرِكِيْنَ. وَ فِيْهِ خَرِبٌ وَ فِيْهِ نَخْلٌ. فَاَمَرَ النَّبِيُّ ص
بِقُوُرِ اْلمُشْرِكِيْنَ فَنُبِثَتْ ثُمَّ بِالْخَرِبِ فَسُوّيَتْ، ثُمَّ
بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ. فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةَ اْلمَسْجِدِ وَ
جَعَلُوْا عَضَادَتِيْهِ اْلحِجَارَةَ. وَ جَعَلُوْا يَنْقُلُوْنَ
الصَّخْرَ (وَ هُمْ يَرْتَجِزُوْنَ) وَ النَّبِيُّ ص مَعَهُمْ. وَ هُوَ
يَقُوْلُ: اَللّهُمَّ لاَ خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُ اْلآخِرَه، فَاغْفِرْ
ِلـْلاَنْصَارِ وَ اْلمُهَاجِرَه. متفق عليه (مختصر)
Dari
Anas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW senang sekali shalat dimana
beliau mendapatkan (waktu) untuk shalat itu. Dan beliau pernah shalat di
kandang kambing. Dan sesungguhnya beliau menyuruh mendirikan masjid,
lalu beliau menyuruh kepada kepala bani Najjar, dan bersabda, "Hai banu
Najjar, juallah kebunmu ini kepadaku !". Mereka menjawab, "Demi Allah,
kami tidak akan meminta harganya melainkan (kami berikan) kepada Allah".
Maka Anas berkata, "Di dalam kebun itu ada apa yang kami katakan kepada
kalian, yaitu qubur orang-oarng musyrik, ada lubang-lubang dan ada
pohon kurmana". Nabi SAW menyuruh membongkar qubur orang-orang musyrik
itu, lalu qubur itu dibongkar, lubang-lubang itu diratakan dan
pohon-pohon kurmanya dipotong. Kemudian shahabat-shahabat mengatur pohon
kurma itu di bagian qiblat masjid, dan mereka membuat dua tiang
(pintu)nya dari batu. Mereka sama memindahkan batu-batu besar sambil
bersya'ir, sedang Nabi SAW bersama mereka, dan beliau pun mengucapkan
(yang artinya), "Ya Allah, tiada kebaikan selain kebaikan akhirat, maka
ampunilah shahabat-shahabat Anshar dan Muhajirin". [Diringkas dari hadits Ahmad, Bukhari dan Muslim]
[Bersambung ]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar