Haram berputus asa dan bunuh diri
Firman Allah SWT :
... وَ لاَ تَايْئَسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللهِ، اِنَّه لاَ يَايْئَسُ مِنْ رَّوْحِ اللهِ اِلاَّ اْلقَوْمُ اْلكفِرُوْنَ. يوسف:87
.... dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir. [QS. Yusuf : 87]
... وَ مَنْ يَّقْنَطُ مِنْ رَّحْمَةِ رَبّه اِلاَّ الضَّآلُّوْنَ. الحجر:56
.... tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat. [QS. Al-Hijr : 56]
قُلْ
يعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلى اَنْفُسِهِمْ لاَ تَقْنَطُوْا
مِنْ رَّحْمَةِ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا، اِنَّه
هُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ. الزمر:53
Katakanlah,
“Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri,
janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah
mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia lah Yang Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang”. [QS. Az-Zumar : 53]
... وَ لاَ تَقْتُلُوْآ اَنْفُسَكُمْ، اِنَّ اللهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيْمًا. النساء:29
..... dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. [QS. An-Nisaa’ : 29]
Hadits-hadits Nabi SAW :
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ تَرَدَّى مِنْ
جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ فِى نَارِ جَهَنَّمَ يَتَرَدَّى فِيْهَا
خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيْهَا اَبَدًا، وَ مَنْ تَحَسَّى سُمًّا فَقَتَلَ
نَفْسَهُ فَسُمُّهُ فِى يَدِهِ يَتَحَسَّاهُ فِى نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا
مُخَلَّدًا فِيْهَا اَبَدًا، وَ مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيْدَةٍ،
فَحَدِيْدَتُهُ فِى يَدِهِ يَتَوَجَّأُ بِهَا فِى نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا
مُخَلَّدًا فِيْهَا اَبَدًا. البخارى و مسلم و الترمذى و النسائى
Dari Abu Hurairah RA ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menerjunkan diri dari gunung
untuk bunuh diri, maka dia di neraka jahannam menerjunkan diri di
dalamnya, kekal lagi dikekalkan di dalamnya selama-lamanya. Dan
barangsiapa minum racun untuk bunuh diri, maka racunnya itu di tangannya
dia meminumnya di neraka jahannam kekal lagi dikekalkan di dalamnya
selama-lamanya. Dan barangsiapa bunuh diri dengan senjata tajam, maka
senjata tajam itu di tangannya dia melukai dengannya di neraka jahannam,
kekal lagi dikekalkan di dalamnya selama-lamanya”. [HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, dan Nasai]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: الَّذِى يَخْنُقُ
نَفْسَهُ يَخْنُقُهَا فِى النَّارِ، وَ الَّذِى يَطْعُنُ نَفْسَهُ يَطْعُنُ
نَفْسَهُ فِى النَّارِ، وَ الَّذِى يَقْتَحِمُ يَقْتَحِمُ فِى النَّارِ.
البخارى
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang bunuh
diri dengan menggantung diri, dia akan menggantung diri di neraka.
Orang yang menikam dirinya (dengan senjata tajam) maka dia akan menikam
dirinya di neraka. Dan orang yang bunuh diri dengan menerjunkan diri
dari tempat yang tinggi, maka dia akan menerjunkan diri di neraka”. [HR. Bukhari]
عَنِ
اْلحَسَنِ اْلبَصْرِيِّ قَالَ: حَدَّثَنَا جُنْدُبُ بْنُ عَبْدِ اللهِ فِى
هذَا اْلمَسْجِدِ فَمَا نَسِيْنَا مِنْهُ حَدِيْثًا، وَ مَا تَخَافُ اَنْ
يَكُوْنَ جُنْدُبٌ كَذَبَ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: كَانَ بِرَجُلٍ
جِرَاحٌ، فَقَتَلَ نَفْسَهُ. فَقَالَ اللهُ: بَدَرَ عَبْدِى بِنَفْسِهِ
فَحَرَّمْتُ عَلَيْهِ اْلجَنَّةَ. البخارى
Dari Al-Hasan Al-Bashriy ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Jundub bin Abdullah di Masjid ini, dan kami tidak lupa
hadits darinya itu dan kami tidak khawatir bahwa Jundub berdusta atas
nama Rasulullah SAW, Nabi SAW bersabda : Dahulu ada seorang laki-laki
mengalami luka-luka, lalu dia bunuh diri. Allah berfirman, “Hamba-Ku ini
tergesa-gesa dengan dirinya, maka Aku haramkan surga untuknya”. [HR. Bukhari]
و
فى رواية: كَانَ فِيْمَنْ قَبْلَكُمْ رَجُلٌ بِهِ جُرْحٌ فَجَزَعَ،
فَاَخَذَ سِكِّيْنًا، فَحَزَّ بِهَا يَدَهُ، فَمَا رَقَأَ الدَّمُ حَتَّى
مَاتَ، فَقَالَ اللهُ: بَادَرَنِى عَبْدِى بِنَفْسِهِ.
Dalam
satu riwayat (Nabi SAW bersabda) : Dahulu diantara orang-orang sebelum
kalian ada seorang laki-laki yang terluka, lalu dia tidak sabar.
Kemudian dia mengambil pisau lalu memotong tangannya, maka darahnya
mengalir tanpa berhenti sehingga dia mati. Allah berfirman, “Hamba-Ku
telah mendahului kehendak-Ku dengan dirinya”. [HR Bukhari]
عَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ رض اَنَّ رَجُلاً كَانَتْ بِهِ جِرَاحَةٌ فَاَتَى
قَرَنًا لَهُ، فَاَخَذَ مِشْقَصًا فَذَبَحَ بِهِ نَفْسَهُ، فَلَمْ يُصَلِّ
عَلَيْهِ النَّبِيُّ ص. ابن حبان فى صحيحه
Dari
Jabir bin Samurah RA bahwasanya ada seorang laki-laki yang mengalami
luka-luka, kemudian dia menghampiri tempat anak panah dan melukai
dirinya dengan anak panah tersebut (sehingga mati). Maka Nabi SAW tidak
mau menshalatkannya. [HR. Ibnu Hibban di dalam Shahihnya].
عَنْ
اَبِى قِلاَبَةَ رض اَنَّ ثَابِتَ بْنَ الضَّحَّاكِ رض اَخْبَرَهُ
بِاَنَّهُ بَايَعَ رَسُوْلَ اللهِ ص تَحْتَ الشَّجَرَةِ، وَ اَنَّ رَسُوْلَ
اللهِ ص قَالَ: مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنٍ بِمِلَّةِ غَيْرِ اْلاِسْلاَمِ
كَاذِبًا مُتَعَمِّدًا فَهُوَ كَمَا قَالَ، وَ مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ
بِشَيْءٍ عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ، وَ لَيْسَ عَلَى رَجُلٍ نَذْرٌ
فِيْمَا لاَ يَمْلِكُ، وَ لَعْنُ اْلمُؤْمِنِ كَقَتْلِهِ، وَ مَنْ رَمَى
مُؤْمِنًا بِكُفْرٍ فَهُوَ كَقَتْلِهِ، وَ مَنْ ذَبَحَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ
عُذِّبَ بِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. البخارى و مسلم و ابو داود و النسائى
باختصار، و الترمذى و صححه و لفظه: اِنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لَيْسَ عَلَى
اْلمَرْءِ نَذْرٌ فِيْمَا لاَ يَمْلِكُ، وَ لاَعِنُ اْلمُؤْمِنِ
كَقَاتِلِهِ، وَ مَنْ قَذَفَ مُؤْمِنًا بِكُفْرٍ فَهُوَ كَقَاتِلِهِ، وَ
مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ عَذَّبَهُ اللهُ بِمَا قَتَلَ بِهِ نَفْسَهُ
يَوْمَ اْلقِيَامَةِ.
Dari
Abu Qilabah RA bahwasanya Tsabit bin Dlahhak RA mengkhabarkan kepadanya
bahwasanya dia pernah berbaiat kepada Rasulullah SAW di bawah sebuah
pohon. Dan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bersumpah atas
suatu sumpah dengan agama selain Islam secara dusta dengan sengaja,
maka dia sebagaimana yang dia ucapkan. Barangsiapa bunuh diri dengan
sesuatu, maka dia akan disiksa dengannya pada hari qiyamat. Tidak ada
nadzar atas seseorang pada sesuatu yang tidak dia miliki. Mela’nat orang
mukmin itu seperti membunuhnya. Barangsiapa menuduh orang mukmin dengan
kekafiran, maka dia seperti membunuhnya. Dan barangsiapa yang bunuh
diri dengan sesuatu untuk melukainya, maka dia disiksa dengannya pada
hari qiyamat”.
[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasai dengan diringkas. Dan
Tirmidzi juga meriwayatkan dan dia menshahihkannya, lafadhnya] : Sesungguhnya
Nabi SAW bersabda, “Tidak ada nadzar atas seseorang pada apa-apa yang
dia tidak memilikinya. Orang yang mela’nat orang mukmin, seperti orang
yang membunuhnya. Barangsiapa menuduh orang mukmin dengan kekafiran,
maka dia seperti membunuhnya. Barangsiapa membunuh diri dengan sesuatu,
maka pada hari qiyamat Allah akan menyiksanya dengan sesuatu yang dia
pakai untuk bunuh diri itu”.
عَنْ
ثَابِتِ بْنِ الضَّحَّاكِ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص: مَنْ حَلَفَ
بِمِلَّةِ سِوَى اْلاِسْلاَمِ كَاذِبًا مُتَعَمِّدًا فَهُوَ كَمَا قَالَ.
وَ مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ عَذَّبَهُ اللهُ فِى نَارِ جَهَنَّمَ.
هذا حديث سفيان. و اما شعبة فحديثه اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ
حَلَفَ بِمِلَّةِ سِوَى اْلاِسْلاَمِ كَاذِبًا فَهُوَ كَمَا قَالَ: وَ مَنْ
ذَبَحَ نَفْسَهُ بِشَيْءٍ ذُبِحَ بِهِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. مسلم
Dari
Tsabit bin Dlahhak ia berkata : Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa
bersumpah dengan agama selain Islam secara bohong dan sengaja, maka dia
seperti apa yang diucapkan. Barangsiapa membunuh dirinya dengan sesuatu,
maka Allah akan menyiksanya dengan sesuatu itu di neraka jahannam”. Ini
menurut riwayat Sufyan. Adapun menurut riwayat Syu’bah, Rasulullah SAW
bersabda, “Barangsiapa bersumpah dengan agama selain Islam secara
bohong, maka dia seperti apa yang dia ucapkan. Dan barangsiapa
menyembelih (melukai) dirinya dengan sesuatu, maka dia akan dilukai
dengan sesuatu itu pada hari qiamat”. [HR. Muslim juz I, hal 105]
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: شَهِدْنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص حُنَيْنًا
فَقَالَ لِرَجُلٍ مِمَّنْ يُدْعَى بِاْلاِسْلاَمِ: هذَا مِنْ اَهْلِ
النَّارِ. فَلَمَّا حَضَرْنَا اْلقِتَالَ قَاتَلَ الرَّجُلُ قِتَالاً
شَدِيْدًا فَاَصَابَتْهُ جِرَاحَةٌ. فَقِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ،
الرَّجُلُ الَّذِى قُلْتَ لَهُ آنِفًا: اِنَّهُ مِنْ اَهْلِ النَّارِ.
فَاِنَّهُ قَاتَلَ اْليَوْمَ قِتَالاً شَدِيْدًا وَ قَدْ مَاتَ. فَقَالَ
النَّبِيُّ ص: اِلَى النَّارِ. فَكَادَ بَعْضُ اْلمُسْلِمِيْنَ اَنْ
يَرْتَابَ. فَبَيْنَمَا هُمْ عَلَى ذلِكَ اِذْ قِيْلَ: اِنَّهُ لَمْ
يَمُتْ. وَلكِنَّ بِهِ جِرَاحًا شَدِيْدًا. فَلَمَّا كَانَ مِنَ اللَّيْلِ
لَمْ يَصْبِرْ عَلَى اْلجِرَاحِ فَقَتَلَ نَفْسَهُ. فَاُخْبِرَ النَّبِيُّ ص
بِذلِكَ، فَقَالَ: اللهُ اَكْبَرُ، اَشْهَدُ اَنِّى عَبْدُ اللهِ وَ
رَسُوْلُهُ. ثُمَّ اَمَرَ بِلاَلاً فَنَادَى فِى النَّاسِ، اِنَّهُ لاَ
يَدْخُلُ اْلجَنَّةَ اِلاَّ نَفْسٌ مُسْلِمَةٌ. وَ اِنَّ اللهَ يُؤَيِّدُ
هذَا الدِّيْنَ بِالرَّجُلِ اْلفَاجِرِ. مسلم
Dari
Abu Hurairah RA, dia berkata : Saya ikut bersama Rasulullah SAW dalam
perang Hunain. Beliau bersabda terhadap seseorang yang diketahui
keislamannya, “Orang ini termasuk ahli neraka”. Ketika kami telah
memasuki peperangan, orang itu berperang dengan garang, lalu dia
terluka. Ada yang melaporkan kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah,
orang yang engkau katakan sebagai ahli neraka tadi, ternyata pada hari
ini berperang dengan garang dan sekarang sudah meninggal”. Nabi SAW
bersabda, “Dia ke neraka !”. Sebagian kaum
muslimin hampir-hampir merasa ragu. Pada saat demikian itu, datang
seseorang melapor, “Ternyata dia belum mati, tetapi mengalami luka parah
!”. Pada malam harinya, orang itu tidak sabar dengan lukanya, lalu dia
bunuh diri. Ketika Nabi SAW diberitahu yang demikian itu, maka beliau
bersabda, "Allah Maha Besar. Aku bersaksi bahwa aku adalah hamba Allah
dan utusan-Nya”. Kemudian beliau memerintah Bilal supaya menyeru pada
orang banyak, lalu Bilal melaksanakannya, “Sesungguhnya tidak akan masuk
surga, kecuali jiwa (diri) yang muslim. Dan sesungguhnya Allah
menguatkan agama ini dengan orang yang jahat”. [HR. Muslim juz I, hal 105]
عَنْ
سَهْلِ بْنِ سَعْدِ السَّاعِدِيِّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اْلتَقَى هُوَ
وَ اْلمُشْرِكُوْنَ فَاقْتَتَلُوْا. فَلَمَّا مَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِلَى
عَسْكَرِهِ وَ مَالَ اْلآخَرُوْنَ اِلَى عَسْكَرِهِمْ وَ فِى اَصْحَابِ
رَسُوْلِ اللهِ ص رَجُلٌ لاَ يَدَعُ لَهُمْ شَاذَّةً اِلاَّ اتَّبَعَهَا
يَضْرِبُهَا بِسَيْفِهِ. فَقَالُوْا: مَا اَجْزَأَ مِنَّا اْليَوْمَ اَحَدٌ
كَمَا اَجْزَأَ فُلاَنٌ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَمَا اِنَّهُ مِنْ
اَهْلِ النَّارِ. فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلقَوْمِ: اَنَا صَاحِبُهُ اَبَدًا.
قَالَ فَخَرَجَ مَعَهُ كُلَمَا وَقَفَ وَقَفَ مَعَهُ وَ اِذَا اَسْرَعَ
اَسْرَعَ مَعَهُ. قَالَ فَجُرِحَ الرَّجُلُ جُرْحًا شَدِيْدًا.
فَاسْتَعْجَلَ اْلمَوْتَ فَوَضَعَ نَصْلَ سَيْفِهِ بِاْلاَرْضِ وَ
ذُبَابَهُ بَيْنَ ثَدْيَيْهِ. ثُمَّ تَحَامَلَ عَلَى سَيْفِهِ فَقَتَلَ
نَفْسَهُ، فَخَرَجَ الرَّجُلُ اِلىَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اَشْهَدُ
اَنَّكَ رَسُوْلُ اللهِ. قَالَ: وَ مَا ذَاكَ؟ قَالَ: الرَّجُلُ الَّذى
ذَكَرْتَ آنِفًا اَنَّهُ مِنْ اَهْلِ النَّارِ. فَاَعْظَمَ النَّاسُ ذلِكَ.
فَقُلْتُ: اَنَا لَكُمْ بِهِ فَخَرَجْتُ فِى طَلَبِهِ حَتَّى جُرِحَ
جُرْحًا شَدِيْدًا. فَاسْتَعْجَلَ اْلمَوْتَ فَوَضَعَ نَصْلَ سَيْفِهِ
بِاْلاَرْضِ وَ ذُبَابَهُ بَيْنَ ثَدْيَيْهِ. ثُمَّ تَحَامَلَ عَلَيْهِ
فَقَتَلَ نَفْسَهُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص عِنْدَ ذلِكَ: اِنَّ
الرَّجُلَ لَيَعْمَلُ عَمَلَ اَهْلِ اْلجَنَّةِ فِيْمَا يَبْدُو لِلنَّاسِ
وَ هُوَ مِنْ اَهْلِ النَّارِ. وَ اِنَّ الرَّجُلَ لَيَعْمَلُ عَمَلَ
اَهْلِ النَّارِ فِيْمَا يَبْدُو لِلنَّاسِ وَ هُوَ مِنْ اَهْلِ
اْلجَنَّةِ. مسلم
Dari
Sahl bin Sa’ad As-Sa’idiy, bahwa Rasulullah SAW bertemu dengan
orang-orang musyrik dan terjadilah peperangan. Setelah Rasulullah SAW
kembali kepada pasukannya dan yang lain pun kembali kepada pasukan
mereka, dan diantara pengikut Rasulullah SAW ada seorang yang tidak
membiarkan musuh yang lari menyendiri tanpa mengejarnya dan memukulnya
dengan pedang, orang-orang berkata, “Pada hari ini, tak seorang pun
diantara kita yang bertempur sehebat si Fulan”. Mendengar hal itu
Rasulullah SAW bersabda, “Ingat-ingatlah, dia termasuk ahli neraka”.
Seseorang diantara kaum muslimin berkata, “Aku akan selalu
menyertainya”. (Rawi berkata), “Lalu orang itupun keluar bersamanya
(orang yang disabdakan Rasulullah SAW sebagai ahli neraka). Kemanapun
dia pergi, orang itu selalu menyertainya, setiap kali orang itu berhenti
iapun ikut berhenti. Dan setiap kaliorang itu berlari diapun ikut
berlari bersamanya. Lalu dia terluka parah. Kemudian dia ingin
mempercepat kematian dengan meletakkan pedangnya di tanah, sedangkan
ujung pedangnya berada diantara dua susunya, lalu dia menekankan
badannya pada pedang, sehingga dia mati bunuh diri”. Orang yang selalu
menyertai itu datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, “Aku bersaksi
bahwa engkau memang utusan Allah”. Rasulullah SAW bertanya, “Ada apa ini
?”. Orang itu menjawab, “Orang yang engkau sabdakan sebagai ahli neraka
tadi dimana orang-orang menganggap hal itu penting, maka aku berkata,
“Aku menyediakan diri untuk menyertainya”. Lalu aku keluar mencarinya,
sehingga ketika dia terluka parah, dia berusaha mempercepat kematian
dengan meletakkan pedangnya di tanah, sedangkan ujung pedang berada
diantar dua susunya, kemudian dia menekankan badannya sehingga mati
bunuh diri". Pada saat itu Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya ada
orang yang orang banyak memandangnya beramal dengan amal ahli surga,
padahal sebenarnya dia termasuk ahli neraka. Dan ada orang yang orang
banyak memandangnya beramal dengan amal ahli neraka, padahal dia
termasuk ahli surga”. [HR. Muslim juz I, hal 106]
عَنْ
جَابِرٍ اَنَّ الطُّفَيْلَ بْنَ عَمْرٍو الدَّوْسِيَّ اَتَى النَّبِيَّ ص
فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هَلْ لَكَ فِى حِصْنٍ حَصِيْنٍ وَ مَنْعَةٍ؟
(قَالَ حِصْنٌ كَانَ لِدَوْسٍ فِى اْلجَاهِلِيَّةِ) فَاَبَى ذلِكَ
النَّبِيُّ ص لِلَّذِى ذَخَرَ اللهُ لِـْلاَنْصَارِ. فَلَمَّا هَاجَرَ
النَّبِيُّ ص اِلَى اْلمَدِيْنَةِ هَاجَرَ اِلَيْهِ الطُّفَيْلُ بْنُ
عَمْرٍو وَ هَاجَرَ مَعَهُ رَجُلٌ مِنْ قَوْمِهِ. فَاجْتَوَوُا
اْلمَدِيْنَةَ فَمَرِضَ فَجَزِعَ فَاَخَذَ مَشَاقِصَ لَهُ، فَقَطَعَ بِهَا
بَرَاجِمَهُ، فَشَخَبَتْ يَدَاهُ حَتَّى مَاتَ. فَرَآهُ الطُّفَيْلُ بْنُ
عَمْرٍو فِى مَنَامِهِ. فَرَآهُ وَ هَيْئَتُهُ حَسَنَةٌ. وَ رَآهُ
مُغَطِّيًا يَدَيْهِ فَقَالَ لَهُ: مَا صَنَعَ بِكَ رَبُّكَ؟ فَقَالَ
غَفَرَلِى بَهِجْرَتِى اِلَى نَبِيِّهِ ص. فَقَالَ: مَا لِى اَرَاكَ
مُغَطِّيًا يَدَيْكَ؟ قَالَ قِيْلَ لِى. لَنْ نُصْلِحَ مِنْكَ مَا
اَفْسَدْتَ. فَقَصَّهَا الطُّفَيْلُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ص. فَقَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص. اَللّهُمَّ وَ لِيَدَيْهِ فَاغْفِرْ. مسلم
Dari
Jabir, bahwa Ath-Thufail bin Amr Ad-Dausiy datang kepada Nabi SAW lalu
berkata, “Ya Rasulullah, apakah engkau mau berada dalam benteng yang
kokoh dan kuat ?”. (Benteng itu milik keluarga Daus di zaman Jahiliyah).
Rasulullah SAW menolak untuk itu, karena sudah ada yang disimpankan
Allah pada golongan Anshar. Ketika Nabi SAW hijrah ke Madinah,
Ath-Thufail bin Amr juga hijrah ke sana disertai seseorang dari kaumnya.
Ternyata mereka tidak kerasan tinggal di Madinah. Kemudian orang yang
menyertai Ath-Thufail bin Amr tersebut sakit. Dia tidak sabar dengan
sakitnya, maka diambilnya anak panah bermata lebar miliknya. Dengan itu
dia potong ruas-ruas jarinya, sehingga kedua tangannya mengalirkan darah
dengan deras, sehingga mati. Suatu hari Ath-Thufail bin Amr memimpikan
orang itu. Dalam mimpinya Ath-Thufail melihat orang tersebut dalam
keadaan baik, tetapi dia menutupi kedua tangannya. Lalu Ath-Thufail
bertanya, “Apa tindakan Tuhanmu terhadapmu ?”. Orang itu menjawab, “Dia
mengampuniku karena hijrahku kepada Nabi-Nya SAW”. Ath-Thufail bertanya
lagi, “Kenapa aku lihat engkau menutupi kedua tanganmu ?”. Orang itu
menjawab, “Dikatakan kepadaku : “Kami tidak akan memperbaiki dirimu apa
yang telah engkau rusak”. Kemudian Ath-Thufail menceritakan mimpinya
kepada Rasulullah SAW, lalu beliau berdoa, “Ya Allah, untuk kedua
tangannya, maka ampunilah dia”. [HR. Muslim juz I, hal 109]
Keterangan :
Dari ayat-ayat dan hadits-hadits diatas, jelaslah bahwa putus asa dan bunuh diri itu haram hukumnya.
Namun demikian, apabila ada orang Islam yang melakukan hal tersebut,
tidak otomatis dia menjadi kafir, dan ternyata Nabi juga memintakan
ampun untuk seorang shahabat setelah mendengar cerita mimpinya
ATh-Thufail Ad-Dausiy tersebut. Dengan demikian, apabila ada orang Islam
yang mati bunuh diri, maka kitapun tetap berkewajiban menshalatkannya.
Adapun urusan dia dengan Allah, kita serahkan pada Allah, wallaahu
a’lam.
~oO[ A ]Oo~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar