Allah Menjawab Bacaan Al-Fatihah
عَنْ
اَبِى هُرَيـْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَنْ صَلَّى صَلاَةً لَمْ
يَقْرَأْ فِيْهَا بِأُمِّ اْلقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ. ثَلاَثًا، غَيْرُ
تَمَامٍ. فَقِيْلَ ِلاَبِى هُرَيـْرَةَ: اِنَّا نَكُوْنُ وَرَاءَ
اْلاِمَامِ. فَقَالَ: اِقْرَأْ بِهَا فِى نَفْسِكَ. فَإِنــِّى سَمِعْتُ
رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: قَالَ اللهُ تَعَالَى: قَسَمْتُ الصَّلاَةَ
بَيْنـِىْ وَ بَيْنَ عَبْدِىْ نـِصْفَيْنِ. وَلــِعَبْدِىْ مَا سَأَلَ.
فَإِذَا قَالَ اْلعَبْدُ: اَلـْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، قَالَ
اللهُ تَعَالَى: حَمِدَنِىْ عَبْدِىْ. وَ إِذَا قَالَ: اَلرَّحْمنِ
الرَّحِيْمِ، قَالَ اللهُ تَعَالَى: اَثـْنَى عَلَيَّ عَبْدِىْ.وَ إِذَا
قَالَ: مَالِكِ يَوْمِ الدِّيـْنِ، قَالَ: مَجَّدَنِى عَبْدِى (وَقَالَ
مَرَّةً: فَوَّضَ اِلَيَّ عَبْدِىْ). فَإِذَا قَالَ: اِيـَّاكَ نَعْبُدُ وَ
اِيـَّاكَ نَسْتَعِيْنَ، قَالَ: هذَا بَيْنـِىْ وَ بَيْنَ عَبْدِىْ وَ
لـِعَبْدِىْ مَا سَأَلَ. فَإِذَا قَالَ: اِهْدِنَا الصِّرَاطَ
اْلمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنـْعَمْتَ عَلـَيْهِمْ غَيْرِ
اْلـمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّيْنَ، قَالَ: هذَا لـِعَبْدِىْ
وَ لـِعَبْدِىْ مَا سَأَلَ.
Dari
Abu Hurairah, dari Nabi SAW, beliau bersabda : "Barangsiapa yang shalat
tidak membaca Ummul Qur'an (Al-Fatihah) padanya, maka shalatnya itu
kurang". (Beliau bersabda demikian tiga kali).
"Tidak sempurna". Lalu Abu Hurairah ditanya : "Sesungguhnya kami shalat
di belakang imam (lalu bagaimana kami harus berbuat) ?". Abu Hurairah
menjawab : "Bacalah di hatimu". Karena saya pernah mendengar Rasulullah
SAW bersabda : "Allah Ta'aalaa berfirman : Aku membagi Ash-Shalat
(Al-Fatihah) antara-Ku dan antara hamba-Ku menjadi dua bagian. Dan untuk
hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta. Maka apabila hamba
mengucapkan Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, Allah Ta'aalaa menjawab, "Hamba-Ku telah memuji-Ku". Apabila ia mengucap Ar-Rahmaanir Rahiim, Allah Ta'aalaa menjawab, "Hamba-Ku telah menyanjung-Ku". Apabila ia mengucap Maaliki yaumid diin,
Allah menjawab, "Hamba-Ku telah mengagungkan Aku", dan juga berfirman,
"Hamba-Ku berserah diri kepada-Ku". Apabila ia mengucap Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin, Allah menjawab, "Ini adalah antara-Ku dan antara hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta". Dan apabila ia mengucapkan Ihdinash-shiraathal mustaqiim shiraathalladziina an'amta 'alaihim ghairil maghdluubi 'alaihim waladldlaalliin, Allah menjawab, "Ini adalah untuk hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku akan mendapatkan apa-apa yang ia minta". [HR. Muslim, Juz I hal 296].
Membaca Amin.
عَنْ
اَبِى هُرَيـْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا تَلاَ غَيْرِ
اْلـمَغْضُوْبِ عَلَـيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّـيْنَ، قَالَ: آمِيْنَ، حَتَّى
يُسْمِعَ مَنْ يَلـِيْهِ مِنَ الصَّفِّ اْلاَوَّلِ. ابو داود
Dari Abu Hurairah, ia berkata : "Adalah Rasulullah SAW apabila membaca ghairil maghdluubi 'alaihim wa ladldlaaliin, lalu mengucap aamiin sehingga terdengar kepada orang yang dekat dengan beliau dishaff yang pertama". [HSR. Abu Dawud]
عَنْ
وَائـِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ ص قَرَأَ غَيْرِ
اْلمَغْضُوْبِ عَلَـيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّـيْنَ، فَقَالَ: آمِيْنَ.
يَمُدُّ بِهَا صَوْتَهُ. احمد و ابو داود والترمذى
Dari Waail bin Hujr, ia berkata : "Saya pernah mendengar Nabi SAW membaca ghairil maghdluubi 'alaihim wa ladl-dlaalliin, lalu beliau mengucap aamiin, dan beliau panjangkan suaranya". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنْ
اَبِىْ هُرَيـْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا أَمَّنَ
اْلاِمَامُ فَأَمِّنُوْا، فَإِنَّ مَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ
اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنــْبِهِ. وَ قَالَ ابْنُ
شِهَابٍ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقُوْلُ آمِيْنَ. الجماعة. الا ان
الترمذى لـم يذكر قول ابن شهاب. و فى رواية: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ:
غَيْرِ اْلـمَغْضُوْبِ عَلَـيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّيْنَ، فَقُوْلُوْا:
آمِيْنَ. فَإِنَّ اْلمَلاَئِكَةَ تَقُوْلُ آمِيْنَ. وَ إِنَّ اْلاِمَامَ
يَقُوْلُ آمِيْنَ. فَمَنْ وَافَقَ تَأْمِيْنُهُ تَأْمِيْنَ اْلمَلاَئِكَةِ
غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنــْبِهِ. احمد و والنسائى
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : "Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda
"Apabila Imam membaca amin, maka bacalah amin. Maka sesungguhnya
barangsiapa yang bacaan aminnya itu bertepatan dengan bacaan aminnya
para malaikat, niscaya diampuni baginya dari dosa-dosanya yang telah
lalu". Berkata Ibnu Syihab (perawi hadits tersebut), adalah Rasulullah
SAW membaca amin. [HR. Jamaah, hanya saja Tirmidzi tidak menyebutkan perkataan Ibnu Syihab tersebut). Dan di dalam riwayat lain disebutkan : "Apabila Imam telah membaca ghairil maghdluubi'alaihim wa ladldlaalliin, maka ucapkanlah aamin,
maka sesungguhnya para malaikat mengucapkan amin. Dan sesungguhnya imam
juga membaca amin, maka barang siapa yang bacaan aminnya itu bertepatan
dengan bacaan aminnya para malaikat, niscaya diampuni baginya dari
dosa-dosanya yang telah lalu". [HR. Ahmad dan Nasai]
Membaca Surat atau Ayat-ayat Al-Qur'an
قَالَ اَبـُوْ سَعِيْدٍ:أُمِرْنَا اَنْ نَقْرَأَ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ وَ مَا تَـيَسَّرَ. ابو داود
Telah
berkata Abu Sa'id : "Kami diperintah (oleh Rasulullah SAW) supaya
membaca Al-Fatihah dan apa-apa (ayat atau surat) yang mudah". [HSR. Abu Dawud]
عَنْ
اَبِىْ قَتَادَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ فِى
اْلاُولَيَيْنِ بِأُمِّ اْلكِتَابِ وَ سُوْرَتَيْنِ، وَ فِى
الرَّكْعَتَيْنِ اْلاُخْرَيـَيْنِ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. وَ يُسْمِعُنَا
اْلآيــَةَ أَحْيَانًا، وَ يُطَوِّلُ فِى الرَّكْعَةِ اْلاُوْلَى مَا لاَ
يُطِيْلُ فِى الثَّانِيَةِ، هَكَذَا فِى اْلعَصْرِ، وَ هَكَذَا فِى
الصُّبْحِ. احمد والبخارى و مسـلم.
Dari
Abu Qatadah, ia berkata : "Sesungguhnya Nabi SAW biasa membaca di dalam
shalat Dhuhur, pada dua rekaat yang pertama Al-Fatihah dan dua surat,
dan pada dua rekaat yang lain beliau membaca Al-Fatihah, dan
kadang-kadang beliau memperdengarkan ayat (yang beliau baca) kepada
kami. Dan beliau memanjangkan pada rekaat yang pertama dan tidak
memanjangkan pada rekaat yang kedua. Demikian itu pula beliau berbuat
dalam shalat 'Ashar dan demikian juga dalam shalat Shubuh" [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ
اَبِىْ سَعِيْدِ اْلخُدْرِيِّ قَالَ: اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ
فِى صَلاَةِ الظُّهْرِ فِى الرًّكْعَتَيْنِ اْلاُوْلَيَيْنِ فِى كُلِّ
رَكْعَةٍ قَدْرَ ثَلاَثِيْنَ آيـَةً، وَفـِى اْلاُخْرَيـَيْنِ قَدْرَ
قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشَرَةَ آيـَةً. اَوْ قَالَ نـِصْفَ ذلِكَ.وَ فِى
اْلعَصْرِ فِى الرًّكْعَتَيْنِ اْلاُوْلَـيَيْنِ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ قَدْرَ
قِرَاءَةِ خَمْسَ عَشَرَةَ آيــَةً، وَ فِى اْلاُخْرَيـَيْنِ قَدْرَ
نـِصْفِ ذلِكَ. احمد و مسـلم.
Dari
Abu Sa'id Al-Khudri, ia berkata : "Sesungguhnya Nabi SAW biasa membaca
di dalam shalat Dhuhur, pada dua rekaat yang pertama pada masing-masing
rekaat seukur tiga puluh ayat, dan pada dua rekaat yang lain seukur
bacaan lima belas ayat, atau ia berkata "separo dari itu". Dan dalam
shalat 'Ashar, pada dua rekaat yang pertama, masing-masing rekaat
seukur bacaan lima belas ayat, dan pada dua rekaat yang lain seukur
separo dari itu" [HR. Ahmad dan Muslim]
Keterangan :
Dari Hadits tersebut ada ulama yang memahami boleh membaca surat pada tiap-tiap rekaat.
عَنْ
اَنــَسٍ قَالَ: كَانَ رَجُلٌ مِنَ اْلاَنــْصَارِ يَؤُمُّهُمْ فِى
مَسْجـِدِ قُبَا، فَكَانَ كُلَّمَا افْتَتَحَ سُوْرَةً يـَقْرَأُ بِهَا
لَهُمْ فِى الصَّلاَةِ مَمَّا يَقْرَأُ بِهِ، اِفْتَتَحَ بِقُلْ هُوَ
اللهُ اَحَدٌحَتَّى يُـفْرَغَ مِنْهَا. ثُمَّ يَقْرَأُ سُوْرَةً اُخْرَى
مَعَهَا، فَكَانَ يَصْنَعُ ذلِكَ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ، فَلَمَّا اَتـَاهُمُ
النَّبِيُّ ص اَخْبَرُوْهُ اْلخَبْرَ، فَقَالَ: وَمَا يَحْمِلُكَ عَلَى
لُزُوْمِ هذِهِ السُّوْرَةِ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ ؟ قَالَ: اِنِّى
اُحِبُّهَا. قَالَ: حُبُكُ اِيـَّاهَا اَدْخَلَكَ اْلجَنَّــةَ. الترمذى، و
اخرجه البخارى تعليقا.
Dari
Anas, ia berkata : Dahulu ada seorang dari Anshor mengimami orang-orang
di masjid Quba'. Dan setiap dia membaca surat di dalam shalat itu,
selalu didahului dengan membaca surat Qul huwallahu ahad hingga
selesai, kemudian baru membaca surat yang lain. Dan ia berbuat demikian
pada tiap-tiap rekaat. Maka setelah Nabi SAW datang, lalu orang-orang
sama melaporkan kejadian itu. Lalu Nabi SAW bertanya: "Apa yang membuat
kamu selalu membaca surat ini dalam setiap rekaat? Orang itu menjawab:
"Karena saya menyukainya" Nabi SAW bersabda : "Kesukaanmu kepada surat
itu bisa memasukkan kamu ke surga". [ HR. Tirmidzi dan Bukhari secara ta'liq]
عَنِ
اْلبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ اَنـَّهُ قَالَ: صَلَّـيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص
اْلعِشَاءَ فَقَرَأَ بِالتِّـيْنِ وَ الزَّيـْتُوْنِ. مسـلم.
Dari Al-Bara' bin 'Azib bahwasanya ia berkata, "Saya pernah shalat 'Isyak bersama Rasulullah SAW, maka beliau membaca surat Wattiini wazzaituun. [HR. Muslim Juz I, hal 339].
عَنْ
رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ اَنــَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقْرَأُ فِى
الصُّبْحِ اِذَا زُلْزِلَتِ اْلاَرْضُ فِى الرًّكْعَتَيْنِ كِلْـتَيْهِمَا،
قَالَ: فَلاَ اَدْرِىْ اَنــَسِيَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَمْ قَرَأَ ذلِكَ
عَمْدًا. ابو داود
Dari seseorang dari suku Juhainah, bahwasanya dia pernah mendengar Nabi SAW membaca di dalam shalat Shubuh Idzaazulzilatil ardlu di
dalam dua rekaat, masing-masing keduanya membaca seperti itu. Ia
berkata : Saya tidak tahu apakah Rasulullah SAW (karena) lupa atau
memang sengaja membaca demikian itu". [HR. Abu Dawud]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَرَأَ فِى اْلمَغْرِبِ سُوْرَةَ اْلاَعْرَافِ فَرَّقَهَا فِى الرَّكْـعَتَيْنِ. النسائى
Dari
'Aisyah, ia berkata : "Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah membaca di
dalam shalat Maghrib surat Al-A'raf, beliau membagi surat itu di dalam
dua rekaat"[HR. Nasai]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَقْرَأُ فِى اْلمَغْرِبِ قُلْ
يَا أَيـُّهَا اْلكَافِرُوْنَ، وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ. ابن ماجه
Dari Ibnu Umar, ia berkata : "Adalah Nabi SAW pernah membaca di dalam shalat Maghrib Qulyaa ayyuhal kaafirun dan Qul huwalloohu ahad" [HR. Ibnu Majah]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيَّ ص يَقْرَأُ فِى الظُّهْرِ
باللَّيْلِ اِذَا يَغْسَى وَ فِى اْلعَصْرِ نَحْوَ ذلِكَ وَ فِى
الصُّبْحِ اَطْوَلَ مِنْ ذلِكَ. مسـلم
Dari Jabir bin Samurah, ia berkata : "Adalah Nabi SAW pernah membaca di dalam shalat Dhuhur dengan Wallaili idzaa yaghsyaa, dan di dalam shalat 'Ashar seperti itu juga. Sedang di dalam shalat Shubuh, beliau membaca yang lebih panjang dari itu" [ H.R. Muslim, juz I : 337]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: صَلَّى مُعَاذٌ بِاَصْحَابِهِ
الْعِشَاءَ، فَطَوَّلَ عَلَيْهِمْ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اَتــُرِيْدُ
اَنْ تَكُوْنَ يَا مُعَاذُ فَتَّانًا ؟ اِذَا اَمَمْتَ النَّاسَ فَاقْرَأْ
بِالشَّمْسِ وَ ضُحَاهَا. وَ سَبِّح اسْمَ رَبـِّكَ اْلاَعْلَى. وَ اقْرَأْ
بِاسْمِ رَبــِّكَ، وَالَّيـْلِ اِذَا يَغْشَى. متفق عليه و اللفظ لمسلم
Dari
Jabir bin Abdullah, ia berkata : "Mu'adz pernah shalat 'Isyak bersama
shahabat-shahabatnya, maka ia membaca surat yang panjang. Lalu Nabi SAW
bersabda, "Ya Mu'adz apakah kamu hendak menjadi tukang penyusah ?
Apabila engkau mengimami orang banyak, maka bacalah surat Wasy syamsi wa dluhaahaa, atau Sabbihisma rabbikal a'laa, atau Iqra' bismirabbika, atau wallaili idzaa yaghsyaa".
[HR. Bukhari dan Muslim dan lafadz ini bagi Muslim],
عَنْ
اَبِى هُرَيـْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا اَمَّ اَحَدُكُمُ
النَّاسَ فَلـْيُخَفِّفْ فَإِنَّ فِيْهِمُ الصَّغِيْرَ وَ اْلكَبِيْرَ
وَالضَّعِيْفَ وَاْلمَرِيـْضَ.فَإِذَا صَلَّى وَحْدَهُ فَلْـيُصَلِّ كَيْفَ
شَاءَ. مسـلم.
Dari
Abu Hurairah ia berkata, Sesungguhnya Nabi SAW pernah bersabda, "Apabila
salah seorang diantara kalian mengimami orang banyak, maka hendaklah ia
ringankan. Karena diantara mereka ada anak kecil, orang tua, orang yang
lemah dan orang yang sakit. Dan apabila ia shalat sendirian maka
bolehlah dia shalat bagaimana saja ia kehendaki".
[HR. Muslim Juz I, hal 341].
عَنْ
اَبِى مَسْعُوْدٍ اَلاَنــْصَارِيِّ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ اِلَى رَسُوْلِ
اللهِ ص فَقَالَ: اِنِّى لأَتـَأَخَّرُ عَنْ صَلاَةِ الصُّبْحِ مِنْ اَجْلِ
فُلاَنٍ مِمَّا يُـطِيْلُ بِنَا. فَمَا رَأَيـْتُ النَّبِيَّ ص غَضِبَ فِى
مَوْعِظَةٍ قَطُّ اَشَدُّ مِمَّا غَضِبَ يَـوْمَئِذٍ فَقَالَ: يَا
اَيــُّهَا النَّاسُ اِنَّ مِنْكُمْ مُنَـفِّرِيـْنَ فَأَيــُّكُمْ اَمَّ
النَّاسَ فَلْـيُوْجِزْ. فَإِنَّ مِنْ وَرَاءِهِ اْلكَبِيْرَ وَالضَّعِيْفَ
وَ ذَا اْلحَاجَةِ. مسـلم
Dari
Abu Mas'ud Al-Anshari, ia berkata, "Seorang laki-laki datang kepada
Rasulullah SAW lalu berkata, "Sesungguhnya saya kesiangan karena shalat
Shubuh (yang diimami) si fulan yang membaca panjang (dalam shalat
tersebut)". Maka saya (Abu Mas'ud) sama sekali tidak pernah melihat Nabi
SAW marah yang lebih marah dalam menasehati dari pada hari itu. Lalu
beliau bersabda, "Wahai para manusia, sesungguhnya ada orang yang
membuat lari diantara kamu sekalian. Maka siapa yang mengimami orang
banyak, hendaklah meringankan, karena di belakang-nya itu ada orang yang
tua, lemah dan ada orang yang mempunyai keperluan". [HR. Muslim Juz I, hal 340].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar