Zuhud dunia dan ridla dengan apa yang ada (5).
عَنْ
اَنَسٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَقَدْ اُخِفْتُ فِى اللهِ وَ
مَا يُخَافُ اَحَدٌ وَ لَقَدْ اُذِيْتُ بِاللهِ وَ مَا يُؤْذَى اَحَدٌ، وَ
لَقَدْ اَتَتْ عَلَيَّ ثَلاَثُوْنَ مِنْ بَيْنِ يَوْمٍ وَ لَيْلَةٍ وَ مَا
لِيْ وَ لِبِلاَلٍ طَعَامٌ يَأْكُلُهُ ذُوْ كَبِدٍ اِلاَّ شَيْءٌ
يُوَارِيْهِ اِبْطُ بِلاَلٍ. الترمذى و ابن حبان فى صحيحه و قال الترمذى:
حديث حسن صحيح
Dari
Anas RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh aku telah
ditakut-takuti di jalan Allah yang tidak pernah seseorangpun
ditakut-takuti seperti itu, dan sungguh aku telah disakiti di jalan
Allah yang tidak pernah seseorang disakiti seperti itu. Telah datang
kepadaku dalam sehari semalam tiga puluh kali
gangguan sedangkan waktu itu saya dan Bilal tidak mempunyai makanan
yang bisa dimakan oleh makhluk yang bernyawa selain sedikit yang dibawa
oleh Bilal”. [HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban di dalam shahihnya. Tirmidzi berkata : Hadits hasan shahih].
عَنْ
عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رض قَالَ: نَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى
حَصِيْرٍ فَقَامَ وَ قَدْ اَثَرَ فِى جَنْبِهِ. قُلْنَا: يَا رَسُوْلَ
اللهِ، لَوِ اتَّخَذْنَا لَكَ وِطَاءً؟ فَقَالَ: مَا لِى وَ لِلدُّنْيَا
مَا اَنَا فِى الدُّنْيَا اِلاَّ كَرَاكِبٍ اسْتَظَلَّ تَحْتَ شَجَرَةٍ
ثُمَّ رَاحَ وَ تَرَكَهَا. ابن ماجه و الترمذى و قال: حديث حسن صحيح
Dari Abdullah bin Mas’ud RA, ia berkata : Rasulullah SAW tidur di atas
tikar kemudian beliau bangun dan tikar itu membekas pada lambung
beliau. Kami berkata, “Ya Rasulullah, bagaimana kalau kami buatkan kasur
yang empuk untukmu ?”. Beliau menjawab, “Apalah urusanku dengan dunia,
tidaklah aku di dunia ini kecuali seperti musafir yang menunggang
kendaraan lalu berteduh di bawah pohon, kemudian pergi dan
meninggalkannya”. [HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi ia berkata, “Hadits hasan shahih”].
وَ
الطَّبْرَانِيُّ وَ لَفْظُهُ قَالَ: دَخَلْتُ مَعَ النَّبِيِّ ص وَ هُوَ
فِى غُرْفَةٍ كَاَنَّهَا بَيْتُ حَمَّامٍ وَ هُوَ نَائِمٌ عَلَى حَصِيْرٍ
قَدْ اَثَّرَ بِجَنْبِهِ، فَبَكَيْتُ. فَقَالَ: مَا يُبْكِيْكَ يَا عَبْدَ
اللهِ؟ قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، كِسْرَى وَ قَيْصَرُ يَطَئُوْنَ عَلَى
اْلخَزِّ وَ الدِّيْبَاجِ وَ اْلحَرِيْرِ وَ اَنْتَ نَائِمٌ عَلَى هذَا
اْلحَصِيْرِ قَدْ اَثَّرَ بِجَنْبِكَ. قَالَ: فَلاَ تَبْكِ يَا عَبْدَ
اللهِ، فَاِنَّ لَهُمُ الدُّنْيَا وَ لَنَا اْلاَخِرَةُ وَ مَا اَنَا وَ
الدُّنْيَا وَ مَثَلِى وَ مَثَلُ الدُّنْيَا اِلاَّ كَمَثَلِ رَاكِبٍ
نَزَلَ تَحْتَ شَجَرَةٍ ثُمَّ سَارَ وَ تَرَكَهَا.
Dan
Thabrani juga meriwayatkan, dalam lafadhnya : (Abdullah bin Mas’ud)
berkata : Saya datang kepada Nabi SAW pada waktu itu beliau sedang
berada di dalam kamar yang seperti dapur. Beliau sedang tidur di atas
tikar yang sungguh membekas pada lambungnya, lalu aku menangis. Beliau
bertanya, “Apa yang menyebabkan kamu menangis, hai Abdullah ?”. Aku
menjawab, “Ya Rasulullah, raja Kisra (Persi) dan kaisar (Romawi) mereka
itu tidur di atas sutra bercampur bulu, sutra tebal dan sutra tipis.
Sedangkan engkau tidur di atas tikar ini
dan membekas pada lambungmu”. Beliau bersabda, “Jangan menangis hai
Abdullah, karena bagi mereka itu dunia dan bagi kita akhirat. Apalah
urusanku dengan dunia, perumpamaanku dengan dunia adalah seperti
perumpamaan seorang musafir yang menunggang kendaraan lalu singgah di
bawah pohon, kemudian dia meneruskan perjalanan dan meninggalkannya”.
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص دَخَلَ عَلَيْهِ عُمَرُ وَ هُوَ
عَلَى حَصِيْرٍ قَدْ اَثَّرَ فِى جَنْبِهِ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ،
لَوِ اتَّخَدْتُ فِرَاشًا اَوْثَرَ مِنْ هذَا، فَقَالَ: مَا لِى وَ
لِلدُّنْيَا، مَا مَثَلِى وَ لِلدُّنْيَا اِلاَّ كَرَاكِبٍ سَارَ فِى
يَوْمٍ صَائِفٍ فَاسْتَظَلَّ تَحْتَ شَجَرَةٍ سَاعَةً ثُمَّ رَاحَ وَ
تَرَكَهَا. احمد و ابن حبان فى صحيحه و البيهقى
Dari
Ibnu Abbas RA, bahwasanya Umar pernah datang kepada Rasulullah SAW,
sedangkan beliau di atas tikar yang membekas pada lambung beliau.
Kemudian (Umar) berkata, “Ya Rasulullah, seandainya engkau tidur di atas
kasur, tentu lebih baik dari pada ini”. Beliau menjawab, “Apalah
urusanku dengan dunia ini, tidaklah perumpamaan-ku dengan dunia ini,
kecuali seperti seorang musafir yang menunggang kendaraan berjalan di
siang hari yang panas lalu berteduh di bawah pohon sesaat, kemudian
pergi meninggalkannya”. [HR. Ahmad, Ibnu Hibban di dalam shahihnya dan Baihaqi]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: حَدَّثَنِى عُمَرُ بْنُ اْلخَطَّابِ، قَالَ:
دَخَلْتُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص وَ هُوَ عَلَى حَصِيْرٍ، قَالَ:
فَجَلَسْتُ، فَاِذَا عَلَيْهِ اِزَارُهُ وَ لَيْسَ عَلَيْهِ غَيْرُهُ وَ
اِذَا اْلحَصِيْرُ قَدْ اَثَّرَ فِى جَنْبِهِ. وَ اِذَا اَنَا بِقَبْضَةٍ
مِنْ شَعِيْرٍ نَحْوَ الصَّاعِ وَ قَرَظٍ فِى نَاحِيَةٍ فِى اْلغُرْفَةِ،
وَ اِذَا اِهَابٌ مُعَلَّقٌ فَابْتَدَرَتْ عَيْنَايَ، فَقَالَ: مَا
يُبْكِيْكَ يَا ابْنَ اْلخَطَّابِ؟ فَقَالَ: يَا نَبِيَّ اللهِ، وَ مَا لِى
َلاَبْكِى، وَ هذَا اْلحَصِيْرُ قَدْ اَثَّرَ فِى جَنْبِكَ وَ هذِهِ
خِزَانَتُكَ لاَ اَرَى فِيْهَا اِلاَّ مَا اَرَى، وَ ذَاكَ كِسْرَى وَ
قَيْصَرُ فِى الثِّمَارِ وَ اْلاَنْهَارِ وَ اَنْتَ نَبِيُّ اللهِ وَ
صَفْوَتُهُ وَ هذِهِ خِزَانَتُكَ. قَالَ: يَا ابْنَ اْلخَطَّابِ اَمَا
تَرْضَى اَنْ تَكُوْنَ لَنَا اْلآخِرَةُ وَ لَهُمُ الدُّنْيَا؟. ابن ماجه
باسناد صحيح
Dari
Ibnu Abbas RA ia berkata, Umar bin Khaththab menceritakan kepadaku, ia
berkara, “Aku datang kepada Rasulullah SAW pada waktu itu beliau di atas
tikar”. Umar melanjutkan ceritanya, “Lalu aku duduk. Pada waktu itu
beliau mengenakan sarung, dan tikar tersebut membekas pada lambung
beliau. Pada waktu itu aku memperhatikan segenggam syair (gandum)
kira-kira satu sha’ dan qaradh (daun untuk menyamak kulit) berada di
bagian kamarnya, serta kulit yang tergantung, maka kedua mataku
meneteskan air mata”. Beliau ber-tanya, “Apa yang membuat kamu menangis
wahai Ibnul Khaththab ?”. (Umar) menjawab, “Wahai Nabiyallah, bagaimana
aku tidak menangis, tikar ini telah membekas pada punggungmu, sedangkan
di kamarmu aku tidak melihat barang-barang kecuali apa yang telah
kulihat. Sedangkan di sana raja Kisra dan Kaisar mempunyai kebun-kebun
yang berbuah dan sungai-sungai, padahal engkau adalah Nabiyallah dan
pilihan-Nya, dan hanya demikian ini simpananmu”. Rasulullah SAW
bersabda, “Hai Ibnul Khaththab, apakah kamu belum puas bahwa kita mendapatkan akhirat dan mereka mendapatkan dunia ?”. [HR. Ibnu Majah dengan sanad shahih]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص سَرِيْرٌ مُزَمَّلٌ
بِاْلبَرْدِيِّ عَلَيْهِ كِسَاءٌ اَسْوَدُ قَدْ حَشَوْنَاهُ بِاْلبَرْدِيِّ
فَدَخَلَ اَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ عَلَيْهِ. فَاِذَا النَّبِيُّ ص نَائِمٌ
عَلَيْهِ. فَلَمَّا رَآهُمَا اسْتَوَى جَالِسًا فَنَظَرَا فَاِذَا اَثَرُ
السَّرِيْرِ فِى جَنْبِ رَسُوْلِ اللهِ ص، فَقَالَ اَبُوْ بَكْرٍ وَ عُمَرُ
رِضْوَانُ اللهِ عَلَيْهِمَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا يُأْذِيْكَ
حُشُوْنَةُ مَا نَرَى مِنْ فِرَاشِكَ وَ سَرِيْرِكَ، وَ هذَا كِسْرَى وَ
قَيْصَرُ عَلَى فِرَاشِ اْلحَرِيْرِ وَ الدِّيْبَاجِ؟ فَقَالَ ص: لاَ
تَقُوْلاَ هذَا، فَاِنَّ فِرَاشَ كِسْرَى وَ قَيْصَرَ فِى النَّارِ. وَ
اِنَّ فِرَاشِى وَ سَرِيْرِى هذَا عَاقِبَتُهُ اِلَى اْلجَنَّةِ. ابن حبان
فى صحيحه
Dari
‘Aisyah RA ia berkata : Dahulu Rasulullah mempunyai tempat tidur yang
ditutup dengan kain lurik lalu diatasnya kami pasang kain hitam yang
dibawahnya berisi sabut kurma. Kemudian Abu Bakar dan Umar masuk
padanya. Pada waktu itu Nabi sedang tidur (berbaring) di atasnya.
Setelah beliau melihat Abu Bakar dan Umar, beliau lalu duduk. Kemudian
kedua shahabat tersebut melihat bahwa tempat tidur itu membekas di
lambung Rasulullah SAW. Maka Abu Bakar dan Umar RA berkata, “Ya
Rasulullah, apakah tidak menyakitkanmu apa yang kami lihat dari kerasnya
kasur dan tempat tidurmu itu, sedangkan raja Kisra (di Persi) dan
Kaisar (Romawi) tidur di atas kasur sutra tipis dan sutra tebal”. Nabi
SAW menjawab, “Janganlah kamu katakan yang demikian ini, karena tempat
tidur Kisra dan Kaisar di neraka dan sesungguhnya tempat tidurku ini
akibatnya ke surga”. [HR. Ibnu Hibban di dalam shahihnya]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: اِنَّمَا كَانَ فِرَاشُ رَسُوْلِ اللهِ ص الَّذِى
يَنَامُ عَلَيْهِ اَدَمًا حَشْوُهُ لِيْفٌ. و فى رواية كَانَ وِسَادُ
رَسُوْلِ اللهِ ص الَّذِى يَتَّكِئُ عَلَيْهِ مِنْ اَدَمٍ حَشْوُهُ لِيْفٌ.
البخارى و مسلم
Dari
‘Aisyah RA ia berkata, “Sesungguhnya tempat tidur Rasulullah SAW yang
beliau biasa tidur padanya adalah terbuat dari kulit yang di dalamnya
diisi serabut”. Dan dalam satu riwayat, “Sesungguhnya bantal Rasulullah
SAW yang biasa beliau bersandar padanya, terbuat dari kulit yang diisi
serabut”. [HR. Bukhari dan Muslim]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ ص ذَاتَ يَوْمٍ اَوْ
لَيْلَةٍ فَاِذَا هُوَ بِاَبِى بَكْرٍ وَ عُمَرَ رض فَقَالَ: مَا
اَخْرَجَكُمَا مِنْ بُيُوْتِكُمَا هذِهِ السَّاعَةَ؟ قَالاَ: اَلْجُوْعُ
يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ: وَ اَنَا وَ الَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ
اَخْرَجَنِى الَّذِى اَخْرَجَكُمَا، قُوْمُوْا، فَقَامُوْا مَعَهُ،
فَاَتَوْا رَجُلاً مِنَ اْلاَنْصَارِ، فَاِذَا هُوَ لَيْسَ بِبَيْتِهِ.
فَلَمَّا رَأَتْهُ اْلمَرْأَةُ قَالَتْ: مَرْحَبًا وَ اَهْلاً. فَقَالَ
لَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص: اَيْنَ فُلاَنٌ؟ قَالَتْ: ذَهَبَ يَسْتَأْذِبُ
لَنَا اْلمَاءَ. اِذْ جَاءَ اْلاَنْصَارِيُّ فَنَظَرَ اِلَى رَسُوْلِ اللهِ
ص وَ صَاحِبَيْهِ ثُمَّ قَالَ: اَلْحَمْدُ ِللهِ مَا اَحَدٌ اْليَوْمَ
اَكْرَمَ اَضْيَافًا مِنِّى فَانْطَلَقَ فَجَاءَهُمْ بِعِذْقٍ فِيْهِ
بُسْرٌ وَ تَمْرٌ وَ رُطَبٌ، وَ قَالَ: كُلُوْا. وَ اَخَذَ اْلمُدْيَةَ.
فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِيَّاكَ وَ اْلحَلُوْبَ، فَذَبَحَ لَهُمْ،
فَاَكَلُوْا مِنَ الشَّاةِ وَ مِنْ ذلِكَ اْلعِذْقٍ وَ شَرِبُوْا.
فَلَمَّا اَنْ شَبَعُوْا وَ رَوُوْا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص ِلاَبِى بَكْرٍ
وَ عُمَرَ رض: وَ الَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَتُسْئَلُنَّ عَنْ هذَا
النَّعِيْمِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. مسلم
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Pada suatu hari atau suatu malam
Rasulullah SAW keluar rumah. Tiba-tiba beliau bertemu dengan Abu Bakar
dan Umar RA. Kemudian beliau bertanya, “Apa yang menyebabkan kalian
berdua keluar rumah pada saat ini ?”. Kedua shahabat tersebut menjawab,
“Lapar, ya Rasulullah”. Beliau bersabda, “Adapun saya, demi Tuhan yang
jiwaku di tangan-Nya, yang menyebabkan aku keluar sama dengan yang
menyebabkan kamu berdua keluar. Berdirilah”. Maka mereka berdiri bersama
beliau lalu datang ke tempat seorang Anshar (dalam riwayat lain
disebutkan bernama Abul Haitsam bin Taihaani). Ternyata orang Anshar
tersebut tidak ada di rumah. Setelah istrinya melihat Rasulullah SAW dia
berkata, “Selamat datang ya Rasulullah”. Lalu Rasulullah SAW bertanya
kepadanya, “Kemana sifulan (suamimu) ?” Wanita itu menjawab, “Dia sedang
mencari air bersih untuk kami”. Tiba-tiba orang Anshar itu datang, lalu
melihat kepada Rasulullah SAW dan kedua shahabatnya, kemudian berkata,
“Alhamdulillah, tidak ada seorang pun pada hari ini yang lebih mulya
tamunya dari pada saya”. Kemudian orang tersebut pergi sebentar lalu
datang dengan membawa setandan kurma, ada yang mentah, yang masak, dan
yang segar, seraya mempersilakan, “Makanlah !”. Kemudian orang tersebut
mengambil pisau (untuk menyembelih kambing). Rasulullah SAW bersabda
kepadanya, “Jangan menyembelih kambing yang menyusui”. Lalu orang
tersebut menyembelih kambing untuk tamunya. Kemudian mereka makan daging
kambing dan minum. Setelah mereka kenyang dari makan minum, Rasulullah
SAW bersabda kepada Abu Bakar dan Umar, “Demi Tuhan yang jiwaku di
tangan-Nya, sungguh kamu sekalian akan ditanya dari ni’mat ini pada hari
qiyamat”. [HR. Muslim dan lainnya]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: تُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ لَيْسَ عِنْدِى
شَيْءٌ يَأْكُلُهُ ذُوْ كَبِدٍ اِلاَّ شَطْرُ شَعِيْرٍ فِى رَقٍّ لِى
فَاَكَلْتُ مِنْهُ حَتَّى طَالَ عَلَيَّ فَكِلْتُهُ فَفَنِيَ. البخارى و
مسلم و الترمذى
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW meninggal, sedangkan aku tidak
mempunyai makanan yang bisa dimakan oleh makhluq yang bernyawa, kecuali
bagian gandum yang berada di wadah dari kulit kepunyaanku, lalu aku
memakannya sampai waktu yang lama (karerna berkah), aku mengambilnya
sehingga habis”. [HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: تُوُفِّيَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ دِرْعُهُ
مَرْهُوْنَةٌ عِنْدَ يَهُوْدِيًّ فِى ثَلاَثِيْنَ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ.
البخارى و مسلم و الترمذى
Dari
‘Aisyah RA ia berkata, “Rasulullah SAW meninggal, sedangkan baju besinya
masih digadaikan pada orang Yahudi dengan tiga puluh sha’ gandum”. [HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi]
عَنْ
عَمْرِو بْنِ اْلحَارِثِ رض قَالَ: مَا تَرَكَ رَسُوْلُ اللهِ ص عِنْدَ
مَوْتِهِ دِرْهَمًا وَ لاَ دِيْنَارًا وَ لاَ عَبْدًا وَ لاَ اَمَةً وَ لاَ
شَيْئًا اِلاَّ بَغْلَتَهُ اْلبَيْضَاءَ الَّتِى كَانَ يَرْكَبُهَا وَ
سِلاَحَهُ وَ اَرْضًا جَعَلَهَا ِلابْنِ السَّبِيْلِ صَدَقَةً. البخارى
Dari
‘Amr bin Al-Harits RA ia berkata, “Ketika Rasulullah SAW meninggal,
beliau tidak meninggalkan dirham dan dinar. Tidak pula budak laki-laki
maupun perempuan, dan tidak pula barang-barang, melainkan bighal
(semacam kuda) yang putih yang biasa dinaiki dan senjata, serta sebidang
tanah yang beliau sedekahkan untuk Ibnu Sabil”. [HR. Bukhari]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar