Mandi janabat dan hal-hal yang berhubungan dengannya
Mandi janabat adalah mandi yang disyaritakan oleh agama bagi orang yang berhadats besar apabila mereka akan shalat.
Hal-hal yang termasuk hadats besar dan wajib mandi atanya
a. Sehabis bersetubuh, baik keluar mani maupun tidak.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا
اْلاَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ عَلَيْهِ اْلغُسْلُ . احمد و
البخارى و مسلم. و لمسلم و احمد: وَ اِنْ لَمْ يُنْزِلْ. فى نيل الاوطار
1:259
Dari
Abu Hurairah dari Nabi SAW beliau bersabda, “Apabila (seorang diantara
kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki dan dua
tangannya) kemudian mereka menyetubuhinya, maka sungguh telah wajib
mandi atasnya”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim] Dan dalam riwayat Muslim dan Ahmad, ada tambahan, “Meskipun ia tidak keluar mani”. Dalam Nailul Authar juz 1, hal. 259.
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَعَدَ بَيْنَ
شُعَبِهَا اْلاَرْبَعِ ثُمَّ مَسَّ اْلخِتَانُ اْلخِتَانَ فَقَدْ وَجَبَ
اْلغُسْلُ. احمد و مسلم و الترمذى و صححه و لفظه. اِذَا جَاوَزَ اْلخِتَانُ
اْلخِتَانَ وَجَبَ اْلغُسْلُ. نيل الاوطار 1:260
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila (seseorang
diantara kamu) duduk antara anggota badan wanita yang empat (dua kaki
dan dua tangannya), kemudian khitan menyentuh khitan, maka sungguh telah
wajib mandi”. [HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya] Adapun lafadh Tirmidzi : “Apabila khitan melewati khitan, maka wajib mandi”.[HR. Tirmidzi I : 73] (Dlam.Nailul Authar I : 260)
عَنْ
عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ ص قَالَتْ: اِنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُوْلَ
اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يُجَامِعُ اَهْلَهُ يُكْسِلُ. هَلْ عَلَيْهِمَا
اْلغُسْلُ؟ وَ عَائِشَةُ جَالِسَةٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنِّى َلاَ
اَفْعَلُ ذلِكَ اَنَا وَهذِهِ. ثُمَّ نَغْتَسِلُ. مسلم: 1:272
Dari
‘Aisyah RA istri Nabi SAW, ia berkata : Sesungguhnya ada seorang
laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW tentang orang laki-laki yang
mengumpuli istrinya, tetapi ia tidak keluar mani. Apakah keduanya wajib
mandi ?. Pada waktu itu ‘Aisyah sedang duduk (di dekat Nabi SAW). Maka
Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya aku pernah melakukannya yang
demikian itu, aku dengan istriku ini, kemudian kami mandi”. [Muslim I :
272]
b.Mengeluarkan mani sebab mimpi dan lain-lain
عَنْ
عَلِيًّ رض قَالَ: كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ ص
فَقَالَ: فِى اْلمَذِيِّ اْلوُضُوْءُ وَ فِى اْلمَنِيِّ اْلغُسْلُ. احمد و
الترمذى و ابن ماجه
Dari
Ali RA, ia berkata : Aku adalah seorang laki-laki yang banyak
mengeluarkan madzi. Maka aku bertanya kepada Nabi SAW tentang hal itu.
Nabi SAW menjawab, “Madzi hanya mewajibkan wudlu, dan (keluar) mani
mewajibkan mandi”. [HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah]
عَنْ
خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ اَنَّهَا سَأَلَتِ النَّبِيَّ ص عَنِ
اْلمَرْأَةِ تَرَى فِى مَنَامِهَا مَا يَرَى الرَّجُلُ، فَقَالَ: لَيْسَ
عَلَيْهَا غُسْلٌ حَتَّى تُنْزِلَ كَمَا اَنَّ الرَّجُلَ لَيْسَ عَلَيْهِ
غُسْلٌ حَتَّى يُنْزِلَ. احمد فى نيل الاوطار 1:262
Dari
Khaulah binti Hakim, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Nabi SAW
tentang wanita yang bermimpi sebagaimana orang laki-laki bermimpi, maka
jawab Nabi SAW, “Wanita itu tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani,
sebagaimana laki-laki juga tidak wajib mandi sehingga ia keluar mani”. [HR. Ahmad, di dalam Nailul Authar I : 262]
عَنْ
خَوْلَةَ بِنْتِ حَكِيْمٍ قَالَتْ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص عَنِ
اْلمَرْأَةِ تَحْتَلِمُ فِى مَنَامِهَا، فَقَالَ: اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ
فَلْتَغْتَسِلْ. النسائى
Dari
Khaulah binti Hakim, ia berkata : Saya pernah bertanya kepada Rasulullah
SAW tentang wanita yang bermimpi dalam tidurnya, maka jawab Rasulullah
SAW, “Apabila wanita itu melihat air (mani) hendaklah ia mandi”. [HR. Nasai I : 115]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ الرَّجُلِ يَجِدُ
اْلبَلَلَ وَ لاَ يَذْكُرُ احْتِلاَمًا، فَقَالَ: يَغْتَسِلُ. وَ عَنِ
الرَّجُلِ يَرَى اَنْ قَدِ احْتَلَمَ وَ لاَ يَجِدُ اْلبَلَلَ، فَقَالَ:
لاَ غُسْلَ عَلَيْهِ. فَقَالَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ: آلْمَرْأَةُ تَرَى ذلِكَ
عَلَيْهَا اْلغُسْلُ؟ قَالَ: نَعَمْ. اِنَّمَا النِّسَاءُ شَقَائِقُ
الرِّجَالِ. الخمسة الا النسائى، فى نيل الاوطار 1:263
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang
laki-laki yang mendapati basah (keluar mani) tetapi ia tidak ingat bahwa
ia bermimpi, maka jawab Rasulullah SAW, “(Orang itu wajib) mandi”. Dan
Rasulullah SAW pernah ditanya tentang orang laki-laki yang bermimpi
tetapi tidak mendapati basahan mani, maka jawab Rasulullah SAW, “Tidak
wajib mandi atasnya”. Kemudian Ummu Sulaim bertanya (kepada Rasulullah
SAW), “Orang wanita kalau mimpi yang demikian itu apakah juga wajib
mandi ?”. Jawab Rasulullah SAW, “Ya, hanyasanya wanita itu saudaranya
laki-laki”. [HR. Khamsah, kecuali Nasai, dalam Nailul Authar I : 263]
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: جَاءَتْ اُمُّ سُلَيْمٍ اِلَى النَّبِيِّ ص
فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ اللهَ لاَ يَسْتَحْيِى مِنَ
اْلحَقِّ، فَهَلْ عَلَى اْلمَرْأَةِ مِنْ غُسْلٍ اِذَا احْتَلَمَتْ،
فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: نَعَمْ اِذَا رَأَتِ اْلمَاءَ. فَقَالَتْ اُمُّ
سَلَمَةَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَ تَحْتَلِمُ اْلمَرْأَةُ؟ فَقَالَ:
تَرِبَتْ يَدَاكِ، فَبِمَ يُشَبِّهُهَا وَلَدُهَا؟ مسلم 1:251
Dari
Ummu Salamah, ia berkata : Ummu Sulaim pernah datang kepada Nabi SAW.
(Ummu Sulaim) berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu
menerangkan kebenaran. Apakah wanita wajib mandi apabila ia mimpi basah
?”. Maka jawab Rasulullah SAW, “Ya, apabila ia melihat air (mani)”. Ummu
Salamah bertanya, “Apakah wanita juga bermimpi (keluar mani) ?”.
Rasulullah SAW bersabda, “Berdebu kedua tanganmu, (kalau tidak
mengelurakan mani) dengan apa anaknya itu menyerupainya ?”. [HR. Muslim I : 251]
c. Wanita setelah selesai haidl dan hendak shalat
عَنْ
عَائِشَةَ رض اَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ اَبِى حُبَيْشٍ كَانَتْ تُسْتَحَاضُ
فَسَأَلَتِ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: ذلِكَ عِرْقٌ وَ لَيْسَتْ بِاْلحَيْضَةِ.
فَاِذَا اَقْبَلَتِ اْلحَيْضَةُ فَدَعِى الصَّلاَةَ، فَاِذَا اَدْبَرَتْ
فَاغْسِلِى وَ صَلِّى. البخارى
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Sesungguhnya Fathimah binti Abu Hubaisy
menderita istihadhah, lalu ia bertanya kepada Nabi SAW. Maka Nabi SAW
bersabda, “Yang demikian itu adalah (gangguan) urat, bukan darah haidl.
Karena itu apabila datang haidl, tinggalkanlah shalat dan apabila sudah
selesai (haidl itu), mandilah dan shalatlah”. [HR. Bukhari, Nailul Authar I : 265]
d. Wanita sehabis nifas
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: كَانَ النُّفَسَاءُ تَقْعُدُ عَلَى عَهْدِ
النَّبِيِّ ص بَعْدَ نِفَاسِهَا اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا. الخمسة الا النسائى و
اللفظ لابى داود
Dari
Ummu Salamah, ia berkata, “Wanita-wanita yang nifas pada zaman Nabi SAW
tidak shalat setelah melahrikan selama empat puluh hari”. [HR. Khamsah, kecuali Nasai dan lafadh itu bagi Abu Dawud]
قَالَ
النَّبِيُّ ص: تَنْتَظِرُ النُّفَسَاءُ اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا اِلاَّ اَنْ
تَرَى الطُّهْرَ قَبْلَ ذلِكَ فَاِنْ بَلَغَتْ اَرْبَعِيْنَ يَوْمًا وَ
لَمْ تَرَ الطُّهْرَ فَلْتَغْتَسِلْ. ابن عدى
Nabi
SAW bersabda, “Wanita yang nifas itu perlu menunggu empat puluh hari,
kecuali kalau ia bersih sebelumnya. Maka jika sudah empat puluh hari,
tetapi belum juga berhenti, hendaklah ia mandi”. [HR. Ibnu ‘Adi]
Kaifiyat/cara mandi janabat
a. Bagi laki-laki, wajib meratakan air ke seluruh tubuh.
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا اغْتَسَلَ مِنَ
اْلجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ ثُمَّ يُفْرِغُ بِيَمِيْنِهِ
عَلَى شِمَالِهِ فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوْءَهُ
لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يَأْخُذُ اْلمَاءَ فَيُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اُصُوْلِ
الشَّعَرِ حَتَّى اِذَا رَأَى اَنْ قَدِ اسْتَبْرَأَ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ
ثَلاَثَ حَفَنَاتٍ ثُمَّ اَفَاضَ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ ثُمَّ غَسَلَ
رِجْلَيْهِ. مسلم 1:253
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW apabila mandi janabat,
beliau memulai dengan mencuci dua tangannya. Kemudian beliau menuangkan
air dengan tangan kanannya pada tangan kirinya, lalu mencuci
kemaluannya. Kemudian beliau berwudlu seperti wudlu untuk shalat, lalu
mengambil air (dengan tangan) dan memasukkan jari-jari beliau itu pada
pangkal-pangkal rambut, sehingga apabila dirasanya sudah merata, barulah
beliau menyiram kepala beliau tiga kali dengan kedua tangan. Kemudian
beliau menyiram seluruh tubuhnya, lalu mencuci kedua kaki beliau”. [HR. Muslim I : 253]
عَنْ
عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ ص اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا اغْتَسَلَ
مِنَ اْلجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا
يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يُدْخِلُ اَصَابِعَهُ فِى اْلمَاءِ
فَيُخَلِّلْ بِهَا اُصُوْلَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ
غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيْضُ اْلمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ.
البخارى 1:68
Dari
‘Aisyah istri Nabi SAW, ia berkata, bahwasanya Nabi SAW apabila mandi
janabat baliau mulai dengan membasuh kedua tangan beliau, kemudian
berwudlu sebagaimana beliau wudlu untuk shalat, kemudian memasukkan
jari-jari beliau ke dalam air, lalu meratakannya dengan jari-jari beliau
ke pangkal-pangkal rambut. Kemudian beliau menuangkan pada kepala
beliau tiga kali cedukan dengan kedua tangan beliau, lalu menyiramkan
air pada seluruh kulit (badan) beliau”. [HR. Bukhari I : 68]
b. Bagi wanita.
* Bagian kepala cukup dengan disiram tiga kali, tanpa harus membuka sanggul rambutnya.
* Kemudian menyiramkan air ke seluruh tubuh hingga rata.
عَنْ
اُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنِّى امْرَأَةٌ
اَشَدُّ ضَفْرَ رَأْسِيْ اَفَاَنْقُضُهُ لِغُسْلِ اْلجَنَابَةِ؟ قَالَ:
لاَ، اِنَّمَا يَكْفِيْكَ اَنْ تَحْثِى عَلَى رَأْسِكَ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ
ثُمَّ تُفِيْضِيْنَ عَلَيْكَ اْلمَاءَ فَتَطْهُرِيْنَ. الجماعة الا
البخارى، فى نيل الاوطار 1:291
Dari
Ummu Salamah, ia berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya
Rasulullah, saya adalah seorang wanita yang memintal (nglabang) rambut
saya, oleh karena itu apakah saya harus membukanya untuk mandi janabat
?”. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak, cukup bagimu hanya dengan menyiram
kepalamu tiga kali siraman, kemudian kamu menyiramkan air ke seluruh
tubuhmu. Dengan begitu kamu sudah bersih”. [HR. Jama’ah, kecuali Bukhari, dalam Nailul Authar I : 291]
عَنْ
عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عُمَيْرٍ قَالَ: بَلَغَ عَائِشَةَ اَنَّ عَبْدَ اللهِ
بْنَ عَمْرٍو يَأْمُرُ النِّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ اَنْ يَنْقُضْنَ
رُءُوْسَهُنَّ، فَقَالَتْ: يَا عَجَبًا ِلاِبْنِ عَمْرٍو وَ هُوَ يَأْمُرُ
النِّسَاءَ اِذَا اغْتَسَلْنَ بِنَقْضِ رُءُوْسِهِنَّ اَوَ مَا
يَأْمُرُهُنَّ اَنْ يَحْلِقْنَ رُءُوْسَهُنَّ. لَقَدْ كُنْتُ اَغْتَسِلُ
اَنَا وَ رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ اِنَاءٍ وَاحِدٍ وَ مَا اَزِيْدُ عَلَى
اَنْ اُفْرِغَ عَلَى رَأْسِيْ ثَلاَثَ اِفْرَاغَاتٍ. احمد و مسلم، فى نيل
الاوطار 1:292
Dari
‘Ubaidillah bin ‘Umair, ia berkata, “Telah sampai khabar kepada ‘Aisyah
RA bahwasanya ‘Abdullah bin ‘Amr menyuruh para wanita apabila mandi
supaya membuka (sanggul) rambutnya. Maka ‘Aisyah RA berkata, “Saya heran
kepada Ibnu ‘Amr, dia menyuruh para wanita bila mandi supaya membuka
(sanggul) rambutnya. Mengapa di atidak menyuruh para wanita untuk
mencukur rambutnya saja ?. Sungguh saya pernah mandi bersama Rasulullah
SAW dari satu bejana, sedang saya tidak lebih menyiram pada kepala saya
dari tiga kali cedukan”. [HR. Ahmad dan Muslim, dalam Nailul Authar I : 292]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar