Salam

Salam

Selasa, 17 Desember 2013

Shalat (ke-5)

Jarak antara Adzan dan Iqamah.
 
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص: بَيْنَ كُلّ اَذَانَيْنِ صَلاَةٌ بَيْنَ كُلّ اَذَانَيْنِ صَلاَةٌ. ثُمَّ قَالَ فِى الثَّالِثَةِ: لِمَنْ شَاءَ. البخارى
 
Dari 'Abdullah bin Mughaffal, ia berkata : Nabi SAW bersabda, "Diantara setiap dua adzan (adzan dan iqamah) ada shalat, diantara dua adzan ada shalat". Kemudian beliau bersabda pada yang ketiganya, "Bagi siapa yang mau". [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ اْلمُؤَذّنُ اِذَا اَذَّنَ قَامَ نَاسٌ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِيّ ص يَبْتَدِرُوْنَ السَّوَارِيَ حَتَّى يَخْرُجَ النَّبِيُّ ص وَ هُمْ كَذٰلِكَ يُصَلُّوْنَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ اْلمَغْرِبِ وَ لَمْ يَكُنْ بَيْنَ اْلاَذَانِ وَ اْلإِقَامَةِ شَيْءٌ. قَالَ شُعْبَةُ: لَمْ يَكُنْ بَيْنَهُمَا اِلاَّ قَلِيْلٌ. البخارى
Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Apabila muadzin telah selesai adzan, maka para shahabat Nabi SAW menuju ke pilar-pilar masjid (untuk shalat sunnah) sampai Nabi SAW keluar dan dengan cara begitu mereka shalat dua rekaat sebelum shalat Maghrib. Tidaklah diantara adzan dan iqamah itu sesuatu (waktu yang lama)". Syu'bah berkata, "Tidaklah ada diantara keduanya kecuali waktu yang sebentar". [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا سَكَتَ اْلمُؤَذّنُ بِاْلأُوْلَى مِنْ صَلاَةِ اْلفَجْرِ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيْفَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ اْلفَجْرِ بَعْدَ اَنْ يَسْتَبِيْنَ اْلفَجْرُ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقّهِ اْلاَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ اْلمُؤَذّنُ لِلإِقَامَةِ. البخارى
 
Dari 'Aisyah RA, ia berkata, "Apabila muadzin telah selesai adzan Shubuh maka Rasulullah SAW shalat ringan lebih dahulu dua rekaat sesudah terbit fajar. Setelah itu beliau berbaring pada lambung kanan beliau sampai datang muadzin kepada beliau memberitahukan hendak iqamat untuk shalat. [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
Adzan sebelum dan setelah waktu Shubuh.
 
عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يَغُرَّنَّكُمْ مِنْ سَحُوْرِكُمْ اَذَانُ بِلاَلٍ. وَ لاَ بَيَاضُ اْلاُفُقِ اْلمُسْتَطِيْلِ هٰكَذَا حَتَّى يَسْتَطِيْرُ هٰكَذَا (يَعْنِى مُعْتَرِضًا). مسلم
 
Dari Samurah bin Jundab, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Jangan sekali-kali adzannya Bilal itu menipu kalian dari sahur kalian, dan jangan pula putihnya ufuq yang tegak seperti ini menipu kalian, sehingga ufuq itu melintang begini". [HR. Muslim juz , hal. ]
 
عَنْ عَائِشَةَ وَ ابْنِ عُمْرَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِنَّ بِلاَلاً يُؤَذّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوْا وَ اشْرَبُوْا حَتَّى يُؤَذّنُ ابْنُ اُمّ مَكْتُوْمٍ. احمد و البخارى و مسلم، قى نيل الاوطار :
 
Dari 'Aisyah dan Ibnu 'Umar RA, bahwa Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya Bilal adzan diwaktu malam, karena itu makanlah dan minumlah sehingga Ibnu Ummi Maktum adzan". [HR. Ahmad, Bukhar dan Muslim, dalam Nailul Authar juz, hal. ]
 
و لاحمد و البخارى: فَاِنَّهُ لاَ يُؤَذّنُ حَتَّى يَطْلُعَ اْلفَجْرُ.
 
Dan bagi Ahmad dan Bukhari dikatakan, "Karena sesungguhnya Ibnu Ummi Maktum tidak adzan sehingga fajar telah terbit".
Keterangan :
Waktu Shubuh itu ialah apabila sudah terbit ufuq yang melintang, bukan ufuq yang tegak berdiri. Dan ufuq yang melintang itulah disebut "fajar shadiq" dan disebut juga "fajar kedua" atau "mustathir". Adapun "mustathil" (yang tegak) adalah fajar kadzib, yang bentuknya seperti ekor serigala.
 
Menjawab (menirukan) Adzan ketika mendengarnya.
 
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اِذَا سَمِعْتُمُ النّدَاءَ فَقُوْلُوْا مِثْلَ مَا يَقُوْلُ اْلمُؤَذّنُ. الجماعة
 
Dari Abu Sa'id, sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Apabila kamu mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzin itu". [HR. Jama'ah]
 
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا قَالَ اْلمُؤَذّنُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ، فَقَالَ اَحَدُكُمْ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. ثُمَّ قَالَ: اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ. قَالَ: اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ. ثُمَّ قَالَ: اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. قَالَ: اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ. ثُمَّ قَالَ: حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ. قَالَ: لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ. ثُمَّ قَالَ: حَيَّ عَلَى اْلفَلاَحِ. قَالَ: لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ. ثُمَّ قَالَ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. قَالَ: اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. ثُمَّ قَالَ: لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ. قَالَ: لاَ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ مِنْ قَلْبِهِ دَخَلَ اْلجَنَّةَ. ابو داود
 
Dari 'Umar bin Khaththab RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila muadzin berkata Alloohu Akbar Alloohu Akbar lalu salah seorang diantara kalian juga mengucapkan Alloohu Akbar Alloohu Akbar. Kemudian apabila muadzin berkata Asyhadu allaa ilaaha illallooh, ia mengucapkan Asyhadu allaa ilaaha illallooh. Kemudian apabila muadzin berkata Asyhadu anna Muhammadar rasuulullooh, ia mengucapkan Asyhadu anna Muhammadar Rasuulullooh. Kemudian apabila muadzin berkata Hayya 'alash sholaah, ia mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Kemudian apabila muadzin berkaya Hayya 'alal falaah, ia mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Kemudian apabila muadzin berkata Alloohu Akbar Alloohu Akbar, ia mengucapkan Alloohu Akbar Alloohu Akbar. Kemudian apabila muadzin berkata Laa ilaaha illallooh, ia mengucapkan Laa ilaaha illallooh, yang keluar dari hatinya (ikhlash), niscaya ia masuk surga". [HR. Muslim dan Abu Dawud]
 
Bacaan sesudah Adzan
 
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ قَالَ حِيْنَ يُسْمِعُ النّدَاءَ: اَللّهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَ الصَّلاَةِ اْلقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا اْلوَصِيْلَةَ وَ اْلفَضِيْلَةَ وَ ابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ. حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِى يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. الجماعة الا مسلما
Dari Jabir bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa setelah mendengar adzan lalu membaca Alloohumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qooimah, aati Muhammadanil wasiilata wal fadliilah, wab'atshu maqoomam mahmuda nilladzii wa'adtah. (Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah kepada Nabi Muhammad SAW derajat yang tinggi dan pangkat yang mulia, dan tempatkanlah dia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya), niscaya dia akan mendapat syafaat nanti di hari qiyamat". [HR. Jama'ah, kecuali Muslim]
 
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَلدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ اْلاَذَانِ وَ اْلاِقَامَةِ. احمد و ابو داود و الترمذى

 Dari Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Doa antara adzan dan iqamah itu tidak akan ditolak". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi]

Orang yang Adzan sebaiknya dialah yang Iqamah.
 
عَنْ زِيَادِ بْنِ اْلحَارِثِ الصَّدَائِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَا اَخَا صَدَاءَ اَذّنْ. قَالَ: فَاَذَّنْتُ. وَ ذٰلِكَ حِيْنَ اَضَاءَ اْلفَجْرُ. قَالَ: فَلَمَّا تَوَضَّأَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ. فَاَرَادَ بِلاَلٌ اَنْ يُقِيْمَ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يُقِوْمُ اَخُوْ صَدَاءَ، فَاِنَّ مَنْ اَذَّنَ فَهُوَ يُقِيْمُ. الخمسة الا النسائى و لفظه لاحمد
Dari Ziyad bin Al-Harits Ash-Shadaai, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Hai saudara Shadaa', adzanlah!". Ia berkata, "Lalu aku adzan, yaitu ketika fajar sudah bersinar". Ia berkata : Kemudian tatkala Rasulullah SAW sudah berwudlu, kemudian berdiri hendak shalat, tiba-tiba Bilal berkehendak akan iqamat. Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah saudara Shadaa' yang iqamat, karena siapa yang adzan, dialah yang iqamat". [HR. Khamsah, kecuali Nasai, dan lafadh ini bagi Ahmad]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ زَيْدٍ اَنَّهُ أُرِيَ اْلاَذَانَ. قَالَ: فَجِئْتُ اِلَى النَّبِيّ ص فَأَخْبَرْتُهُ، فَقَالَ: اَلْقِهِ عَلَى بِلاَلٍ. فَاَلْقَيْتُهُ. فَاَذَّنَ. فَاَرَادَ اَنْ يُقِيْمَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَنَا رَاَيْتُ، اُرِيْدُ اَنْ اُقِيْمَ. قَالَ: فَاَقِمْ اَنْتَ. فَاَقَامَ هُوَ. وَ اَذَّنَ بِلاَلٌ. احمد و ابو داود
Dari 'Abdullah bin Zaid, sesungguhnya ia bermimpi adzan. Ia berkata : Lalu aku pergi ke tempat Nabi SAW untuk menceritakan hal itu. Kemudian Nabi SAW bersabda, "Sampaikanlah hal itu kepada Bilal. Lalu aku sampaikan kepadanya. Kemudian Bilal adzan. Kemudian ketika ia hendak iqamat, aku berkata, "Ya Rasulullah, aku mimpi hendak iqamat". Nabi SAW menjawab, "Kalau begitu, iqamatlah kamu". Kemudian 'Abdullah iqamat, sedang Bilal yang adzan. [HR. Ahmad dan Abu Dawud]
Menunggu imam walaupun sudah iqamat.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص خَرَجَ وَ قَدْ اُقِيْمَتِ الصَلاَّةُ وَ عُدّلَتِ الصُّفُوْفُ حَتَّى اِذَا قَامَ فِى مُصَلاَّهُ انْتَظَرْنَا اَنْ يُكَبّرَ، انْصَرَفَ. قَالَ: عَلَى مَكَانِكُمْ. فَمَكَثْنَا عَلَى هَيْئَتِنَا حَتَّى خَرَجَ اِلَيْنَا يَنْطُفُ رَأْسُهُ مَاءً وَ قَدِ اغْتَسَلَ. البخارى
Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW telah keluar (ke masjid), shalat telah diiqamatkan, dan shaff telah diluruskan, hingga Nabi SAW telah berdiri di tempat beliau shalat dan kami menanti beliau takbir. Tiba-tiba beliau pergi sambil bersabda, "Tetaplah di tempatmu masing-masing". Maka kami tetap berdiri di tempat kami seperti semula, sehingga beliau datang kembali. Dan ketika beliau datang, air di kepala beliau masih menetes, karena ternyata beliau baru selesai mandi". [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: اُقِيْمَتِ الصَّلاَةُ فَسَوَّى النَّاسُ صُفُوْفَهُمْ فَخَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَتَقَدَّمَ وَ هُوَ جُنُبٌ ثُمَّ قَالَ: عَلَى مَكَانِكُمْ. فَرَجَعَ فَاغْتَسَلَ ثُمَّ خَرَجَ وَ رَأْسُهُ يَقْطُرُ مَاءً فَصَلَّى بِهِمْ. البخارى
 
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Shalat telah diiqamatkan dan jama'ah telah meluruskan shaff mereka. Maka datanglah Rasulullah SAW dan beliau langsung ke muka, sedang beliau junub. Kemudian beliau bersabda, "Tetaplah di tempat kalian masing-masing". Lalu Rasulullah SAW pergi mandi. Setelah beliau datang kembali, air masih menetes dari kepala beliau. Kemudian Nabi SAW shalat mengimami mereka. [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
Mendatangi shalat hendaklah dengan tenang.
 
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص: اِذَا سَمِعْتُمُ اْلاِقَامَةَ فَامْشُوْا اِلَى الصَّلاَةِ وَ عَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةِ وَ اْلوَقَارِ وَ لاَ تُسَارِعُوْا، فَمَا اَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَ مَا فَاتَكُمْ فَاَتِمُّوْا. البخارى
 
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda, "Apabila kalian mendengar qamat, maka pergilah shalat (berjama'ah), hendaklah bersikap tenang dan tenteram, jangan tergesa-gesa. Apa yang kalian dapati, maka shalatlah kalian bersama mereka, dan apa yang terlewatkan (ketinggalan) maka sempurnakanlah". [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى قَتَادَةَ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص اِذْ سَمِعَ جَلَبَةَ رِجَالٍ. فَلَمَّا صَلَّى قَالَ: مَا شَأْنُكُمْ؟ قَالُوْا: اِسْتَعْجَلْنَا اِلَى الصَّلاَةِ. قَالَ: فَلاَ تَفْعَلُوْا، اِذَا اَتَيْتُمُ الصَّلاَةَ فَعَلَيْكُمْ بِالسَّكِيْنَةَ. فَمَا اَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَ مَا فَاتَكُمْ فَاَتِمُّوْا. البخارى
Dari 'Abdullah bin Abu Qatadah dari bapaknya, ia berkata : Ketika kami shalat bersama Nabi SAW, beliau mendengar keributan orang laki-laki. Maka setelah selesai shalat beliau bersabda, "Ada apa kalian tadi ?". Mereka menjawab, "Kami tergesa-gesa untuk shalat". Beliau bersabda, "Janganlah kalian berbuat demikain. Apabila kalian datang untuk shalat, maka hendaklah kelian tenang. Apa yang kalian dapati maka shalatlah, dan apa yang terlewatkan (ketinggalan) maka sempurnakanlah". [HR. Bukhari, juz , hal. ]
 
Syaithan lari ketika mendengar Adzan
 
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا نُوْدِيَ بِالصَّلاَةِ اَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَ لَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ التَّأْذِيْنَ، فَاِذَا قُضِيَ النّدَاءُ اَقْبَلَ حَتَّى اِذَا ثُوّبَ بِالصَّلاَةِ اَدْبَرَ حَتَّى اِذَا قُضِيَ التَّثْوِيْبُ اَقْبَلَ حَتَّى يَخْطُرَ بَيْنَ اْلمَرْءِ وَ نَفْسِهِ يَقُوْلُ: اُذْكُرْ كَذَا وَ اذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ يَذْكُرْ مِنْ قَبْلُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ مَا يَدْرِى كَمْ صَلَّى. البخارى و مسلم
 
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasululah SAW bersabda, "Jika adzan dikumandangkan (seruan untuk shalat), larilah syaithan hingga terkentut-kentut sampai tidak mendengar suara adzan. Kemudian jika adzan telah selesai, ia datang kembali, kemudian jika iqamat diserukan, maka ia lari lagi. Dan jika iqamat telah selesai, ia datang kembali hingga dekat sekali dengan manusia. (Syaithan berkata, "Ingatlah ini dan ingatlah itu". Yaitu apa yang tadinya tidak diingat (oleh orang yang shalat), sehingga (orang yang shalat itu) tidak tahu berapa rekaat ia telah shalat. [HR. Bukhari dan Muslim]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar