Shalat Jenazah di Masjid
عَنْ
عَائِشَةَ اَنَّهَا قَالَتْ لَمَّا تُوُفِّيَ سَعْدُ بْنُ اَبِى وَقَّاصٍ،
اُدْخُلُوْا بِهِ اْلمَسْجِدَ حَتَّى اُصَلِّيَ عَلَيْهِ، فَاَنْكَرُوْا
ذلِكَ عَلَيْهَا فَقَالَتْ: وَ اللهِ لَقَدْ صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى
ابْنَيْ بَيْضَاءَ فِى اْلمَسْجِدِ، سُهَيْلٍ وَ اَخِيْهِ. مسلم
Dari ‘Aisyah bahwa ketika Sa’ad bin
Abu Waqqash meninggal dunia, ia berkata, “Masukkanlah jenazah itu ke
masjid sehingga aku menshalatkannya”, lalu shahabat-shahabat menolak
yang demikian itu, maka ‘Aisyah berkata (lagi), “Demi Allah, Rasulullah
SAW pernah menshalatkan jenazah dua anak Baidla’ di masjid, yaitu Suhail
dan saudaranya”. [HR. Muslim]
و
فى رواية: مَا صَلَّى رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى سُهَيْلِ بْنِ اْلبَيْضَاءَ
اِلاَّ فِى جَوْفِ اْلمَسْجِدِ. الجماعة الا البخارى. نيل الاوطار 4: 77
Dan dalam satu riwayat (dikatakan), “Rasulullah SAW tidak menshalatkan Suhail bin Baidla’ melainkan di tengah-tengah masjid”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 77]
عَنْ عُرْوَةَ قَالَ: صُلِّيَ عَلَى اَبِى بَكْرٍ فِى اْلمَسْجِدِ. سعيد. نيل الاوطار 4: 77
Dari ‘Urwah, ia berkata, “Abu Bakar dishalatkan jenazahnya di masjid”. [HR. Sa’id. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 77]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: صُلِّيَ عَلَى عُمَرَ فِى اْلمَسْجِدِ. سعيد و مالك. نيل الاوطار 4: 77
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “ ‘Umar (jga) dishalatkan di masjid”. [HR. Sa’id dan Malik. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 77]
21. Keutamaan Shalat Jenazah
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: دَخَلَ النَّاسُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص اَرْسَالاً
يُصَلُّوْنَ عَلَيْهِ، حَتَّى اِذَا فَرَغُوْا اَدْخَلُوا النِّسَاءَ،
حَتَّى اِذَا فَرَغُوْا اَدْخَلُوا الصِّبْيَانَ. وَ لَمْ يَؤُمَّ النَّاسَ
عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص اَحَدٌ. ابن ماجه. نيل الاوطار 4: 47
Dari
Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Orang-orang masuk kepada Rasulullah SAW dengan
bergelombang untuk menshalatkannya, sehingga apabila mereka telah
selesai lalu mereka memasukkan kaum
wanita, setelah selesai mereka memasukkan anak-anak, sedang tidak
seorangpun menjadi imam dalam menshalatkan jenazah Rasulullah SAW
tersebut”. [HR. Ibnu Majah. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 47]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ شَهِدَ
اْلجَنَازَةَ حَتَّى يُصَلَّى عَلَيْهَا فَلَهُ قِيْرَاطٌ. وَ مَنْ
شَهِدَهَا حَتَّى تُدْفَنَ فَلَهُ قِيْرَاطَانِ. قِيْلَ: وَ مَا
اْلقِيْرَاطَانِ؟ قَالَ: مِثْلُ اْلجَبَلَيْنِ اْلعَظِيْمَيْنِ. احمد و
البخارى و مسلم
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa
menghadiri jenazah sehingga dishalatkannya, maka baginya (pahala) satu
qirath, dan barangsiapa menghadirinya sehingga diqubur maka baginya
(pahala) dua qirath”. Rasulullah SAW ditanya, “Seperti apa dua qirath
itu ?”. Beliau SAW menjawab, “(Yaitu) seperti dua gunung yang besar”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 60]
عَنْ
مَالِكِ بْنِ هُبَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا مِنْ
مُؤْمِنٍ يَمُوْتُ فَيُصَلِّى عَلَيْهِ اُمَّةٌ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ
يَبْلُغُوْنَ اَنْ يَكُوْنُوْا ثَلاَثَةَ صُفُوْفٍ اِلاَّ غُفِرَ لَهُ،
فَكَانَ مَالِكُ بْنُ هُبَيْرَةَ يَتَحَرَّى اِذَا قَلَّ اَهْلُ
اْلجَنَازَةِ اَنْ يَجْعَلُهُمْ ثَلاَثَةَ صُفُوْفٍ. الخمسة الا النسائى
Dari
Malik bin Hubairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah
seorang mukmin meninggal, kemudian ia dishalatkan oleh segolongan kaum
muslimin yang mencapai tiga shaff, melainkan diampuni baginya”. Maka
Malik bin Hubairah apabila orang-orang yang menshalatkan itu sedikit, ia
berusaha menjadikan mereka tiga shaff. [HR. Al-Khomsah, kecuali Nasai]
عَنْ
عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا مِنْ مَيِّتٍ يُصَلِّى عَلَيْهِ
اُمَّةٌ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ مِائَةً كُلُّهُمْ يَشْفَعُوْنَ
لَهُ اِلاَّ شُفِّعُوْا فِيْهِ. احمد و مسلم و النسائى و الترمذى و صححه
Dari
‘Aisyah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Tidaklah seorang mayyit
dishalatkan oleh sekelompok kaum muslimin yang mencapai 100 orang yang
semuanya mendoakannya, melainkan mereka dikabulkan permohonannya untuk
mayyit itu”. [HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Tirmidzi dan ia mengesahkannya. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 62]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا مِنْ
رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ فَيَقُوْمُ عَلَى جَنَازَتِهِ اَرْبَعُوْنَ
رَجُلاً لاَ يُشْرِكُوْنَ بِاللهِ شَيْئًا اِلاَّ شَفَّعَهُمُ اللهُ
فِيْهِ. احمد و مسلم و ابو داود
Dari
Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,
“Tidaklah seorang laki-laki muslim meninggal, kemudian dishalatkan oleh
40 orang laki-laki yang tidak musyrik kepada Allah sedikitpun, melainkan
Allah menerima permohonannya untuk si mayyit itu”. [HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ فَيَشْهَدُ
لَهُ اَرْبَعَةُ اَبْيَاتٍ مِنْ جِيْرَانِهِ اْلاَدْنَيْنِ اِلاَّ قَالَ
اللهُ تَعَالَى: قَدْ قَبِلْتُ عِلْمَهُمْ فِيْهِ، وَ غَفَرْتُ لَهُ مَا
لاَ يَعْلَمُوْنَ. احمد
Dari
Anas bahwa Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim meninggal,
kemudian disaksikan oleh 4 rumah dari tetangganya yang dekat-dekat
melainkan Allah mengatakan, “Sungguh Aku menerima kesaksian mereka itu
dan Aku mengampuni kesalahannya yang tidak mereka ketahui”. [HR. Ahmad]
22. Shalat Ghaib dan Shalat di atas Qubur
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى اَصْحَمَةَ النَّجَاشِيِّ فَكَبَّرَ عَلَيْهِ اَرْبَعًا. احمد و البخارى و مسلم
Dari Jabir, bahwa Nabi SAW pernah menshalatkan Ashhamah (Raja Najasyi, dan beliau takbir emat kali. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
و
فى لفظ قال: قَدْ تُوُفِّيَ اْليَوْمَ رَجُلٌ صَالِحٌ مِنَ اْلحَبَشِ
فَهَلُمُّوْا فَصَلُّوْا عَلَيْهِ. فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ. قَالَ: فَصَلَّ
رَسُوْلُ اللهِ ص وَ نَحْنُ صُفُوْفٌ. احمد و البخارى و مسلم
Dan dalam satu lafadh (dikatakan), Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari ini
seorang laki-laki yang shalih dari Habasyah telah meninggal dunia, maka
mari shalatkanlah dia !”. Kemudian kami disuruh baris di belakang Nabi
SAW. Jabir berkata, “Kemudian Rasulullah SAW menshalatkannya sedang kami
berbaris di belakangnya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص نَعَى النَّجَاشِيَّ فِى اْليَوْمِ
الَّذِى مَاتَ فِيْهِ. وَ خَرَجَ بِهِمْ اِلَى اْلمُصَلَّى، فَصَفَّ بِهِمْ
وَ كَبَّرَ عَلَيْهِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ. الجماعة
Dari
Abu Hurairah bahwa Nabi SAW mengkhabarkan kematian raja Najasyi pada
hari meninggalnya, lalu beliau keluar ke mushallat bersama orang banyak,
kemudian mengatur barisan mereka dan takbir 4 kali. [HR. Jama’ah]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: اِنْتَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى قَبْرٍ رَطْبٍ،
فَصَلَّى عَلَيْهِ. وَ صَفُّوْا خَلْفَهُ، وَ كَبَّرَ اَرْبَعًا. احمد و
البخارى و مسلم
Dari
Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Sampailah Rasulullah SAW ke sebuah quburan
yang masih basah (baru), lalu beliau shalat di atasnya, sedang
shahabat-shahabat berbaris di belakangnya, dan bertakbir 4 kali. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ امْرَأَةً سَوْدَاءَ كَانَتْ تَقُمُّ اْلمَسْجِدَ
اَوْ شَابًا، فَفَقَدَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص، فَسَأَلَ عَنْهَا اَوْ عَنْهُ.
فَقَالُوْا: مَاتَ. فَقَالَ: اَفَلاَ آذَنْتُمُوْنِى؟ قَالَ:
فَكَاَنَّهُمْ صَغَّرُوْا اَمْرَهَا اَوْ اَمْرَهُ. فَقَالَ: دُلُّوْنِى
عَلَى قَبْرِهِ. فَدَلُّوْهُ. فَصَلَّى عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَ: اِنَّ هذِهِ
اْلقُبُوْرَ مَمْلُوْءَةٌ ظُلْمَةٌ عَلَى اَهْلِهَا، وَ اِنَّ اللهَ
يُنَوِّرُهَا لَهُمْ بِصَلاَتِى عَلَيْهِمْ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Abu Hurairah bahwa ada seorang perempuan hitam atau seorang pemuda
tukang sapu masjid (telah meninggal), maka Rasulullah SAW kehilangan
dia, kemudian beliau menanyakan tentang perampuan (atau pemuda tadi),
lalu para shahabat menjawab, “Dia telah meninggal”. Kemudian Rasulullah
SAW bertanya, “Mengapa kalian tidak memberitahukan kepadaku ?”. Abu
Hurairah berkata, “Seolah-olah mereka meremehkan persoalan perempuan
atau pemuda itu, kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Tunjukkanlah
quburannya kepadaku”. Lalu mereka menunjukkannya, kemudian beliau
menshalatkannya, lalu bersabda, “Sesungguhnya quburan ini penuh
kegelapan bagi penghuninya, kemudian Allah menerangi qubur ini sebab
shalatku atas mereka”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
وَ لَيْسَ لِلْبُخَارِى اِنَّ هذِهِ اْلقُبُوْرَ مَمْلُوْءَةٌ ظُلْمَةٌ اِلَى آخِرِ اْلخَبَرِ
Tetapi di dalam Bukhari tidak ada kalimat, “Sesungguhnya qubur ini penuh kegelapan”, dan seterusnya.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى مَيِّتٍ بَعْدَ شَهْرٍ. الدارقطنى
Dari Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi SAW pernah shalat di atas qubur sesudah sebulan. [HR. Daruquthni]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص صَلَّى عَلَى مَيِّتٍ بَعْدَ ثَلاَثٍ. الدارقطنى
Dari Ibnu ‘Abbas, bahwa Nabi SAW pernah menshalatkan mayyit sesudah (diqibur) tiga hari lamanya. [HR. Daruquthni. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 58]
عَنْ
سَعِيْدِ بْنِ اْلمُسَيَّبِ اَنَّ اُمَّ سَعْدٍ مَاتَتْ وَ النَّبِيُّ ص
غَائِبٌ. فَلَمَّا قَدِمَ صَلَّى عَلَيْهَا. وَ قَدْ مَضَى لِذلِكَ شَهْرٌ.
الترمذى
Dari
Sa’id bin Musayyab bahwa Ummu Sa’ad telah mati, sedang Nabi SAW tidak di
rumah, kemudian setelah datang maka beliau menshalatkannya, padahal
telah lewat waktu sebulan lamanya. [HR. Tirmidzi]
23. Shalat Jenazah utuk orang yang dihukum Had
عَنْ
جَابِرٍ اَنَّ رَجُلاً مِنْ اَسْلَمَ جَاءَ اِلَى النَّبِيِّ ص
فَاعْتَرَفَ الزِّنَا، فَاَعْرَضَ عَنْهُ حَتَّى شَهِدَ عَلَى نَفْسِهِ
اَرْبَعَ مَرّاتٍ. فَقَالَ لَهُ: اَبِكَ جُنُوْنٌ؟ قَالَ: لاَ. قَالَ:
اَحْصَنْتَ؟ قَالَ: نَعَمْ. فَاَمَرَ بِهِ فَرُجِمَ بِاْلمُصَلَّى.
فَلَمَّا اَذْلَقَتْهُ اْلحِجَارَةُ فَرَّ، فَاُدْرِكَ فَرُجِمَ حَتَّى
مَاتَ. فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ص: خَيْرًا. وَ صَلَّى عَلَيْهِ. البخارى
Dari
Jabir bahwa ada seorang laki-laki dari suku Aslam datang kepada Nabi SAW
lalu ia mengaku berzina, maka Nabi SAW berpaling daripadanya, sehingga
ia bersumpah 4 kali, kemudian Nabi SAW bertanya lagi, “Apakah kamu gila
?”. Ia menjawab, “Tidak”. Nabi SAW bertanya lagi, “Apakah kamu pernah
beristri ?”. Ia menjawab, “Ya”. Kemudian Nabi SAW memerintahkan
terhadapnya, lalu ia dirajam di Mushalla. Kemudian ketika terkena
lemparan batu ia lari, lalu ditangkap, kemudian dirajam lagi sampai
meninggal, kemudian Nabi SAW bersabda, “Ya, ia mendapat kebaikan”, dan
Nabi SAW menshalatkannya. [HR. Bukhari. Dalam Nailul Authar juz 4, hal. 54]
عَنْ
عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ امْرَأَةً مِنْ جُهَيْنَةَ اَتَتِ
النَّبِيَّ ص وَ هِيَ حُبْلَى مِنَ الزِّنَا، فَقَالَتْ: يَا نَبِيَّ
اللهِ، اَصَبْتُ حَدًّا فَاَقِمْهُ عَلَيَّ. فَدَعَا النَّبِيُّ ص
وَلِيَّهَا فَقَالَ: اَحْسِنْ اِلَيْهَا. فَاِذَا وَضَعَتْ فَائْتِنِى
بِهَا، فَفَعَلَ. فَاَمَرَ بِهَا نَبِيُّ اللهِ ص فَشُكَّتْ عَلَيْهَا
ثِيَابُهَا. ثُمَّ اَمَرَ بِهَا فَرُجِمَتْ. ثُمَّ صَلَّى عَلَيْهَا.
فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: تُصَلِّى عَلَيْهَا يَا نَبِيَّ اللهِ، وَ قَدْ
زَنَتْ؟ فَقَالَ: لَقَدْ تَابَتْ تَوْبَةً لَوْ قُسِمَتْ بَيْنَ سَبْعِيْنَ
مِنْ اَهْلِ اْلمَدِيْنَةِ لَوَسِعَتْهُمْ. وَ هَلْ وَجَدْتَ تَوْبَةً
اَفْضَلَ مِنْ اَنْ جَادَتْ بِنَفْسِهَا ِللهِ تَعَالَى؟ مسلم 3: 1324
Dari
‘Imran bin Hushain bahwasanya seorang perempuan dari (suku) Juhainah
datang kepada Nabi SAW, sedang ia dalam keadaan mengandung karena
berzina. Lalu ia berkata, “Ya Nabiyallah, saya wajib dihukum had, karena
itu laukanlah kepadaku !”. Kemudian Nabi SAW memanggil walinya dan
bersabda, “Berbuat baiklah kepadanya, dan apabila ia telah melahirkan,
bawalah ia kemari”. Maka walinya pun melaksanakan perintah itu. Kemudian
Nabi SAW memerintahkan supaya hukuman itu dilaksanakan terhadapnya,
lalu dibetulkan dan diikat pakaiannya dan diperintahkan supaya dirajam,
lalu ia dirajam. Kemudian beliau menshalatkannya. Lalu ‘Umar bertanya,
“Mengapa engkau mensalatkannya, ya Nabiyallah, padahal ia telah berzina
?”. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya ia telah bertaubat dengan
suatu taubat yang seandainya dibagikan diantara tujuh puluh dari
penduduk Madinah niscaya cukup buat mereka. Apakah engkau mendapati
suatu taubat yang lebih utama dari pada perempuan yang menyerahkan
dirinya karena Allah Ta’ala ?“. [HR. Muslim juz 3, hal. 1324]
24. Nabi SAW tidak mau menshalatkan orang yang berkhianat dan yang mati bunuh diri.
عَنْ
زَيْدِ بْنِ خَالِدِ اْلجُهَنِيِّ اَنَّ رَجُلاً مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ
تُوُفِّيَ بِخَيْبَرَ اَنَّهُ ذُكِرَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: صَلُّوْا
عَلَى صَاحِبِكُمْ. فَتَغَيَّرَتْ وَجُوْهُ اْلقَوْمِ لِذلِكَ. فَلَمَّا
رَأَى الَّذِيْ بِهِمْ قَالَ: اِنَّ صَاحِبَكُمْ غَلَّ فِى سَبِيْلِ اللهِ.
فَفَتَّشْنَا مَتَاعَهُ. فَوَجَدْنَا فِيْهِ خَرَزًا مِنْ خَرَزِ
اْليَهُوْدِ، مَا يُسَاوِى دِرْهَمَيْنِ. الخمسة الا الترمذى
Dari
Zaid bin Khalid Al-Juhaniy bahwa ada seorang laki-laki muslim yang
meninggal di Khaibar, lalu hal itu diberitakan kepada Rasulullah SAW,
maka beliau bersabda, “Shalatkanlah saudaramu itu”. Kemudian barubahlah
wajah orang-orang setelah mendengar itu. Setelah Rasulullah SAW
menetahui apa yang terjadi pada mereka lalu bersabda, “Sesungguhnya
saudaramu itu pernah berkhianat dalam peperangan”. Kemudian kami mencari
barang-barangnya, maka kami temukan sebuah permata orang Yahudi yang
kira-kira bernilai dua dirham. [HR. Khomsah, kecuali Tirmidzi. Dalam Nailul Authar juz 3, hal. 53]
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ اَنَّ رَجُلاً قَتَلَ نَفْسَهُ بِمَشَاقِصَ، فَلَمْ يُصَلِّ عَلَيْهِ النَّبِيُّ ص. الجماعة الا البخارى
Dari Jabir bin Samurah bahwa ada seorang laki-laki yang bunuh diri dengan tombak, kemudian Nabi SAW tidak menshalatkannya. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar