3. Minum khamr walaupun sedikit, hukumnya tetap haram
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. احمد و ابن ماجه و الدارقطنى و صححه
Dari Ibnu Umar, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Minuman yang dalam jumlah banyak memabukkan, maka sedikitpun juga haram". [HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Daruquthni, dan dia menshahihkannya]
وَ ِلاَبِى دَاوُدَ وَ ابْنِ مَاجَهْ وَ التِّرْمِذِيِّ مِثْلُهُ سَوَاءٌ مِنْ حَدِيْثِ جَابِرٍ.
Dan Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmidzi meriwayatkan seperti itu dari Jabir.
عَنْ سَعْدِ بْنِ اَبِى وَقَّاصٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص نَهَى عَنْ قَلِيْلِ مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ. النسائى و الدارقطنى
Dari Sa'ad bin Abu Waqqash, bahwa Nabi SAW melarang meminum meskipun sedikit dari minuman yang (dalam kadar) banyaknya memabukkan". [HR. Nasai dan Daruquthni]
عَنْ
عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ اَنَّ النَّبِيَّ ص
اَتَاهُ قَوْمٌ فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ اِنَّا نَنْبُذُ
النَّبِيْذَ فَنَشْرَبُهُ عَلَى غَدَائِنَا وَ عَشَائِنَا، فَقَالَ:
اِشْرَبُوْا فَكُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ
اِنَّا نَكْسِرُهُ بِاْلمَاءِ، فَقَالَ: حَرَامٌ قَلِيْلُ مَا اَسْكَرَ
كَثِيْرُهُ. الدارقطنى
Dari
'Amr bin Syu'aib, dari ayahnya, dari datuknya, bahwa Nabi SAW didatangi
suatu qaum, lalu mereka berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya kami
(biasa) membuat minuman keras, lalu kami meminumnya di pagi dan sore
hari. Lalu Nabi SAW bersabda, "Minumlah, tetapi setiap minuman yang
memabukkan itu haram". Kemudian mereka berkata, "Ya Rasulullah,
sesungguhnya kami mencampurnya dengan air". Nabi SAW menjawab, "Haram
(walaupun) sedikit dari minuman yang (dalam kadar) banyaknya memabukkan". [HR. Daruquthni]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ، وَ
مَا اَسْكَرَ اْلفَرَقُ مِنْهُ فَمِلْءُ اْلكَفِّ مِنْهُ حَرَامٌ. احمد و
ابو داود و الترمذى و قال حديث حسن
Dari
'Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Setiap minuman yang
memabukkan itu haram, dan minuman yang dalam jumlah banyaknya
memabukkan, maka segenggam darinya pun haram". [HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan Tirmidzi berkata, "Hadits ini hasan"]
4. Ada segolongan orang yang merubah nama khamr dengan nama yang lain sehingga mereka menganggap halal dan meminumnya.
عَنْ
عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص:
لَتَسْتَحِلَّنَّ طَائِفَةٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ بِاسْمٍ
يُسَمُّوْنَهَا اِيَّاهُ. احمد
Dari
'Ubadah bin Shamit, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh akan
ada segolongan dari ummatku yang menghalalkan khamr dengan menggunakan
nama lain". [HR. Ahmad]
عَنْ
عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَشْرَبُ نَاسٌ
مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ بِاسْمٍ يُسَمُّوْنَهَا اِيَّاهُ. ابن ماجه
Dari
'Ubadah bin Shamit, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh akan
ada segolongan dari ummatku yang meminum khamr dengan menamakannya
dengan nama lain". [HR. Ibnu Majah]
عَنْ
اَبِى اُمَامَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ تَذْهَبُ اللَّيَالِى
وَ اْلاَيَّامُ حَتَّى تَشْرَبَ طَائِفَةٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ وَ
يُسَمُّوْنَهَا بِغَيْرِ اسْمِهَا. ابن ماجه
Dari Abu Umamah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Tidak lewat beberapa malam dan hari (Tidak lama sepeninggalku) sehingga segolongan dari ummatku minum khamr dengan memberi nama yang bukan namanya". [HR. Ibnu Majah]
عَنِ
ابْنِ مُحَيْرِيْزٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِيِّ ص عَنِ
النَّبِيِّ ص قَالَ: يَشْرَبُ نَاسٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ وَ
يُسَمُّوْنَهَا بِغَيْرِ اسْمِهَا. النسائى
Dari Ibnu Muhairiz dari salah seorang shahabat Nabi SAW beliau bersabda, "(Akan) ada sekelompok manusia dari ummatku yang minum khamr, dan mereka menamakannya dengan nama lain". [HR. Nasai]
عَنْ
اَبِى مَالِكٍ اْلاَشْعَرِيِّ اَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ:
لَيَشْرَبَنَّ اُنَاسٌ مِنْ اُمَّتِى اْلخَمْرَ وَ يُسَمُّوْنَهَا بِغَيْرِ
اسْمِهَا. احمد و ابو داود
Dari
Abu Malik Al-Asy'ariy, bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda, "Sungguh
akan ada sekelompok manusia dari ummatku yang minum khamr, dan mereka
menamakannya dengan nama lain". [HR. Ahmad dan Abu Dawud]
5. Khamr yang telah diharamkan oleh Allah tidak boleh dijual ataupun dihadiahkan.
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ لِرَسُوْلِ اللهِ ص صَدِيْقٌ مِنْ ثَقِيْفٍ
وَ دَوْسٍ فَلَقِيَهُ يَوْمَ اْلفَتْحِ بِرَاحِلَةٍ اَوْ رَاوِيَةٍ مِنْ
خَمْرٍ يُهْدِيْهَا اِلَيْهِ فَقَالَ: يَا فُلاَنُ اَمَا عَلِمْتَ اَنَّ
اللهَ حَرَّمَهَا؟ فَاَقْبَلَ الرَّجُلُ عَلَى غُلاَمِهِ فَقَالَ: اِذْهَبْ
فَبِعْهَا. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِنَّ الَّذِيْ حَرَّمَ شُرْبَهَا
حَرَّمَ بَيْعَهَا، فَاَمَرَ بِهَا فَاُفْرِغَتْ فِى اْلبَطْحَاءِ. احمد و
مسلم و النسائى
Dari
Ibnu 'Abbas ia berkata : Rasulullah SAW pernah mempunyai seorang kawan
dari Tsaqif dan Daus, lalu ia menemui beliau pada hari penaklukan kota Makkah
dengan membawa satu angkatan atau seguci khamr untuk dihadiahkan kepada
beliau, lalu Nabi SAW bersabda, "Ya Fulan, apakah engkau tidak tahu
bahwa Allah telah mengharamkannya ?". Lalu orang tersebut memandang
pelayannya sambil berkata, "Pergi dan juallah khamr itu". Lalu
Rasulullah SAW pun bersabda, "Sesungguhnya minuman yang telah diharamkan
meminumnya, juga diharamkan menjualnya". Lalu Rasulullah SAW menyuruh (agar ia membuang)nya, lalu khamr itu pun dibuang dibathha'. [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai]
و فى رواية لاحمد اَنَّ رَجُلاً خَرَجَ وَ اْلخَمْرُ حَلاَلٌ فَاَهْدَى لِرَسُوْلِ اللهِ ص رَاوِيَةَ خَمْرٍ. وَ ذَكَرَ نَحْوَهُ.
Dan
dalam satu riwayat bagi Ahmad, dinyatakan bahwa ada seorang laki-laki
keluar, sedang khamr pada saat itu masih dihalalkan, lalu ia
menghadiahkan kepada Rasulullah SAW seguci khamr. (Selanjutnya ia menuturkan seperti hadits tersebut diatas).
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَجُلاً كَانَ يُهْدِى لِلنَّبِيِّ ص رَاوِيَةَ
خَمْرٍ، فَاَهْدَاهَا اِلَيْهِ عَامًا وَ قَدْ حُرِّمَتْ، فَقَالَ
النَّبِيُّ ص: اِنَّهَا قَدْ حُرِّمَتْ. فَقَالَ الرَّجُلُ: اَفَلاَ
اَبِيْعُهَا؟ فَقَالَ: اِنَّ الَّذِى حَرَّمَ شُرْبَهَا حَرَّمَ بَيْعَهَا.
قَالَ:اَفَلاَ اُكَارِمُ بِهَا اْليَهُوْدَ؟ قَالَ: اِنَّ الَّذِى
حَرَّمَهَا حَرَّمَ اَنْ يُكَارَمَ بِهَا اْليَهُوْدُ. قَالَ: فَكَيْفَ
اَصْنَعُ بِهَا؟ قَالَ: شِنَّهَا عَلَى اْلبَطْحَاءِ. الحميدى فى مسنده فى
نيل الاوطار 8:191
Dari
Abu Hurairah RA, bahwa pernah ada seorang laki-laki menghadiahkan kepada
Rasulullah SAW seguci khamr, ia menghadiahkannya kepada beliau pada
tahun diharamkannya khamr, lalu Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya khamr
telah diharamkan". Lalu orang itu bertanya, "Apa tidak boleh aku
menjualnya ?". Jawab Nabi SAW, "Sesungguhnya minuman yang diharamkan
meminumnya, juga diharamkan menjualnya". Orang itu bertanya (lagi),
"Apakah tidak boleh aku pergunakan untuk mengungguli kedermawanan orang
Yahudi ?". Nabi SAW menjawab, "Sesungguhnya sesuatu yang diharamkan,
maka haram (pula) untuk dipergunakan mengungguli kedermawanan orang
Yahudi". Orang itu bertanya (lagi), "Lalu harus aku gunakan untuk apa
?". Nabi SAW bersabda, "Tuangkan saja di Bathha' ". [HR. Al-Humaidi di dalam musnadnya - dalam Nailul Authar juz 8, hal 191]
عَنْ
اَنَسٍ قَالَ: لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى اْلخَمْرِ عَشْرَةً:
عَاصِرَهَا وَ مُعْتَصِرَهَا وَ شَارِبَهَا وَ حَامِلَهَا وَ
اْلمَحْمُوْلَةَ اِلَيْهِ وَ سَاقِيَهَا وَ بَائِعَهَا وَ آكِلَ ثَمَنِهَا
وَ اْلمُشْتَرِيَ لَهَا وَ اْلمُشْتَرَاةَ لَهُ. الترمذى و ابن ماجه فى نيل
الاوطار 5:174
Dari
Anas ia berkata, "Rasulullah SAW melaknat tentang khamr sepuluh golongan
: 1. yang memerasnya, 2. pemiliknya (produsennya), 3. yang meminumnya,
4. yang membawanya (pengedar), 5. yang minta diantarinya, 6. yang
menuangkannya, 7. yang menjualnya, 8. yang makan harganya, 9. yang
membelinya, 10. yang minta dibelikannya". [HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah - dalam Nailul Authar juz 5 hal. 174]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ: لُعِنَتِ اْلخَمْرَةُ عَلَى عَشْرَةِ وُجُوْهٍ:
لُعِنَتِ اْلخَمْرَةُ بِعَيْنِهَا وَ شَارِبِهَا وَ سَاقِيَهَا وَ
بَائِعِهَا وَ مُبْتَاعِهَا وَ عَاصِرِهَا وَ مُعْتَصِرِهَا وَ حَامِلِهَا
وَ اْلمَحْمُوْلَةِ اِلَيْهِ وَ آكِلِ ثَمَنِهَا. احمد و ابن ماجه فى نيل
الاوطار 5:174
Dari
Ibnu 'Umar ia berkata, "Telah dilaknat khamr atas sepuluh hal : 1. khamr
itu sendiri, 2. peminumnya, 3. yang menuangkannya, 4. penjualnya, 5.
pembelinya, 6. yang memerasnya, 7. pemilik (produsennya), 8. yang
membawanya, 9. yang minta diantarinya, 10. yang memakan harganya". [HR. Ahmad dan Ibnu Majah - dalam Nailul Authar juz 5 hal. 174]
6. Khamr tidak boleh dijadikan cuka.
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص سُئِلَ عَنِ اْلخَمْرِ يُتَّخَذُ خَلاًّ فَقَالَ: لاَ. احمد و مسلم و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari Anas, bahwa Nabi SAW ditanya tentang khamr yang dijadikan cuka, lalu beliau menjawab, "Tidak boleh". [HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan ia menshahihkannya]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ اَبَا طُلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ عَنْ اَيْتَامٍ وَرِثُوْا
خَمْرًا، قَالَ: اَهْرِقْهَا. قَالَ: اَفَلاَ نَجْعَلُهَا خَلاًّ؟ قَالَ:
لاَ. احمد و ابو داود
Dari
Anas, bahwa Abu Thalhah bertanya kepada Nabi SAW tentang beberapa anak
yatim yang mewarisi khamr, beliau SAW menjawab, "Tuangkanlah !". (Abu
Thalhah) bertanya, "Apakah tidak boleh kami jadikan cuka ?". Jawab
beliau, "Tidak". [HR. Ahmad dan Abu Dawud]
عَنْ
اَنَسٍ اَنَّ يَتِيْمًا كَانَ فِى حِجْرِ اَبِى طَلْحَةَ فَاشْتَرَى لَهُ
خَمْرًا. فَلَمَّا حُرِّمَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ ص: اَتُتَّخَذُ خَلاً؟
قَالَ: لاَ. احمد و الدارقطنى
Dari
Anas bahwa seorang anak yatim berada (dalam asuhan) Abu Thalhah, lalu ia
(Abu Thalhah) membelikan khamr untuknya. Ketika khamr telah diharamkan,
Nabi SAW ditanya, "Bolehkah khamr itu dijadikan cuka ?". Nabi SAW
menjawab, "Tidak". [HR. Ahmad, dan Daruquthni]
7. Boleh minum perasan kurma atau anggur selama tidak menjadi khamr (belum rusak).
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنَّا نَنْبُذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى سَقَاءٍ
فَنَأْخُذُ قَبْضَةً مِنْ تَمْرٍ وَ قَبْضَةً مِنْ زَبِيْبٍ
فَنَطْرَحُهُمَا، ثُمَّ نَصُبُّ عَلَيْهِ اْلمَاءَ فَنَنْبُذُهُ غُدْوَةَ
فَيَشْرَبُهُ عَشِيَّةً وَ نَنْبُذُهُ عَشِيَّةً فَيَشْرَبُهُ غُدْوَةً.
ابن ماجه
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Kami pernah membuatkan minuman Rasulullah SAW
dalam suatu wadah, kami mengambil segenggam kurma dan segenggam anggur
lalu kami tuangkan air. Kami membuatnya pada pagi hari kemudian diminum
pada sore hari dan (jika) kami membuatnya pada sore hari lalu diminum
pada pagi hari. [HR. Ibnu Majah]
عَنْ
عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنَّا نَنْبُذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص سَقَاءٍ
يُوْكَى اَعْلاَهُ وَ لَهُ عَزْلاَءُ نَنْبُذُهُ غُذْوَةً فَيَشْرَبُهُ
عَشِيًّا وَ نَنْبُذُهُ عَشِيًّا فَيَشْرَبُهُ غُذْوَةً. احمد و مسلم و ابو
داود و الترمذى
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Kami (biasa) membuat minuman untuk Rasulullah
SAW di wadah (minuman) yang tertutup (bagian) atasnya dan mempunyai
pelepas (untuk membuka). Kami membuatnya di pagi hari lalu beliau (Nabi
SAW) meminumnya di sore hari dan (jika) kami membuat di sore hari maka
(Nabi SAW) meminumnya di pagi hari". [HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْبَذُ لَهُ اَوَّلَ
اللَّيْلِ فَيَشْرَبُهُ اِذَا اَصْبَحَ يَوْمَهُ ذلِكَ وَ اللَّيْلَةَ
الَّتِى تَجِيْءُ وَ اْلغَدَ وَ اللَّيْلَةَ اْلاُخْرَى وَ اْلغَدَ اِلَى
اْلعَصْرِ، فَاِذَا بَقِيَ شَيْءٌ سَقَاهُ اْلخَدَّامَ اَوْ اَمَرَ بِهِ
فَصَبَّ. احمد و مسلم
Dari
Ibnu 'Abbas RA, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW dibuatkan minuman
pada malam (hari yang) pertama, lalu beliau meminumnya ketika pagi
harinya, dan malam berikutnya dan pagi harinya (hari kedua), dan malam
berikutnya lagi serta pagi harinya sampai waktu 'ashar (hari ketiga).
Lalu apabila masih ada sisanya diberikan kepada pelayan atau beliau
menyuruh (membuangnya), lalu dibuang". [HR. Ahmad dan Muslim]
و
فى رواية: كَانَ يُنْقَعُ لَهُ اْلزَبِيْبُ فَيَشْرَبُهُ اْليَوْمَ وَ
اْلغَدَ وَ بَعْدَ اْلغَدِ اِلَى مَسَاءِ الثَّالِثَةِ، ثُمَّ يَأْمُرُ
بِهِ فَيُسْقَى اْلخَادِمَ اَوْ يُهْرَاقُ. احمد و مسلم و ابو داود
Dan
dalam lafadh lain dikatakan, "Suatu ketika dipersiapkan untuk
(Rasulullah SAW minuman) anggur, lalu beliau meminumnya hari itu, esok
paginya dan lusa, sampai sore hari ketiga, kemudian beliau menyuruh
diberikan kepada pelayan atau dibuang". [HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud]
و
فى رواية: كَانَ يُنْبَذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ ذلِكَ
وَ اْلغَدَ وَ اْليَوْمَ الثَّالِثَ، فَاِنْ بَقِيَ شَيْءٌ مِنْهُ
اَهْرَاقَهُ، اَوْ اَمَرَ بِهِ فَاُهْرِيْقَ. النسائى و ابن ماجه
Dan
dalam riwayat lain dikatakan, "Adalah (biasa) Rasulullah SAW dibuatkan
minuman, lalu beliau meminumnya pada hari itu, pada esok paginya, dan
hari ketiganya. Kalau (masih) ada sisa, beliau membuangnya atau menyuruh
untuk membuangnya, lalu dibuang". [HR. Nasai dan Ibnu Majah]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar