Shalat dengan berdiri.
Nabi SAW bersabda :
صَلّ قَائِمًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَاِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبِكَ. الجماعة الا مسلما
Shalatlah dengan berdiri, jika tidak dapat maka shalatlah dengan duduk dan kalau tidak dapat, maka shalatlah dengan berbaring. [HR. Jama'ah kecuali Muslim]
Menghadap Qiblat.
وَ مِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ اْلمَسْجِدِ اْلحَرَامِ. البقرة: 150
Dan dimana saja kamu berada, hadapkanlah wajahmu (dikala shalat) ke arah Masjidil Haram (Qiblat). [QS. Al-Baqarah : 150]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ فِى حَدِيْثٍ يَأْتِى ذِكْرُهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ
ص: فَاِذَا قُمْتَ اِلَى الصَّلاَةِ فَاَسْبِغِ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ
اسْتَقْبِلِ اْلقِبْلَةَ فَكَبّرْ. مسلم
Dari
Abu urairah di dalam salah satu haditsnya menyebutkan, Abu Hurairah
berkata : Nabi SAW bersabda, "Maka apabila kamu akan berdiri mengerjakan
shalat, sempurnakanlah wudlu, kemudian menghadaplah ke qiblat, lalu
bertakbirlah". [HR. Muslim, juz , hal. ]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: بَيْنَمَا النَّاسُ بِقُبَا فِى صَلاَةِ الصُّبْحِ
اِذْ جَاءَهُمْ آتٍ فَقَالَ: اِنَّ النَّبِيَّ ص قَدْ اُنْزِلَ عَلَيْهِ
اللَّيْلَةَ ُقْراٰنٌ وَ قَدْ اُمِرَ اَنْ يَسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةَ
فَاسْتَقْبَلُوْهَا. وَ كَانَتْ وُجُوْهُهُمْ اِلَى الشَّامِ
فَاسْتَدَارُوْا اِلَى اْلكَعْبَةِ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata : Pada satu ketika orang-orang sedang shalat di
masjid Quba', tiba-tiba datang seseorang kepada mereka dan berkata,
"Sesungguhnya tadi malam telah diturunkan (ayat) Qur'an kepada Nabi SAW
yang menyatakan bahwa beliau diperintahkan supaya menghadap qiblat",
maka mereka lalumenghadap qiblat (yang ada di Makkah). Dan pada waktu
itu mereka shalat menghadap ke Syam lantas mereka sama berputar
menghadap Ka'bah. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz, hal. ]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى نَحْوَ بَيْتِ اْلمَقْدِسِ
فَنَزَلَتْ قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِى السَّمَآءِ
فَلَنُوَلّيَنَّكَ قَبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلّ وَجْهَكَ شَطْرَ اْلمَسْجِدِ
اْلحَرَامِ. فَمَرَّ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلَمَةَ وَ هُمْ رُكُوْعٌ فِى
صَلاَةِ اْلفَجْرِ وَ قَدْ صَلَّوْا رَكْعَةً فَنَادَى: اَلاَ اِنَّ
اْلقِبْلَةَ قَدْ حُوّلَتْ فَمَالُوْا كَمَا هُمْ نَحْوَ اْلقِبْلَةِ. احمد و مسلم و ابو داود
Dari
Anas, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW dahulu shalat menghadap
ke arah Baitul Maqdis, lalu turun ayat (yang artinya) : Sungguh Kami
(sering) melihat wajahmu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan
memalingkan kamu ke qiblat yang kamu sukai. Maka palingkanlah wajahmu ke
arah Masjidil Haram". [QS. Al-Baqarah : 144] Kemudian ada seorang dari
banu Salama lewat, sedang orang-orang tengah ruku' dalam shalat Shubuh
dan mereka telah mendapat satu rekaat, maka orang tersebut menyeru,
"Ketahuilah, sesungguhnya qiblat telah dipindahkan". Lalu mereka sama
berputar sebagaimana orang lain, yaitu menghadap qiblat (Ka'bah)". [HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud]
Bila Qiblat tidak dapat diketahui.
عَنْ
عَامِرِ بْنِ رُبِيْعَةَ رض كُنَّا مَعَ النَّبِيّ ص فِى لَيْلَةٍ
مُظْلِمَةٍ فَلَمْ نَدْرِ اَيْنَ اْلقِبْلَةُ وَ صَلَّى كُلُّ رَجُلٍ
مِنَّا عَلَى حَالِهِ. فَلَمَّا اَصْبَحْنَا ذَكَرْنَا ذٰلِكَ لِلنَّبِيّ ص
فَنُزّلَ فَاَيْنَمَا تُوَلُّوْا فَثَمَّ وَجْهُ اللهِ.(البقرة: 115) احمد و الترمذى
Dari
'Amir bin Rabiah RA, ia berkata : Dulu kami pernah bersama-sama Nabi SAW
pada suatu malam yang gelap gulita, sehingga kami tidak mengetahui
dimana arah qiblat. Maka setiap orang diantara kami shalat menghadap
menurut pendapat masing-masing. Setelah waktu Shubuh kami beritahukan
hal itu kepada Nabi SAW, maka ketika itu turunlah ayat (yang artinya)
[Maka kemanapun kamu menghadap, di situlah wajah Allah]. QS. Al-Baqarah :
115. [HR. Ahmad dan Tirmidzi]
عَنْ
مُعَاذٍ صَلَّيْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص فِى يَوْمٍ غَيْمٍ فِى سَفَرٍ
اِلَى غَيْرِ اْلقِبْلَةِ. فَلَمَّا قَضَى الصَّلاَةَ وَ سَلَّمَ تَجَلَّتِ
الشَّمْسُ فَقُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، صَلَّيْنَا اِلَى غَيْرِ
اْلقِبْلَةِ. فَقَالَ: قَدْ رُفِعَتْ صَلاَتُكُمْ بِحَقّهَا اِلَى اللهِ
عَزَّ وَ جَلَّ. الطبرانى
Dari Mu'adz, ia berkata
: Kami pernah shalat bersama Rasulullah SAW pada suatu hari (yang gelap
karena) mendung dalam perjalanan dengan tidak menghadap qiblat. Maka
setelah selesai shalat dan sudah mengucap salam, matahari mulai tampai
dari balik mendung. Lalu kami berkata kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah,
kita tadi shalat dengan tidak menghadap aiblat". Rasulullah SAW
menjawab, "Shalatmu sudah dinaikkan ke hadlirat Allah 'Azza wa Jalla
dengan haqnya". [HR. Thabrani juz , hal. ]
Wajibnya memulai shalat dengan Takbir dan mengangkat tangan.
عَنْ
عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: مِفْتَاحُ
الصَّلاَةِ الطَّهُوْرُ وَ تَحْرِيْمُهَا التَّكْبِيْرُ وَ تَحْلِيْلُهَا
التَّسْلِيْمُ. الخمسة الا النسائى و قال الترمذى: هذا اصح شيء فى هذا الباب و احسن
Dari
'Ali bin Abu Thalib RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Kuncinya shalat
itu ialah bersuci, mulainya shalat ialah takbir dan selesainya shalat
ialah mengucap salam". [HR. Khomsah kecuali Nasai, dan Tirmidzi berkata : Hadits ini adalah seshohih-shohih dan sebaik-baik hadits dalam bab ini]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ مَدًّا. الخمسة الا ابن ماجه
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri
melaksanakan shalat, beliau (memulainya dengan) mengangkat kedua
tangannya". [HR. Khomsah kecuali Ibnu Majah]
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ رَأَى رَسُوْلَ اللهِ ص يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَعَ التَّكْبِيْرَةِ. احمد و ابو داود
Dari Wail bin Hujr bahwasanya ia pernah melihat Nabi SAW mengangkat dua tangannya sambil mengucap takbir. [HR.Ahmad dan Abu Dawud]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ
رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُوْنَا بِحَذْوِ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبّرُ.
فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَهُمَا مِثْلَ ذٰلِكَ وَ اِذَا رَفَعَ
رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَهُمَا كَذٰلِكَ اَيْضًا وَ قَالَ: سَمِعَ
اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. احمد و البخارى و مسلم. و للبخارى: وَ لاَ يَفْعَلْ ذٰلِكَ حِيْنَ يَسْجُدُ. وَ لاَ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ.
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata : Adalah Nabi SAW apabila berdiri shalat beliau
mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua pundaknya,
kemudian beliau bertakbir. Dan apabila beliau hendak ruku' mengangkat
kedua tangannya seperti itu. Dan juga apabila mengangkat kepalanya dari
ruku', beliau mengangkat kedua tangannya seperti itu dan mengucapkan
Sami'alloohu liman hamidah robbanaa wa lakal hamdu (Semoga Allah
mendengar bagi orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, dan bagi-Mu lah
segala puji). [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim] Dan
bagi Bukhari disebutkan, "Dan beliau tidak mengerjakan yang demikian
itu ketika sujud dan tidak pula ketika mengangkat kepalanya dari sujud".
عَنْ
نَافِعٍ اَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ اِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَ
رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَالَ سَمِعَ
اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا قَامَ مِنَ
الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ رَفَعَ ذٰلِكَ ابْنُ عُمَرَ اِلَى
النَّبِيّ ص. البخارى و النسائى و ابو داود
Dari
Nafi', ia berkata : Bahwasanya Ibnu 'Umar apabila memasuki shalat, ia
bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan apabila ia ruku'
mengangkat kedua tangannya, dan apabila mengucapkan Sami'alloohu liman
hamidah, mengangkat kedua tangannya. Dan apabila berdiri dari dua
rekaat, mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar memarfu'kan hadits itu
kepada Nabi SAW". [HR. Bukhari, Nasai dan Abu Dawud]
عَنْ
عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ كَانَ اِذَا
قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ اْلمَكْتُوْبَةِ كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ
مَنْكِبَيْهِ. وَ يَصْنَعُ مِثْلَ ذٰلِكَ اِذَا قَضَى قِرَاءَتَهُ وَ
اِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ. وَ يَصْنَعُهُ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ
الرُّكُوْعِ. وَ لاَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِى شَيْءٍ مِنْ صَلاَتِهِ وَ هُوَ
قَاعِدٌ. وَ اِذَا قَامَ مِنَ السَّجْدَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ كَذٰلِكَ وَ
كَبَّرَ. احمد و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari
'Ali bin Abu Thalib dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau apabila
berdiri shalat wajib, beliau bertakbir dan mengangkat kedua tangannya
hingga sejajar dengan kedua pundaknya. Dan beliau berbuat seperti itu
apabila selesai membaca (Al-Fatihah dan ayat Al-Qur'an) dan hendak
ruku', dan beliau berbuat yang demikian apabila mengangkat kepalanya dan
ruku', dan tidak mengangkat kedua tangannya pada sesuatu dari shalatnya
dikala beliau duduk. Dan apabila berdiri dari dua rekaat, beliau
mengangkat kedua tangannya seperti itu dan bertakbir. [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi. Dan Tirmidzi menshahihkannya].
عَنْ
اَبِى قِلاَبَةَ اَنَّهُ رَأَى مَالِكَ بْنَ اْلحُوَيْرِثِ اِذَا صَلَّى
كَبَّرَ وَ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ اِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ
يَدَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. وَ حَدَّثَ اَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ ص صَنَعَ هٰكَذَا. احمد و البخارى و مسلم. و فى رواية: اَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ اِذَا كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ
بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يحَاذِيَ
بِهِمَا اُذُنَيْهِ. وَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فَقَالَ:
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ. فَعَلَ مِثْلَ ذٰلِكَ. احمد و مسلم و فى لفظ لهما: حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا فُرُوْعَ اُذُنَيْهِ.
Dari
Abu Qilabah, bahwasanya ia melihat Malik bin Al-Huwairits, apabila ia
mengerjakan shalat, bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan
apabila akan ruku' mengangkat kedua tangannya, juga apabila mengangkat
kepalanya ia mengangkat kedua tangannya. Dan ia menceritakan bahwasanya
Rasulullah SAW berbuat seperti itu. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim].
Dan
dalam satu riwayat, "Sesungguhnya Rasulullah SAW dahulu apabila
bertakbir, mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua
telinganya. Dan apabila akan ruku' mengangkat kedua tangannya hingga
sejajar dengan dua telinganya, dan apabila mengangkat kepalanya dari
ruku' dengan mengucap Sami'alloohu liman hamidah, berbuat seperti itu".
n[HR. Ahmad dan Muslim]. Dn di dalam satu lafadh bagi keduanya,
"Sehingga sejajar kedua tangannya itu dengan kedua daun telinganya".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar