Salam

Salam

Selasa, 17 Desember 2013

Shalat (ke-8)

Dilarang Berkata-kata
 
عَنْ زَيـْدِ بْـنِ اَرْقَمَ قَالَ: كُنَّا نَتَكَلَّمُ فِى الصَّلاَةِ. يَتَكَلَّمُ الرَّجُلُ مِنَّا صَاحِبَهُ وَ هُوَ اِلىَ جَنْبِهِ فِى الصَّلاَةِ حَتَّى نَزَلَتْ: وَقُوْمُوْا ِللهِ قَانِـتِـيْنَ. فَاُمِرْنَا بِالسُّكُوْتِ وَنُـهِـيْنَا عَنِ اْلكَلاَمِ. الجماعة الا ابن ماجه
 
Dari Zaid bin Arqam, ia berkata : "Kami dahulu biasa berkata-kata di dalam shalat, yaitu orang berkata-kata dengan temannya yang disebelahnya di dalam shalat, hingga turun ayat (yang artinya) : "Kerjakanlah shalat karena Allah dengan tunduk (diam)". [QS. Al-Baqarah : 238]. Setelah itu, kami diperintahkan supaya diam, dan kami dilarang berkata-kata". [HR. Jama'ah kecuali Ibnu Majah]
 
قَالَ ابْنُ عُمَرَ: قُلْتُ لِبِلاَلٍ، كَيْفَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَرُدُّ عَلَيْهِمْ حِيْنَ كَانُوْا يُسَلِّمُوْنَ عَلَيْهِ وَهُوَ فِى الصَّلاَةِ ؟ قَالَ: يُشِيْرُ بِيَدِهِ. ابو داود.
 
Ibnu Umar telah berkata : Saya pernah bertanya kepada Bilal : "Bagaimana Rasulullah SAW menjawab salam sewaktu shahabat-shahabatnya memberi salam kepadanya, ketika beliau sedang shalat ?" Bilal menjawab : "Rasulullah SAW membalas salam itu dengan isyarat tangannya". [HSR Abu Dawud].
 
قَالَ ابْنُ مَسْعُوْدٍ: كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص وَهُوَ فِى الصَّلاَةِ فَيَرُدُّ عَلَيْنَا. فَلَمَّا رَجَعْنَا مِنْ عِنْدِ النَّجَاشِيِّ. سَلَّمْنَا عَلَيْهِ فَلَمْ يَرُدُّعَلَيْنَا. فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كُنَّا نُسَلِّمُ عَلَيْكَ فِى الصَّلاَةِ فَتَرُدُّ عَلَيْنَا. فَقَالَ: اِنَّ فِى الصَّلاَةِ لَشُغْلاً. البخارى.
 
Telah berkata Ibnu Mas'ud : "Kami dahulu biasa memberi salam kepada Rasulullah SAW, sedang beliau di dalam shalat, dan beliau membalas salam itu kepada kami. Tetapi setelah kami kembali dari (raja) Najasyi (Ethiopia), kami memberi salam kepada beliau, maka Rasulullah SAW tidak menjawab salam itu. Lalu kami bertanya : "Ya Rasulullah ! Dahulu kami memberi salam kepadamu ketika engkau shalat dan engkau mau membalas kepada kami". Maka jawab Rasullah SAW : "Sesungguhnya di dalam shalat itu ada pekerjaan (yang khusus)". [HSR Bukhari]
 
Dilarang Menoleh
 
قَالَتْ عَائِشَةُ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ اْلاِلْتِفَاتِ فِى الصَّلاَةِ، فَقَالَ: اِخْتِلاَسٌ يَخْتَلِسُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ اْلعَبْدِ. البخارى.
Telah berkata Aisyah : "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW dari hal menoleh di dalam shalat, maka jawab beliau : "(Menoleh itu) satu copetan yang dicopetkan oleh syaithan dari seorang hamba Allah". [HSR Bukhari]
عَنْ اَبِى ذَرٍّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لاَ يَزَالُ اللهُ مُقْبِلاً عَلَى اْلعَبْدِ فِى صَلاَتِهِ مَا لمَْ يَلْتَفِتْ فَاِذَا صَرَفَ وَجْهَهُ انْصَرَفَ عَنْهُ. احمد و النسائى وابو داود.
Dari Abu Dzarr, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda : "Allah senantiasa menghadap kepada hamba-Nya di dalam shalatnya, selama hamba itu tidak menoleh. Maka apabila hamba itu memalingkan wajahnya, Allah pun berpaling darinya". [HR Ahmad, Nasai dan Abu Dawud]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: قَالَ لِى رَسُوْلُ اللهِ ص: اِيـَّاكَ وَاْلاِلْتِفَاتَ فِى الصَّلاَةِ فَاِنَّ اْلاِلْتِفَاتَ فِى الصَّلاَةِ هَلَكَةٌ فَاِنْ كَانَ لاَ بُدَّ فَفِى التَّطَوُّعِ لاَ فِى اْلفَرِيْضَةِ. الترمذى.
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda kepadaku : "Jauhkanlah dirimu dari menoleh di dalam shalat karena sesungguhnya menoleh didalam shalat itu suatu kebinasaan. Adapun kalau terpaksa menoleh, maka boleh di dalam shalat sunnah, tidak di dalam shalat wajib". [HSR Tirmidzi]
Dilarang Melihat ke atas
 
عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيَنْتَهِيَنَّ اَقْوَامٌ يَرْفَعُوْنَ اَبْصَارَهُمْ اِلىَ السَّمَاءِ فِى الصَّلاَةِ اَوْ لاَ تَرْجِعُ اِلَيْهِمْ. مسلم.
 
Dari Jabir bin Samurah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : "Hendaklah orang-orang itu menghentikan perbuatannya memandang ke langit di dalam shalat, atau (kalau tidak mau), pandangannya tidak akan kembali lagi kepada mereka (mereka akan buta)". [HR Muslim]
 
عَنْ اَنـَسٍ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا بَالُ اَقْوَامٍ يَرْفَعُوْنَ اَبْصَارَهُمْ اِلىَ السَّمَاءِ فِى صَلاَتِهِمْ فَاشْتَدَّ قَوْلُهُ فِى ذلِكَ حَتَّى قَالَ: لَيَنْتَـهُنَّ اَوْ لَـتُخـْطَفَنَّ اَبْصَارُهُمْ. الجماعة الا مسلما و الترمذى.
 
Dari Anas, dari Nabi SAW, beliau bersabda : "Bagaimana orang-orang itu mengangkat pandangannya ke langit di dalam shalat mereka". Dan Rasulullah SAW mengingatkan mereka dengan keras, hingga beliau bersabda : "Sungguh, mereka mau berhenti atau akan dihilangkan penglihatan mereka". [HR  Jamaah kecuali Muslim dan Tirmidzi]
 
Dilarang Meludah ke depan
 
عَنْ اَنــَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا كَانَ اَحَدُكُمْ فِى الصَّلاَةِ فَاِنَّهُ يُنَاجِى رَبـَّهُ فَلاَ يَبْصُقَنَّ بَيْنَ يَدَيـْهِ وَلاَ عَنْ يَمِيْنِهِ. وَلكِنْ عَنْ شِمَالِهِ تَحْتَ قَدَمِهِ. متفق عليه. وَفـِى رِوَايَةٍ اَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ.
 
Dari Anas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Apabila salah seorang di antara kalian sedang shalat, maka sesungguhnya ia sedang bercakap-cakap dengan Tuhannya. Maka janganlah ia meludah di depannya dan jangan pula di kanannya, tetapi (boleh) di kirinya di bawah tapak kakinya". [H.R.Muttafaq 'alaih] Dan dalam satu riwayat : Atau di bawah tapak kakinya.
 
Sabda Nabi SAW :
 
قَالَ النَّبِيُّ ص: اِذَا تَنَخَّمَ اَحَدُكُمْ فَلاَ يَتَنَخَّمَنَّ قِبَلَ وَجْهِهِ وَلاَ عَنْ يَمِيْنِهِ وَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ اَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ اْليُسْرَى. البخارى.
 
Nabi SAW bersabda : "Apabila seorang dari pada kamu hendak meludah, maka janganlah ia meludah ke hadapan atau ke kanannya, tetapi hendaklah ia meludah ke kirinya, atau di bawah kakinya yang kiri" [HSR Bukhari]
 
قَالَ اَنــَسٌ: قَالَ النَّبِيُّ ص: اِذَا قَامَ اَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلاَ يَبْزُقَنَّ قِبَلَ قِبْلَتِهِ وَلكِنْ عَنْ يَسَارِهِ اَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ ثُمَّ اَخَذَ النَّبِيُّ طَرَفَ رِدَائِهِ فَبَصَقَ فِيْهِ وَرَدَّ بَعْضَهُ عَلَى بَعْضٍ فَقَالَ: اَوْ يَفْعَلُ هكَذَا. البخارى و مسلم.
 
Telah berkata Anas, Nabi SAW telah bersabda : "Apabila seorang dari pada kamu berdiri shalat, maka janganlah ia meludah ke pihak Qiblat, tetapi (boleh) ke kiri atau ke bawah kaki"; kemudian Nabi mengambil ujung selendangnya, lalu ia meludah padanya, lantas ia gosokkan, sambil berkata : "Atau ia berbuat begini". [HSR Bukhari dan Muslim]
 
Dilarang Meniup diwaktu Sujud
 
قَالَ زَيــْدُ بْنُ ثَابِتٍ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ النَّفْخِ فِى السُّجُوْدِ وَعَنِ النَّفْخِ فِى الشَّرَابِ. الطبرانى.
 
Telah berkata Zaid bin Tsabit : Rasulullah SAW telah melarang (kita) meniup di dalam sujud dan meniup di minuman" [HR  Thabarani]
 
قَالَ اَبـُوْ هُرَيــْرَةَ: كَرِهَ النَّبِيُّ ص اَنْ يَنْفُخَ بَيْنَ يَدَيـْهِ فِى الصَّلاَةِ اَوْ فِى شَرَابِهِ. الطبرانى.
 
Telah berkata Abu Hurairah : "Nabi SAW tidak suka meniup ke hadapannya di dalam shalat atau di minumannya" [H.R. Thabarani]
 
Dilarang Menahan Kencing dan Berak Ketika Akan Shalat
 
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: لاَ صَلاَةَ بِحَضْرَةِ طَعَامٌ، وَلاَ وَهُوَ يُدَافِعُهُ اْلأَخْبَثَانِ. مسلم.
 
Dari 'Aisyah RA ia berkata, : Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Tidak (sempurna) shalat dihadapan makanan, atau dia menahan kencing maupun berak". [HR  Muslim].
 
Dilarang Menyapu Pasir yang Melekat di Dahi
 
عَنْ اَبِى ذَرٍّ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَامَ اَحَدُكُمْ فِى الصَّلاَةِ فَلاَ يَمْسَحِ اْلحَصَى فَاِنَّ الرَّحْمَةَ تُوَجِّهُهُ، رواه الخمسة باسناد صحيح. وَزَادَ اَحْمَدُ: وَاحِدَةً اَوْدَعْ.

 
Dari Abu Dzarr RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Apabila seseorang diantara kamu berdiri dalam shalat janganlah ia menyapu pasir, karena rahmat sedang menghadapinya". [HR. Khamsah] Ahmad menambahkan : "(Boleh mengusap) sekali saja atau biarkanlah".

Menguap Ketika Shalat
 
عَنْ اَبِى هُرَيـْرَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَلتَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَاِذَا تَثَاءَبَ اَحَدُكُمْ فَلْيَكْظِمْ مَااسْتَطَاعَ. رواه مسلم والترمذى. وَزَادَ فِى الصَّلاَةِ.
 
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW pernah bersabda : "Menguap itu dari gangguan syetan, maka apabila salah seorang diantara kamu menguap hendaklah ia menahannya semampunya". [HR. Muslim dan Tirmidzi]. Dan Tirmidzi menambahkan "(Menguap) di dalam shalat".
 
Boleh Membunuh Ular dan Sebagainya
 
عَنْ اَبِى هُرَيــْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اَمَرَ بِقَتْلِ اْلاَسْوَدَيـْنِ فِى الصَّلاَةِ، اَلـْعَقْرَبِ وَاْلحَيَّةِ. الخمسة وصححه الترمذى.
 
Dari Abu Hurairah, ia berkata : "Sesungguhnya Nabi SAW menyuruh supaya membunuh dua binatang hitam di dalam shalat, yaitu kala jengking dan ular" [HR Khomsah, dishahihkan oleh Tirmidzi]
 
Membukakan Pintu di Dalam Shalat
 
قَالَتْ عَائِشَةُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُصَلِّى فِى اْلبَيْتِ وَاْلبَابُ عَلَيْهِ مُغْلَقٌ، فَجِئْتُ فَاسْتَفْتَحْتُ فَمَشَى حَتَّى فَتَحَ لِى ثُمَّ رَجَعَ اِلَى مَقَامِهِ، وَوَصَفَتْ اَنَّ اْلبَابَ فِى اْلقِبْلَةِ. الترمذى و ابو داود.
 
Telah berkata 'Aisyah : "Rasulullah SAW pernah shalat di dalam rumah dan pintunya tertutup, lalu saya datang dan minta dibukakan pintu, maka Rasulullah SAW berjalan hingga ia membukakan pintu bagi saya, kemudian ia kembali ke tempat shalat". Dan Aisyah mensifatkan, bahwa pintu itu diarah Qiblat. [HR  Tirmidzi, Abu Dawud]
 
Jika Akan Shalat Terasa Ngantuk, Hendaklah Tidur Dulu.
 
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا نَعِسَ اَحَدُكُمْ فَلْيـَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ، فَاِنَّهُ اِذَا صَلَّى وَهُوَ يَنْعَسُ لَعَلَّهُ يَذْهَبُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُّبَ نَفْسَهُ. احمد.
 
Dari 'Aisyah RA, dari Nabi SAW beliau bersabda : "Apabila seseorang diantara kamu mengantuk, maka tidurlah dulu hingga hilang rasa ngantuk darinya. Karena jika dia shalat padahal ngantuk, boleh jadi ia hendak memohon ampun, padahal ia mencaci dirinya sendiri". [HR. Ahmad].
[Bersambung ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar