Adan dan Keutamaannya.
عَنْ
مَالِكِ بْنِ اْلحُوَيْرِثِ اَنَّ النَّبِيَّ قَالَ: اِذَا حَضَرَتِ
الصَّلاَةُ فَلْيُؤَذّنْ لَكُمْ اَحَدُكُمْ وَ لْيَؤُمَّكُمْ اَكْبَرُكُمْ. احمد و البخارى و مسلم
Dari Malik bin
Al-Huwairits, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Apabila waktu shalat
telah tiba, maka hendaklah salah seorang diantara kamu adzan untuk
(shalat)mu itu, dan hendaklah yang tertua diantara kamu itu yang
bertindak sebagai imam bagi kamu". [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َاْلاِمَامُ ضَامِنٌ وَ
اْلمُؤَذّنُ مُؤْتَمِنٌ. اَللّهُمَّ ارْشِدِ اْلاَئِمَّةَ وَ اغْفِرْ
لِلْمُؤَذّنِيْنَ. احمد
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Imam itu adalah
penanggungjawab dan muadzdzin itu adalah pembawa amanat. Ya Allah,
pimpinlah para imam itu dan ampunilah para muadzdzin". [HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi]
عَنْ مُعَاوِيَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِنَّ اْلمُؤَذّنِيْنَ اَطْوَلُ النَّاسِ اَعْنَاقًا يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. احمد و مسلم و ابن ماجه
Dari
Mu'awiyah, bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya para muadzdzin
itu adalah orang-orang yang paling panjang lehernya kelak di hari
qiyamat". [HR. Ahmad, Muslim dan Ibnu Majah]
عَنْ
عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ:
يَعْجَبُ رَبُّكَ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْ رَاعِى غَنَمٍ فِى شَظِيَّةٍ
بِجَبَلٍ يُؤَذّنُ لِلصَّلاَةِ وَ يُصَلّى. فَيَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَ
جَلَّ: اُنْظُرُوْا اِلَى عَبْدِى هذَا يُؤَذّنُ وَ يُقِيْمُ لِلصَّلاَةِ
يَخَافُ مِنّى، فَقَدْ غَفَرْتُ لِعَبْدِى وَ اَدْخَلْتُهُ اْلجَنَّةَ. احمد و ابو داود و النسائى
Dari
'Uqbah bin 'Amir, ia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah SAW
bersabda, "Tuhanmu 'Azza wa Jalla sungguh sangat senang terhadap seorang
penggembala kambing yang berada di bukit gunung yang adzan untuk shalatnya, kemudian ia shalat". Maka Allah 'Azza wa Jalla berfirman (kepada malaikat), "Lihatlah hamba-Ku ini,
ia adzan dan iqamat untuk shalatnya karena takut keapda-Ku. Oleh karena
itu Ku-ampuni hamba-Ku ini dan Ku-masukkan dia ke dalam surga". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Nasai]
Sifat Adzan
عَنْ
مُحَمَّدِ بْنِ اِسْحَاقَ عَنِ الزُّهْرِيّ عَنْ سَعِيْدِ بْنِ
اْلمُسَيَّبِ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَبْدِ رَبّهِ قَالَ:
لَمَّا اَجْمَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ يَضْرِبَ بِالنَّاقُوْسِ وَ هُوَ
لَهُ كَارِهٌ لِمُوَافَقَتِهِ النَّصَارَى طَافَ بِى مِنَ اللَّيْلِ
طَائِفٌ وَ اَنَا نَائِمٌ رَجُلٌ عَلَيْهَ ثَوْبَانِ اَخْضَرَانِ وَ فِى
يَدِهِ نَاقُوْسٌ يَحْمِلُهُ، قَالَ، فَقُلْتُ لَهُ: يَا عَبْدَ اللهِ،
اَتَبِيْعُ النَّاقُوْسَ؟ قَالَ: وَ مَا تَصْنَعُ بِهِ؟ قَالَ: فَقُلْتُ:
نَدْعُوْ بِهِ اِلَى الصَّلاَةِ. قَالَ: اَفَلاَ اَدُلُّكَ عَلَى خَيْرٍ
مِنْ ذلِكَ؟ فَقُلْتُ: بَلَى. قَالَ: تَقُوْلُ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ
اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ
اِلاَّ اللهُ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. اَشْهَدُ اَنَّ
مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ.
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ. حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ. حَيَّ عَلَى اْلفَلاَحِ.
حَيَّ عَلَى اْلفَلاَحِ. اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. لاَ اِلهَ
اِلاَّ اللهُ. قَالَ: ثُمَّ اسْتَأْخَرَ غَيْرَ بَعِيْدٍ وَ قَالَ: ثُمَّ
تَقُوْلُ اِذَا اَقَمْتَ الصَّلاَةَ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ.
اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا
رَسُوْلُ اللهِ. حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ. حَيَّ عَلَى اْلفَلاَحِ.قَدْ
قَامَتِ الصَّلاَةُ. قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ. اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ
اَكْبَرُ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. قَالَ: فَلَمَّا اَصْبَحْتُ اَتَيْتُ
رَسُوْلَ اللهِ ص فَاَخْبَرْتُهُ بِمَا رَأَيْتُ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ
ص: اِنَّ هذِهِ الرُّؤْيَا حَقٌّ اِنْ شَاءَ اللهُ. ثُمَّ اَمَرَ
بِالتَّأْذِيْنِ فَكَانَ بِلاَلٌ مَوْلَى اَبِىْ بَكْرٍ يُؤَذّنُ بِذلِكَ
وَ يَدْعُوْ رَسُوْلَ اللهِ ص اِلَى الصَّلاَةِ. قَالَ فَجَاءَهُ فَدَعَاهُ
ذَاتَ غَدَاةٍ اِلَى اْلفَجْرِ فَقِيْلَ لَهُ. اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص
نَائِمٌ فَصَرَخَ بِلاَلٌ بِاَعْلَى صَوْتِهِ فَاُدْخِلَتْ هذِهِ
اْلكَلِمَةُ فِى التَّأْذِيْنِ اِلَى صَلاَةِ اْلفَجْرِ. احمد، فى نيل الاوطار 2: 40
Dari Muhammad
bin Ishaq, dari Az-Zuhriy, dari Sa'id bin Musayyab, dari 'Abdullah bin
Zaid bin Abdur Rabbih, ia berkata, "Ketika Rasulullah SAW sudah
menyetujui untuk dipukulnya lonceng, padahal sebenarnya dia sendiri
tidak menyukainya, karena menyerupai orang-orang Nashrani, maka pada
suatu malam ketika aku tidur, tiba-tiba aku bermimpi, ada seorang
laki-laki yang mengenakan dua pakaian hijau, mengelilingi aku, sedang di
tangannya ada lonceng yang dibawanya". 'Abdullah bin Zaid berkata,
"Lalu aku bertanya, hai hamba Allah, apakah lonceng itu akan kau jual
?". Ia menjawab, "Akan kau pergunakan untuk apa ?". 'Abdullah bin Zaid
berkata : Saya menjawab, "Akan kupakai untuk memanggil (orang) untuk
shalat". Ia bertanya lagi, "Maukah engkau, kutunjukkan yang lebih baik
dari itu ?".Saya menjawab, "Ya, baiklah". Ia menjawab : Yaitu hendaklah
engkau ucapkan : Alloohu Akbar, Alloohu Akbar. Alloohu Akbar, Alloohu
Akbar. Asyhadu allaa ilaaha illallooh, Asyhadu allaa ilaaha illallooh.
Asyhadu anna Muhammadar Rasuulullooh, Asyhadu anna Muhammadar
Rasuulullooh. Hayya 'alash sholaah, Hayya 'alash-sholaah. Hayya 'alal
falaah, Hayya 'alal falaah. Alloohu Akbar, Alloohu Akbar. Laa ilaaha
illallooh. 'Abdullah bin Zaid berkata : Kemudian ia mundur tidak seberapa jauh, dan berkata, "Apabila engkau iqamah, sebutlah Alloohu
Akbar, Alloohu Akbar. Asyhadu allaa ilaaha illallooh. Asyhadu anna
Muhammadar Rasuulullooh. Hayya 'alash sholaah. Hayya 'alal falaah. Qod
qoomatish-sholaah, Qod qoomatish-sholaah. Alloohu Akbar, Alloohu Akbar.
Laa ilaaha illallooh". 'Abdullah bin Zaid berkata : Kemudian setelah
waktu pagi aku datang kepada Rasulullah SAW untuk menceritakan
kepadanya apa yang aku impikan itu. Kemudian Rasulullah SAW bersabda,
"Sesungguhnya mimpimu itu adalah mimpi yang benar, insya Allah".
Kemudian Nabi SAW memerintahkan adzan. Maka Bilal maula Abu Bakar
beradzan dengan lafadh-lafadh tersebut dan menyeru Rasulullah SAW untuk
shalat. 'Abdullah bin Zaid berkata : Lalu Bilal datang kepada Nabi,
kemudian memanggilnya pada suatu pagi untuk shalat Shubuh. Dikatakan
bahwa Rasulullah SAW (pada waktu itu) sedang tidur, lalu Bilal
mengeraskan suaranya dengan suara yang tinggi : Ashsholaatu khoirum minan nauum (Shalat
itu lebih baik dari pada tidur). Sa'id bin Musayyab berkata : Lalu
lafadh ini dimasukkan ke dalam bagian dari adzan untuk shalat Shubuh". [HR. Ahmad, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 40]
وَ
اَبُوْ دَاوُدَ مِنْ طَرِيْقِ مُحَمَّدِ بْنِ اِسْحَاقَ عَنْ مُحَمَّدِ
بْنِ اِبْرَاهِيْمَ التَّيْمِيّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ
زَيْدٍ عَنْ اَبِيْهِ، وَ فِيْهِ: فَلَمَّا اَصْبَحْتُ اَتَيْتُ رَسُوْلَ
اللهِ ص فَاَخْبَرْتُهُ بِمَا رَاَيْتُ، فَقَالَ: اِنَّهَا لَرُؤْيَا حَقّ
اِنْ شَاءَ اللهُ. فَقُمْ مَعَ بِلاَلٍ فَاَلْقِ عَلَيْهِ مَا رَأَيْتَ،
فَاِنَّهُ اَنْدَى صَوْتًا مِنْكَ. قَالَ: فَقُمْتُ مَعَ بِلاَلٍ
فَجَعَلْتُ اُلْقِيْهِ عَلَيْهِ. وَ يُؤَذّنُ بِهِ. قَالَ: فَسَمِعَ ذلِكَ
عُمَرُ بْنُ اْلخَطَّابِ رض وَ هُوَ فِى بَيْتِهِ، فَخَرَجَ يَجُرُّ
رِدَاءَهُ يَقُوْلُ: وَ الَّذِى بَعَثَكَ بِاْلحَقّ، لَقَدْ رَأَيْتُ
مِثْلَ الَّذِى اُرِيَ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: فَلِلّهِ اْلحَمْدُ.
Dan
Abu Dawud meriwayatkan dari jalan Muhammad bin Ishaq, dari Muhammad bin
Ibrahim At-Taimiy, dari Muhammad bin 'Abdullah bin Zaid, dari ayahnya,
yang dikatakan dalam hadits tersebut : Maka ketika waktu pagi, aku
datang kepada Rasulullah SAW lalu aku ceritakan kepadanya apa yang aku
lihat itu. Maka Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya ini adalah mimpi
yang benar, insya Allah. Berdirilah, temuilah Bilal dan sampaikanlah
kepadanya apa yang engkau impikan itu, karena Bilal itu lebih keras
suaranya daripada kamu". Ia berkata, "Lalu aku menemui Bilal dan saya
sampaikan kepadanya apa yang aku impikan itu, dan Bilal pun lalu adzan
dengan lafadh-lafadh itu". Ia berkata, "Lalu 'Umar bin Khaththab
mendengar yang demikian itu, sedang ia berada di rumahnya. Kemudian ia
keluar sambil menyeret selendangnya, dan berkata : Demi Allah yang telah
mengutus engkau dengan benar. Sungguh aku pun telah mimpi, persis
seperti yang ia impikan itu". Lalu Rasulullah SAW mengucapkan, "Bagi
Allah lah segala puji".
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: اُمِرَ بِلاَلٌ اَنْ يَشْفَعَ اْلاَذَانَ وَ يُوْتِرُ اْلاِقَامَةَ اِلاَّ اْلاِقَامَةَ. الجماعة و ليس فيه للنسائى و الترمذى و ابن ماجه: اِلاَّ اْلاِقَامَةَ
Dari Anas, ia berkata : Bilal diperintahkan untuk menggenapkan adzan dan mengganjilkan iqamah, kecuali lafadh iqamah (Qod qoomatish-sholaah, Qod qoomatish-sholaah). [HR. Jama'ah] Tetapi dalam riwayat Nasai, Tirmidzi dan Ibnu Majah tidak terdapat kata, "Kecuali lafadh iqamah", itu.
عَنْ
اَبِى مَحْذُوْرَةَ قَالَ، قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ ِعَلّمْنِى سُنَّةَ
اْلاَذَانِ، فَعَلَّمَهُ. وَ قَالَ: فَاِنْ كَانَ صُلاَةُ الصُّبْحَ
قُلْتُ: اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ، اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ
النَّوْمِ. اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. احمد و ابو داود
Dari
Abu Mahdzurah, ia berkata : Saya pernah berkata kepada Rasulullah, "Ya
Rasulullah, ajarilah aku cara adzan". Lalu Nabi SAW mengajarinya adzan
dan ia bersabda, "Kemudian jika akan shalat Shubuh, maka sebutlah Ashsholaatu khoirum minan nauum. Ashsholaatu khoirum minan nauum. Alloohu Akbar, Alloohu Akbar. Laa ilaaha illallooh. [HR. Ahmad dan Abu Dawud]
Mengeraskan Suara Adzan
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلْمُؤَذّنُ يُغْفَرُ لَهُ
مَدَّ صَوْتِهِ. وَ يَشْهَدُ لَهُ كُلُّ رَطْبٍ وَ يَابِسٍ. الخمسة الا الترمذى
Dari
Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda, "Muadzdzin itu diampuni sepanjang
suaranya, dan disaksikan oleh semua benda yang basah dan yang kering". [HR. Khomsah, kecuali Tirmidzi]
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ اَبِى صَعْصَعَةَ اَنَّ اَبَا
سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ قَالَ لَهُ: اِنّى اَرَاكَ تُحِبُّ اْلغَنَمَ وَ
اْلبَادِيَةَ، فَاِذَا كُنْتَ فِى غَنَمكَ اَوْ بَادِيَتِكَ فَارْفَعْ
صَوْتَكَ بِالنّدَاءِ، فَاِنَّهُ لاَ يَسْمَعُ مَدَى صَوْتِ اْلمُؤَذّنِ
جِنٌّ وَلاَ اِنْسَانٌ وَلاَ شَيْءٌ اِلاَّ يَشْهَدُ لَهُ يَوْمَ
اْلقِيَامَةِ. قَالَ اَبُوْ سَعِيْدٍ: سَمِعْتُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. احمد و البخارى و النسائى و ابن ماجه
Dari
'Abdullah bin 'Abdur Rahman bin Abu Sha'sha'ah, bahwa Abu Sa'id
Al-Khudriy berkata kepadanya, "Sesungguhnya aku melihat engkau suka
kepada kambing dan padang pasir. Maka jika kamu berada di (tempat penggembalaan) kambing atau di padang pasirmu,
keraskanlah suaramu ketika adzan. Karena tidaklah jin, manusia ataupun
sesuatu yang mendengar suara muadzdzin, melainkan akan menjadi saksi
nanti pada hari qiyamat". Abu Sa'id berkata, "Saya mendengar perkataan
itu dari Rasulullah SAW". [HR. Ahmad, Bukhari, Nasai dan Ibnu Majah]
Muadzdzin memutar kepala ke kanan dan ke kiri
عَنْ
اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: اَتَيْتُ النَّبِيَّ ص بِمَكَّةَ وَ هُوَ
بِاْلاَبْطَحِ فِى قُبَّةٍ لَهُ حَمْرَاءَ مِنْ اَدَمٍ. قَالَ: فَخَرَجَ
بِلاَلٌ بِوَضُوْئِهِ. فَمِنْ نَاضِحٍ وَ نَائِلٍ. قَالَ: فَخَرَجَ
النَّبِيُّ ص عَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ وَ كَاَنّى اَنْظُرُ اِلَى
بَيَاضِ سَاقِيْهِ. قَالَ: فَتَوَضَّأَ وَ اَذَّنَ بِلاَلٌ، فَجَعَلْتُ
اَتَتَبَّعُ فَاهُ ههُنَا وَ ههُنَا. يَقُوْلُ يَمِيْنًا وَ شِمَالاً.
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ، حَيَ عَلَى اْلفَلاَحِ. قَالَ: ثُمَّ رُكِزَتْ
لَهُ عَنْزَةٌ. فَتَقَدَّمَ فَصَلَّى الظُّهْرَ رَكْعَتَيْنِ يَمُرُّ
بَيْنَ يَدَيْهِ اْلحِمَارُ وَ اْلكَلْبُ لاَ يَمْنَعُ. و فى رواية: يَمُرُّ
مِنْ وَرَائِهَا اْلمَرْأَةُ وَ اْلحِمَارُ. ثُمَّ صَلَّى اْلعَصْرَ.
ثُمَّ لَمْ يَزَلْ يُصَلّى حَتَّى رَجَعَ اِلَى اْلمَدِيْنَةِ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Abu Juhaifah, ia berkata : Aku pernah datang ke tempat Nabi SAW di
Makkah waktu beliau sedang berada di Bathha' di dalam kubahnya yang
merah yang terbuat dari kulit. Aku Juhaifah berkata, "Lalu Bilal keluar
dengan membawa air untuk wudlu, lalu ada yang berwudlu dengan air bekar
wudlu kawannya". Abu Juhaifah berkata, "Kemudian Nabi SAW keluar dengan
berpakaian berwarna merah yang seolah-olah aku dapat melihat putih
betisnya". Abu Juhaifah berkata, "Kemudian beliau berwudlu dan Bilal
mulai adzan, dan aku mengikuti mulutnya kesana dan kemari, yaitu ia
mengucap Hayya 'alash-sholaah, Hayya 'alal falaah, sambil menoleh
ke kanan dan ke kiri". AbuJuhaifah berkata, "Lalu tongkat beliau
ditancapkan, dan maju, kemudian shalat Dhuhur dua rekaat, sedang keledai
dan anjing lalu dihadapan beliau tanpa dicegahnya". Dan dalam satu
riwayat dikatakan, "Wanita dan keledai lewat di luar tongkat itu".
Kemudian beliau shalat 'Ashar, dan beliau senantiasa shalat (dua rekaat)
sehingga kembali ke Madinah”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar